Apa Itu Ausbildung? Ketahui Jurusan dan Syarat Daftarnya!

Apa Itu Ausbildung? Ketahui Jurusan dan Syarat Daftarnya!

Apa Itu Ausbildung? Ketahui Jurusan dan Syarat Daftarnya!

Memperoleh jaminan bekerja setelah lulus kuliah, apakah mungkin? Tentu saja bisa. Kemungkinan tersebut akan terwujud dengan mengikuti program ausbildung Jerman. Apa itu ausbildung? Pernahkah kamu mendengar tentang program ausbildung? Simak uraian di bawah ini untuk mengerti apa itu ausbildung.

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

 

 

Apa itu ausbildung di Jerman?

 

Ausbildung merupakan program yang dijalankan oleh pemerintah Jerman untuk mengentaskan tingginya angka pengangguran. Basis program ausbildung adalah kuliah sambil bekerja.

 

Siapa yang akan menolak jika diberi kesempatan untuk kuliah sambil kerja di Jerman? Belum lagi, akan mendapat gaji setiap bulannya dan rekomendasi dari perusahaan setelah lulus. Bukankah keuntungan yang besar?

 

Program ausbildung sangat cocok untuk kamu yang berorientasi pada pekerjaan karena kamu akan lebih banyak melakukan praktik kerja dibandingkan di kelas. Dalam satu minggu, kamu akan bekerja selama 3 hari dan mendapat teori selama 2 hari.

 

Jika berbicara mengenai perbandingan jam praktik yang lebih banyak dibandingkan kelas teori, di Indonesia kita sudah mengenalnya sejak bangku sekolah menengah karena kita pun memiliki program pendidikan semacam itu, yakni SMK.

 

Akan tetapi, ausbildung ini berbeda dengan SMK karena calon pendaftar sudah harus menyelesaikan pendidikan sekolah menengahnya. Jadi, ausbildung setara dengan pendidikan tinggi. Hampir sama dengan program vokasi, namun dengan keuntungan yang lebih besar.

 

Program vokasi memang menerapkan sistem yang sama dimana praktik kerja lebih diutamakan dibandingkan dengan kelas teori. Akan tetapi, program vokasi yang ada di Indonesia tidak dapat menjamin karir profesional setelah lulus.

 

Dengan mengikuti ausbildung, jenjang karirmu akan berjalan lebih mulus karena pihak perusahaan sudah mengenali kinerjamu. Jadi, besar kemungkinan kamu akan direkrut oleh perusahaan tempatmu bekerja selama program ausbildung atau mereka akan memberi rekomendasi untuk kamu bekerja di tempat lain.

 

Program ausbildung juga memiliki jurusan yang sangat luas, bahkan lebih detail dibandingkan jurusan yang ada di universitas. Ada ratusan program yang ditawarkan oleh pemerintah.

Baca Juga  Ausbildung Jerman: Pengertian, Keuntungan dan

 

 

Jurusan Ausbildung Jerman

 

Banyaknya jurusan yang ditawarkan dalam program ausbildung dipengaruhi oleh sistem kerja di Jerman yang harus dikerjakan oleh tenaga ahli profesional di bidangnya. Sehingga, lisensi adalah hal mutlak yang harus ditunjukkan saat melamar pekerjaan.

 

Mengikuti ausbildung, artinya kamu akan mendapatkan banyak pengalaman dalam bekerja di jurusan yang kamu ingin tekuni. Setelah lulus, kamu akan mendapat sertifikat dan tentunya lisensi yang bisa digunakan untuk melamar pekerjaan di Jerman.

 

Jurusan yang dibuka mencakup segala bidang kehidupan manusia, mulai dari kesehatan, produksi makanan, teknik, arsitektur, perhotelan, ekonomi, hingga seni.

 

Ausbildung juga menawarkan jurusan yang tidak termasuk studi yang diajarkan di sekolah formal di Indonesia, seperti pegawai supermarket, perawat panti jompo, pengasuh, dan lain sebagainya.

 

Dari banyaknya jurusan yang ditawarkan, terdapat beberapa jurusan yang populer dan paling banyak diminati, baik oleh mahasiswa lokal maupun asing. Jurusan-jurusan tersebut antara lain, sebagai berikut:

 

 

1. Perhotelan

Perhotelan

Jurusan perhotelan menjadi yang paling diminati oleh pelajar Indonesia, begitupun dengan warga lokal Jerman. Hal ini disebabkan oleh besarnya kuota atau daya tampung yang diberikan dibandingkan dengan jurusan lain.

 

Jurusan perhotelan akan memberikan pelajaran dan pengalaman pada setiap aspek yang ada di hotel. Hal pertama yang akan dipelajari adalah front office, yaitu bagian resepsionis yang akan berhadapan dan melayani tamu pertama kali setibanya di hotel.

 

Selanjutnya, bagi kamu yang mengambil jurusan perhotelan pasti akan berurusan dengan housekeeping demi kenyamanan para tamu. Tugas utama adalah menjamin kebersihan dan kerapian setiap kamar hotel.

 

Hotel umumnya juga menyediakan restoran. Maka, hal yang berhubungan dengan penyajian makanan dan kebersihan restoran juga menjadi fokus utama dari ausbildung jurusan perhotelan. 

Baca Juga  Inilah 5 Tugas dan Gaji Ausbildung Perhotelan

 

Selain mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan pelayanan tamu, azubi jurusan perhotelan juga akan diajarkan perihal keuangan, meliputi pengelolaan keuangan hotel yang nantinya akan dipegang oleh jajaran manajer dan direktur hotel.

 

Semua bidang tersebut akan kamu pelajari jika mengambil jurusan perhotelan, tanpa terkecuali. Pengalaman bekerja menjadi poin penting untuk nantinya kamu siap bekerja di divisi apapun. Gaji yang akan diterima oleh azubi perhotelan setiap bulannya sebesar 850 EUR hingga 900 EUR.

 

 

2. Perawat

Perawat

Ausbildung perawat berada dalam posisi kedua yang paling banyak dipilih setelah perhotelan. Ausbildung perawat menjadi alternatif bagi mereka yang gagal diterima di universitas.

 

Bisa dikatakan bahwa ausbildung perawat menghasilkan lulusan yang lebih baik dibandingkan universitas karena pengalaman yang mereka dapatkan lebih banyak dibandingkan mahasiswa universitas.

 

Faktor lain yang menyebabkan jurusan perawat memiliki peminat yang tinggi adalah gaji yang diberikan lebih besar dibandingkan jurusan lain, yaitu sebesar 1100 EUR hingga 1200 EUR.

 

Azubi jurusan perawat akan mempelajari penanganan untuk luka ringan hingga penyakit berat berdasarkan arahan dokter. Jadi, mengikuti perintah dokter merupakan salah satu tugas yang akan dipelajari selama program ausbildung.

 

Jurusan perawat juga akan memberikan teori dan praktik dalam hal administrasi karena nantinya saat bekerja para perawat tidak hanya berhubungan dengan pasien. Bisa saja ditempatkan di bagian administrasi klinik atau rumah sakit. 

 

 

3. Chef/Koki

Chef/Koki

Dalam bidang makanan, terdapat jurusan chef/koki dan restoran. Jika jurusan restoran mempelajari cara mengelola bisnis, jurusan chef/koki lebih fokus pada pengolahan bahan makanan hingga penyajian.

 

Ausbildung jurusan ini telah banyak melahirkan chef/koki profesional. Mereka akan disiapkan untuk bisa bekerja di restoran kelas atas, restoran hotel, atau membuka usaha miliknya sendiri. 

 

Hal mendasar yang akan dipelajari adalah mempersiapkan hidangan dan pengenalan mengenai prosedur yang harus dilakukan saat berada di dapur.

Baca Juga  Apa Itu Ausbildung Mechatroniker? Ketahui Syarat dan Gajinya

 

Tingkat kesulitan akan semakin tinggi ketika memasuki materi tentang memasak suatu hidangan lokal maupun internasional. Mengolah bahan makanan yang sesuai dengan citra restoran adalah salah satu hal yang akan dipelajari. Para azubi di jurusan ini akan mendapatkan gaji sebesar 800 EUR hingga 900 EUR setiap bulan.

 

Syarat Mendaftar Ausbildung

 

Untuk bisa mengikuti ausbildung Jerman, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, antara lain:

 

1. Telah menyelesaikan pendidikan SMA/sederajat.

 

Bagi lulusan diploma/sarjana tetap bisa mendaftar asalkan terdapat ijazah yang dapat dijadikan bukti kelulusan.

 

2. Berada dalam usia produktif, yakni antara usia 18 tahun hingga 35 tahun.

 

Syarat usia ini dibagi atas 2 kategori. Pertama, usia 18-25 tahun tanpa pengalaman bekerja. Hanya membutuhkan transkrip nilai dan ijazah untuk mendaftar. Kategori kedua untuk kandidat yang berusia 26-35 tahun. Mereka harus melampirkan bukti pengalaman telah bekerja.

 

3. Memiliki kemampuan bahasa Jerman minimal B1.

 

Program ausbildung akan sepenuhnya dilaksanakan menggunakan bahasa Jerman, baik saat di kelas teori atau ketika bekerja di lapangan. Oleh karena itu, kemampuan bahasa Jerman menjadi syarat wajib agar bisa mengikuti proses belajar dengan baik.

 

Itulah gambaran singkat mengenai ausbildung, jurusan yang ditawarkan, dan syarat utama untuk bisa mendaftar. Semoga kamu tidak bertanya-tanya lagi ya mengenai apa itu ausbildung.

 

Jika kamu masih ingin mengetahui lebih lanjut tentang apa itu ausbildung, apa saja keuntungan yang didapatkan dengan mengikuti ausbildung, atau jurusan lain yang ditawarkan, bergabunglah dengan AusbildungAupair. 

 

Daftarkan dirimu bersama kami di AusbildungAupair untuk mendapatkan informasi seputar pendidikan di Jerman dan apa itu ausbildung. Kunjungi website kami di www.ausbildungaupair.com atau dengan mengisi form di bawah ini untuk bergabung.

× How can I help you?