Ketahui Apa Itu Fakultas Bagi Calon Mahasiswa Baru

Ketahui Apa Itu Fakultas Bagi Calon Mahasiswa Baru

Ketahui Apa Itu Fakultas Bagi Calon Mahasiswa Baru

Mayoritas generasi milenial saat ini memiliki kesempatan yang tinggi untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi. Teruntuk kamu para calon mahasiswa, sudahkah kamu memahami apa itu fakultas, prodi, dan istilah lainnya yang ada di dunia perkuliahan?

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

 

Perlu kamu ketahui bahwa kuliah tidak sama dengan SMA. Banyak hal baru yang akan kamu temui ketika memasuki dunia perkuliahan. Hal-hal yang berbeda dengan saat kamu berada di bangku sekolah.

 

Pertama, menjadi mahasiswa artinya kamu akan dituntut untuk menjadi individu yang lebih mandiri. Jika di SMA kamu masih mendapat penjelasan materi panjang lebar dari guru. Nah, hal ini tidak akan lagi kamu dapatkan ketika sudah berkuliah. Dosen akan memintamu mencari bahan pembelajaran sendiri.

 

Selain itu, kamu akan menemukan banyak istilah asing yang sebelumnya belum pernah kamu dengar di SMA. Istilah-istilah tersebut antara lain, fakultas, prodi, dekan, rektor, dan lain sebagainya. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

 

 

Istilah dalam Perkuliahan yang Wajib Diketahui

 

Jika ingin dibedah satu persatu, banyak sekali istilah yang mungkin terdengar baru bagi kamu calon mahasiswa. Setiap kampus juga memiliki singkatan sendiri untuk beberapa istilah. Terkadang, makna dari istilah itu sama, tetapi sebutannya berbeda untuk kampus lain.

 

Nah, pada artikel ini akan kami bahas beberapa istilah yang umumnya ada dalam dunia perkuliahan dan penting untuk kamu ketahui sebelum terjun ke pendidikan tinggi.

 

 

1. Fakultas

 

Apa itu fakultas? Sebetulnya, kata fakultas ini berasal dari bahasa Belanda, yaitu faculteit, yang berarti bagian administratif dari universitas yang di dalamnya meliputi beberapa program studi. 

 

Dalam satu universitas terdapat beberapa fakultas, umumnya antara 5 hingga belasan. Jarang sekali suatu universitas memiliki puluhan fakultas di dalamnya. Contoh saja Universitas Gajah Mada (UGM) yang memiliki 18 fakultas, hampir menyentuh angka 20.

 

Bagi kamu yang berminat ke pendidikan tinggi tetapi bukan universitas, misal institut atau sekolah tinggi, terdapat perbedaan mengenai penerapan fakultas ini. Untuk institut tidak jauh berbeda dengan universitas karena memiliki beberapa fakultas. 

Baca Juga  5 Perbedaan GRE VS GMAT dan Tips Memilihnya

 

Hanya saja fokusnya lebih seirama. Sebagai contoh, Institut Teknologi Bandung (ITB) yang hanya fokus pada sains dan teknologi, sementara Institut Pertanian Bogor (IPB) lebih fokus pada ilmu alam seputar makhluk hidup, baik tumbuhan atau peternakan.

 

Di lain sisi, sekolah tinggi hanya memiliki satu fakultas. Namun, di dalam satu fakultas tersebut terdiri atas banyak program studi. 

 

 

2. Program Studi

 

Jika sebelumnya sudah dibahas mengenai fakultas yang menaungi berbagai program studi. Sekarang, kita akan membahas hal yang dari tadi sudah diungkit, yakni program studi. Kira-kira antara kata fakultas dan prodi, manakah yang paling sering kamu dengar? 

 

Kemungkinan terbesar adalah program studi, bukan? Karena umumnya masyarakat Indonesia khususnya pelajar akan lebih fokus dalam memilih program studi dibandingkan memilih fakultas.

 

Apa itu program studi? Di SMA mungkin kamu mengenal kata jurusan. Nah, kata program studi memiliki makna yang sama dengan jurusan. Beberapa mahasiswa juga masih menyebutnya dengan istilah jurusan karena menurutnya lebih familiar dibandingkan program studi.

 

Jadi, program studi atau yang lebih akrab disebut prodi merupakan bidang yang menjadi fokus mahasiswa dalam menuntut ilmu. Tidak masalah jika kamu ingin menyebutnya jurusan karena keduanya memiliki makna yang sama. 

 

 

3. Rektor, Dekan, dan Kaprodi

 

Dalam struktur organisasi tentunya terdapat pemimpin dalam suatu bagian, bukan? Sama halnya dalam perguruan tinggi dimana memiliki pemimpin dalam setiap bagian administratifnya.

 

Kata rektor, dekan, dan kaprodi akan sering muncul saat kamu berhasil menyandang jabatan sebagai mahasiswa. Tentu saja kamu harus mengenal mereka beserta fungsi dan perannya agar perkuliahan kamu lancar.

 

Pertama yang harus kamu kenali adalah kaprodi karena kamu akan terus mendengar namanya bahkan bertemu dan bertatap muka dengannya selama menempuh pendidikan di prodi yang kamu pilih. Kaprodi merupakan sebuah singkatan dari Ketua Program Studi.

 

Maka, jelas fungsi dan perannya bertanggung jawab atas suatu prodi. Kaprodi juga masih menjabat sebagai dosen, berarti tidak menutup kemungkinan kamu akan diajar olehnya dalam mata kuliah tertentu.

Baca Juga  7 Aplikasi Kamus Online Bahasa Inggris Terbaik

 

Selanjutnya terdapat dekan. Posisi Dekan berada di atas Kaprodi karena merupakan pemimpin dari suatu fakultas. Ruang lingkup Dekan lebih besar dibandingkan Kaprodi.

 

Terakhir, terdapat rektor. Kemungkinan kamu bisa bertemu dengan rektor sangat minim, kecuali pada saat kegiatan awal mahasiswa baru dan saat-saat terakhir kamu menjadi mahasiswa, yaitu ketika wisuda.

 

Rektor adalah sosok yang bertanggung jawab dan menjadi pemimpin dari sebuah universitas. Fungsi dan peran rektor adalah membuat kebijakan untuk seluruh pihak yang ada di universitas, mulai dari dosen hingga pegawai kantin dan security.

 

Itulah 3 istilah yang akan sering kamu dengar ketika masuk kuliah. Ada banyak istilah lain yang tidak kami jelaskan karena target artikel ini adalah membuat pembaca paham mengenai fakultas. Jadi, apakah kamu sudah mengerti apa itu fakultas?

 

Berikut ini akan kami berikan secara singkat contoh fakultas yang ada di beberapa universitas di Indonesia. 

 

 

5 Fakultas Terpopuler di Indonesia

 

Penting untuk diketahui bahwa jumlah fakultas yang dimiliki setiap universitas berbeda, begitu pun dengan nama fakultas dan jumlah prodi yang dinaungi. Satu fakultas umumnya memang terdiri atas beberapa prodi, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa satu fakultas hanya terdiri atas satu prodi saja.

 

5 fakultas yang disebutkan di bawah ini merupakan fakultas yang sudah umum diketahui oleh masyarakat Indonesia dan banyak dibuka oleh berbagai universitas.

 

 

1. Fakultas Kedokteran

Fakultas Kedokteran

Fakultas kedokteran merupakan salah satu fakultas yang selalu dibanjiri peminat. Di universitas negeri maupun swasta jumlah pendaftar setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan.

 

Prodi yang ada dalam fakultas kedokteran umumnya, antara lain ilmu kedokteran, ilmu keperawatan, kebidanan, dan bidang ilmu lain yang berhubungan dengan kesehatan.

 

 

2. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Fakultas ilmu sosial dan politik dimiliki oleh banyak universitas ternama di Indonesia. Prodi dalam fakultas ini lebih luas dan kompleks karena menyangkut kehidupan sosial masyarakat.

Baca Juga  Apa Itu IELTS TEST? Ketahui Perbedaan Dengan TOEFL

 

Beberapa prodi yang termasuk dalam fakultas ini, antara lain ilmu komunikasi, sosiologi, hubungan internasional, ilmu politik, kesejahteraan sosial, ilmu administrasi, dan lain-lain.

 

 

3. Fakultas Ilmu Budaya

Fakultas Ilmu Budaya

Fakultas ilmu budaya ini juga dikenal sebagai fakultas sastra karena berisi prodi-prodi yang berhubungan dengan sastra, baik sastra dalam negeri maupun luar negeri. Sebagai contoh sastra Indonesia, sastra Inggris, sastra Prancis, sastra Jerman, dll.

 

Tidak terbatas pada sastra saja, fakultas ini juga membuka prodi lain yang berhubungan dengan budaya, seperti ilmu sejarah, ilmu perpustakaan, dan arkeologi.

 

 

4. Fakultas Teknik

Fakultas Teknik

 

Fakultas teknik menaungi prodi-prodi yang ada hubungannya dengan sains dan teknologi, antara lain teknik mesin, teknik industri, teknik sipil, teknik elektro, teknik komputer, hingga arsitektur dan desain interior.

 

 

5. Fakultas Ekonomi

Fakultas Ekonomi

Fakultas ekonomi memiliki program studi yang tidak jauh dari hal-hal berbau keuangan dan pengelolaan. Prodi yang umumnya berada dalam fakultas ekonomi adalah manajemen, akuntansi, ilmu ekonomi, bisnis, dan lain sebagainya.

 

Demikian informasi seputar fakultas yang dapat kami bagikan. Semoga kamu tidak lagi bingung ya kalau ditanya apa itu fakultas.

 

Informasi seputar fakultas di atas merujuk pada sistem yang diterapkan di Indonesia.  Jika kamu bertanya-tanya apakah fakultas juga ada di universitas luar negeri? Apakah penerapannya juga sama?

 

Secara singkat, kurang lebih fungsi dan pengertiannya sama. Akan tetapi, tetap ada perbedaan karena menyesuaikan dengan sistem pendidikan yang diterapkan di negara tersebut.

 

Jika kamu tertarik dengan apa itu fakultas dalam ruang lingkup universitas luar negeri dan apa saja fakultas yang ada di sana, bergabunglah dengan Ausbildung Aupair. Kamu bisa mendapatkan informasi seputar perkuliahan di luar negeri dan sederet tips memperoleh beasiswa.

 

Kunjungi website kami di www.aucbildungaupair.com atau dengan mengisi form yang tersedia untuk mengetahui lebih lanjut seputar program kami.

× How can I help you?