Apa Itu Aupair? Aupair Adalah Program Pertukaran Budaya

Apa Itu Aupair? Aupair Adalah Program Pertukaran Budaya

Aupair adalah – Jika kamu ingin meningkatkan keterampilan bahasa Jerman dan belajar tentang Jerman, terlebih lagi kamu masih muda dan suka bermain dengan anak – anak, kamu bisa tinggal di Jerman sebagai aupair. Apa itu au pair, keuntungan mengikuti au pair, dan syarat au pair bisa kamu simak berikut ini.

Apa itu Aupair?

Apa itu ‘au pair’ sebenarnya berasal dari bahasa Perancis ‘on a pair’ yang berarti balas jasa. Konsep aupair ini muncul pada akhir abad ke-18. Aupair adalah program pertukaran budaya yang memberikan kesempatan seseorang untuk tinggal bersama keluarga angkat yang berbeda kewarganegaraan.
Pada dasarnya konsep aupair adalah tinggal bersama keluarga angkat di tempat keluarga angkat berada dan sebagai balas jasa seorang aupair memiliki tanggung jawab mengurus anak – anak keluarga angkat. Tanggung jawab lainnya bisa mencakup beberapa pekerjaan rumah tangga yang ringan.
Alasan utama untuk tinggal di Jerman sebagai aupair adalah untuk belajar bahasa negara tuan rumah dan mengenal orang-orangnya, gaya hidup dan budaya Jerman.

Durasi Program Aupair

Program Au pair di Jerman biasanya berlangsung selama10 – 12 bulan, meskipun beberapa program bisa lebih singkat yaitu 6 bulan. Durasi program Aupair satu tahun merupakan batas karena waktu tersebut adalah jangka waktu dimana visa untuk bekerja di Jerman diberikan.

Keuntungan Menjadi Seorang Aupair

Konsep Aupair ini dibangun atas dasar timbal balik. Sebagai seorang aupair, kamu harus membantu keluarga angkat dengan mengurus anak mereka dan sebagai imbalannya mereka akan memberikan kamu tempat tinggal gratis, sejumlah uang saku, dan kesempatan untuk belajar bahasa Jerman.

Keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menjadi seorang Aupair yaitu:

Baca Juga  Langkah-Langkah Mendaftar Aupair Secara Mandiri Maupun Melalui Agen

• Bisa belajar bahasa Jerman secara langsung di Jerman
• Bisa mengenal kebudayaan negara Jerman seperti mengetahui kebiasaan – kebiasaan orang Jerman.
• Bisa menjelajahi Jerman.
• Melatih mental serta kemandirian.
• Bisa ke Jerman tanpa uang jaminan
• Mendapatkan uang saku minimal 260 euro per bulan.
• Biaya asuransi kesehatan, kecelakaan dan pertanggungjawaban ditanggung oleh keluarga angkat.

Jika kamu mengikuti program Aupair sebagai batu loncatan sebelum kuliah di Jerman, dari program Aupair ini kamu bisa mendapatkan banyak kenalan untuk mencari referensi tempat tinggal yang murah.
Kamu juga bisa belajar cara berhemat seperti orang Jerman, serta bisa mengikuti dan mendatangi langsung seminar – seminar yang diadakan oleh universitas.

Tanggung Jawab Au pair

Walaupun tanggung jawab Aupair adalah mengurus anak dari keluarga angkat, Aupair bukanlah pembantu rumah tangga dan bukan pula Babysitter. Sebagai seorang Au pair, kamu dianggap seperti keluarga mereka.

Saat kamu menjadi Aupair, kamu berperan sebagai kakak angkat sehingga kamu memiliki posisi yang sejajar dengan mereka dan kamu juga memiliki kesempatan untuk mengenal budaya mereka, mengikuti kursus bahkan sekolah.
Tanggung jawab utama Aupair adalah tugas – tugas yang berkaitan dengan anak – anak seperti mengantarkan mereka sekolah, menjemput mereka dari sekolah, membantu mereka mengerjakan PR, dan menyiapkan makanan ringan sepulang sekolah.

Sementara pekerjaan tambahan Aupair biasanya membantu pekerjaan rumah tangga yang ringan seperti mencuci piring, berbelanja bahan makanan, membantu anak – anak menjaga kamar agar tetap rapi, dan lainnya sesuai dengan kontrak Aupair.

Uang saku

Program Au Pair resmi Jerman menetapkan 260 Euro sebagai uang saku Aupair. Keluarga tuan rumah juga harus membayar 50 Euro untuk kursus bahasa Au Pair. Dalam beberapa kasus, ini bisa mencakup biaya penuh tetapi dalam beberapa kasus lainnya Au Pair harus membayar sisanya.

Baca Juga  Langkah-Langkah Mendaftar Aupair Secara Mandiri Maupun Melalui Agen

Jam kerja Au Pair

Kamu dapat mengatur waktu kamu untuk melakukan pekerjaan rumah tangga sesuai dengan kebiasaan dan kebutuhan keluarga. Kamu tidak boleh bekerja lebih dari 6 jam sehari dan 30 jam seminggu, termasuk mengasuh anak.

Waktu Libur Au Pair

Kamu berhak mendapatkan libur satu hari per minggu. Keluarga angkat harus memastikan bahwa kamu mendapatkan setidaknya 4 malam atau satu hari penuh free time.

Menurut Badan Ketenagakerjaan Federal Jerman (Bundesagentur für Arbeit), Au pair berhak atas liburan berbayar selama 4 minggu, asalkan au pair tetap bersama keluarga angkat mereka selama satu tahun penuh.

Di Jerman, diatur bahwa Au pair tidak perlu bekerja pada hari libur nasional. Hanya dalam kasus tertentu saja, seorang Au pair harus bekerja pada hari libur umum. Namun, keluarga tuan rumah harus mendiskusikan hal ini dengan au pair mereka sebelumnya.

Syarat Au Pair

Persyaratan umum untuk Aupair di Jerman yaitu:

• Berusia 18 – 26 tahun pada saat melamar untuk warga negara Non UE, 18 – 30 tahun untuk warga negara UE dan EFTA.
• Sehat jasmani dan rohani.
• Single atau belum menikah.
• Memiliki kemampuan bahasa Jerman minimal tingkat A1.
• Menyukai anak – anak
• Mau beradaptasi dengan dunia luar

No Comments

Post A Comment