Langkah-Langkah Mendaftar Aupair Secara Mandiri Maupun Melalui Agen

Langkah-Langkah Mendaftar Aupair Secara Mandiri Maupun Melalui Agen

Aupair – Program Aupair Jerman tidak hanya akan meningkatkan kemampuan bahasa Jerman seseorang tetapi juga mengenalkan gaya hidup, budaya dan tradisi Jerman. Mengikuti program Au Pair merupakan salah satu pengalaman yang menyenangkan bagi para peserta Aupair.

Au pair adalah pemuda atau pemudi berusia antara 18 dan 26 tahun, yang bepergian ke negara asing untuk jangka waktu tertentu untuk tinggal bersama keluarga angkat (Host Family).

Saat mengikuti program Aupair, kamu akan menjadi anggota sementara keluarga angkat yang memiliki tanggung jawab untuk mengurus anak – anak keluarga angkat. Sebagai Au Pair, kamu akan berperan menjadi kakak angkat dari keluarga angkat dan kamu akan tinggal bersama keluarga angkat yang berbeda kewarganegaraan.

Tugas – tugas Aupair diantaranya menemani anak – anak belajar dan mengerjakan PR, mengantar mereka ke sekolah, menjemput pulang sekolah, menemani anak – anak bermain, dan membantu pekerjaan rumah tangga yang ringan.

Mengenai detail tugas – tugas Aupair biasanya tergantung dari kontrak kerja kamu dengan keluarga angkat Aupair. Karena konsep dasar Aupair adalah timbal balik, maka keluarga angkat akan memberikan kamu tempat tinggal gratis, sejumlah uang saku, dan kursus bahasa Jerman.

Aupair Jerman biasanya berlangsung selama 10 – 12 bulan. Selama mengikuti Aupair Jerman, kamu akan bekerja 6 jam sehari dan maksimal 30 jam dalam seminggu. Uang saku program Aupair Jerman bisa bervariasi, biasanya sekitar 260 atau 320 Euro per bulan. Umumnya kamu akan mendapatkan satu hari libur per minggu.

Saat mengikuti Au Pair, kamu akan diberikan kesempatan untuk mengikuti kursus bahasa Jerman secara langsung di Jerman. Namun, untuk dapat mengikuti Aupair Jerman, setidaknya kamu harus memiliki kemampuan bahasa Jerman level A1.

Baca Juga  Apa Itu Aupair? Aupair Adalah Program Pertukaran Budaya

Persyaratan Mengikuti Au Pair

• Berusia 18 – 26 tahun pada saat mendaftar untuk warga negara Non UE, 18 – 30 tahun untuk warga negara UE dan EFTA.
• Memiliki kemampuan bahasa Jerman minimal tingkat A1.
• Sehat jasmani dan rohani.
• Single atau belum menikah.
• Menyukai anak – anak
• Mau beradaptasi dengan dunia luar

Prosedur Mendaftar Aupair Secara Mandiri

1. Mendaftar di situs penyalur Aupair
2. Melakukan interview
3. Mengurus kontrak, asuransi, dan kursus bahasa
4. Kursus bahasa
5. Membuat paspor
6. Mengikuti ujian bahasa Jerman level A1 (jika kamu telah memiliki sertifikat bahasa Jerman A1, kamu tidak perlu melewati langkah ini.)
7. Membuat janji untuk apply visa
8. Mempersiapkan persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan untuk apply visa
9. Jika visa telah disetujui maka kamu bisa berangkat ke Jerman

Apa Itu Aupairword?

Aupairworld merupakan situs penyalur Aupair yang memfasilitasi calon Aupair untuk mencari keluarga angkat (host family). Sejak didirikan pada tahun 1999, sudah lebih dari 3 juta Aupair dan keluarga angkat telah terdaftar di Aupairworld.

Walaupun situs Aupairworld ini menyediakan beberapa pilihan negara untuk program Au Pair, tetapi kebanyakan calon Au Pair menggunakan situs ini untuk mencari keluarga angkat di Jerman. Calon Au Pair atau host family dapat saling menemukan dengan inisiatif mereka sendiri melalui situs Aupairworld.

Kamu bisa menggunakan fitur filter untuk mencocokkan profil kamu dengan keluarga angkat. Kamu bisa menggunakan sistem pesan untuk saling menghubungi secara langsung dengan keluarga angkat dan bertukar semua informasi yang diperlukan.

Kamu juga bisa mengirimkan aplikasi Au Pair melalui situs ini. Setelah au pair dan keluarga angkat memilih satu sama lain, mereka dapat mulai mengatur au pair stay (kontrak au pair, visa, dan lain-lain). Jika kamu ingin menggunakan situs Aupairworld untuk dan mendaftar Aupair secara mandiri.

Baca Juga  Apa Itu Aupair? Aupair Adalah Program Pertukaran Budaya

Cara mendaftar Aupair dengan situs ini cukup mudah, kamu hanya perlu membuat profil, mencari keluarga angkat, melakukan komunikasi dengan calon keluarga angkat, menyetujui kontrak, dan kamu tinggal bersiap untuk pergi ke negara tujuan. Nah, kamu bisa mengikuti langkah – langkah berikut ini.

Langkah – langkah mendaftar Aupair melalui situs Aupairworld yaitu:

1. Buka situs https://www.aupairworld.com.
2. Untuk mendaftar Aupair, pilih menu register an Aupair.
3. Lengkapi identitas kamu dan kemampuan bahasa yang kamu miliki.
4. Ketika Memilih keluarga, kamu bisa memilih keluarga dengan mencocokkan kriteria sesuai yang kamu inginkan.
5. Membuat dear family, yang berisi tentang siapa dirimu dan motivasi kalian mengikuti program Au Pair.

Kamu bisa menggunakan situs Aupairworld secara gratis, walaupun situs ini juga menyediakan keanggotaan premium yang berbayar. Meskipun Aupairworld menjadi situs populer untuk para Au Pair, namun situs ini tidak memberikan jaminan kamu selama di Jerman.

Jika kamu memiliki masalah di Jerman, mungkin kamu akan kebingungan untuk mengadukan masalah yang kamu temui karena tidak ada yang menjamin kontrak kerja terpenuhi saat kamu sampai di Jerman.

Di mana Agen Aupair Indonesia?

Jika kamu tertarik untuk mengikuti program Aupair, kamu bisa mendatangi seminar Au Pair Indonesia. Selain mendatangi seminar Au Pair Indonesia, cara lain untuk mengikuti Aupair Jerman bisa kamu lakukan dengan mendaftar di Agen Aupair Indonesia.

Salah satu agen Aupair Indonesia adalah Virtu Education. Virtu Education merupakan agen Au Pair Jakarta yang memberikan berbagai informasi mengenai Au Pair Jerman dan persiapan Aupair yang kamu butuhkan.

Virtu Education juga menawarkan kursus bahasa Jerman bagi kalian yang belum memiliki kemampuan bahasa Jerman. Bagi kamu yang tertarik mengikuti Au Pair, kamu bisa mendaftar program khusus Aupair di Virtu Education.

Baca Juga  Apa Itu Aupair? Aupair Adalah Program Pertukaran Budaya

Tim Aupair Virtu Education yang sudah berpengalaman akan membantu kamu mengurus berbagai persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan untuk mengikuti program Aupair.

No Comments

Post A Comment