Ausbildung Koch: Berapa Gaji dan Apa Saja Syarat Daftarnya?

Ausbildung Koch: Berapa Gaji dan Apa Saja Syarat Daftarnya?

Ausbildung Koch: Berapa Gaji dan Apa Saja Syarat Daftarnya?

Program ausbildung Jerman merupakan pilihan yang tepat bagi generasi muda yang ingin kuliah sambil kerja. Dengan berbagai jurusan yang ditawarkan, kamu dapat memilih jurusan yang paling sesuai dengan minat dan bakat kamu. Salah satu jurusan yang tidak pernah sepi peminat adalah ausbildung koch. Tahukah kamu apa itu ausbildung koch?

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

 

Tugas dan Pelajaran dalam Ausbildung Koch

Tugas dan Pelajaran dalam Ausbildung Koch

Ausbildung koch diperuntukkan bagi kamu yang ingin menggeluti bidang memasak dengan tujuan ingin menjadi chef. Selama mengikuti program ini, kamu akan mendapat banyak ilmu secara teori maupun praktik dari tenaga ahli yang sudah profesional dalam dunia memasak.

 

Tugas utama seorang chef adalah memasak di dapur. Akan tetapi, terdapat tugas lain yang akan kamu hadapi ketika bekerja profesional sebagai chef. Tugas-tugas yang akan kamu dapatkan, antara lain:

 

 

1. Speisepläne erstellen

 

Seorang chef bertugas menyiapkan variasi menu untuk pelanggannya. Setiap restoran umumnya memiliki ciri khas tertentu, misal makanan vegetarian atau konsep makanan lainnya. Jadi, chef juga harus menyusun menu sesuai dengan tema dan konsep yang diangkat oleh suatu restoran.

 

Mengingat ausbildung diselenggarakan di Jerman yang memiliki 4 musim, maka menu yang akan disajikan juga disesuaikan dengan musim. Kreatif dan inovatif merupakan kunci bagi seorang chef untuk bisa mengembangkan menu di restoran.

 

Belum lagi, menjadi chef juga harus peka terhadap permintaan pelanggan seperti pelanggan yang memiliki alergi atau tidak mengonsumsi bahan makanan tertentu. Chef harus menyiapkan menu khusus sesuai dengan keinginan pelanggan. 

 

 

2. Zutaten einkaufen und lagern

 

Tidak hanya merancang dan menyiapkan menu, seorang chef juga bertugas untuk mempersiapkan bahan makanan yang akan dimasaknya. Untuk bisa mengolah menu dengan baik, chef harus mengerti bahan apa yang harus mereka gunakan.

 

Baca Juga  Ausbildung Jerman: Pengertian, Keuntungan dan

Bahkan di beberapa restoran kecil, seorang chef juga bertanggung jawab untuk membeli bahan-bahan tersebut. Demi mempertahankan kualitas dan kepercayaan pelanggan, chef harus mampu memilih bahan-bahan terbaik untuk kemudian diolah dan disajikan kepada para pelanggan.

 

Tugas ini tidak berlaku jika nantinya kamu bekerja di restoran berbintang atau resto hotel karena sudah ada pihak lain yang ditugaskan untuk membeli dan menyiapkan bahan makanan.

 

Tugas-tugas semacam ini hanya berlaku untuk kamu yang bekerja sebagai juru masak atau chef di restoran milik pribadi atau jika kamu bekerja di restoran kecil yang masih dalam masa rintisan.

 

 

3. Zutaten lagern

 

Demi menyajikan makanan yang higienis, seorang chef juga harus memperhatikan kebersihan dapur, peralatan masak, dan bahan yang akan digunakan. Selain itu, chef juga bertugas untuk menempatkan bahan makanan.

 

Suatu bahan tidak bisa disimpan di sembarang tempat. Oleh sebab itu, diperlukan ilmu khusus untuk mempelajari penempatan bahan agar kualitasnya dapat tetap terjaga.

 

Sebagai contoh, pada suhu berapa ikan seharusnya disimpan atau apakah sayuran hijau dan produk susu bisa bertahan di suhu ruang. Bahan sensitif seperti ini harus diperhatikan penempatannya.

 

Tempat dan cara meletakkan bahan merupakan ilmu yang diajarkan di ausbildung koch. Jadi, lulusan ausbildung koch sudah semestinya tahu dimana dan bagaimana menempatkan bahan-bahan.

 

 

4. Gerichte zubereiten

 

Inilah tugas utama dari seorang chef, yakni memasak. Menyiapkan hidangan sesuai dengan menu yang dipesan oleh pelanggan merupakan tugas inti dari menjadi chef. 

 

Untuk dapat mempermudah pekerjaannya, chef dapat menyiapkan peralatan masaknya sendiri. Jika chef tidak tahu dimana letak spatula atau pisau, maka proses kerjanya akan semakin lama.

 

Namun, tugas menyiapkan alat masak dapat digantikan oleh karyawan lain jika kamu bekerja di restoran kelas atas dimana chef hanya bertugas untuk menyiapkan hidangan terbaiknya.

Baca Juga  Apa Itu Ausbildung Mechatroniker? Ketahui Syarat dan Gajinya

 

 

5. Speisen Anrichten

 

Suatu menu akan lebih menarik jika disajikan dengan indah, bukan? Sebagai pelanggan kamu pasti akan terpuaskan jika piring yang dihidangkan dihias dengan apik. Kepuasan pelanggan menunjukkan keberhasilan chef, bukankah demikian?

 

Oleh sebab itu, ilmu terkait plating dan garnish atau menata dan menghias makanan di piring juga diajarkan di ausbildung koch. Ilmu ini akan sangat bermanfaat saat kamu sudah terjun ke dunia memasak profesional.

 

Itulah 5 tugas yang umumnya diemban oleh seorang chef. Untuk bisa mahir menjalankan tugas tersebut, ausbildung koch memberikan materi dan pelatihan secara bertahap selama 3 tahun masa pendidikan.

 

Tahap awal, di tahun pertama menjadi azubi koch (mahasiswa ausbildung koch), ilmu yang akan kamu dapatkan masih dalam tingkat yang mudah dan sederhana, yaitu pengenalan. Kamu akan diperkenalkan dengan jenis-jenis dapur, pekerjaan yang dilakukan di dapur, dan penyimpanan bahan makanan. 

 

Memasuki tahun kedua, kamu akan menyentuh peralatan masak karena kamu akan mulai menyiapkan hidangan dengan teknik pengolahan dan bahan yang cukup sederhana. Kemudian, kamu akan belajar melayani pelanggan dan menjaga kehigienisan suatu hidangan.

 

Di tahun terakhir, kamu akan belajar mengolah berbagai bahan makanan, baik nabati (sayur-sayuran) maupun hewani (berbagai macam daging). Kamu juga akan belajar membuat hidangan lokal dan internasional.

 

 

Gaji Azubi Ausbildung Koch

Gaji Azubi Ausbildung Koch

Gaji yang diterima oleh azubi koch akan meningkat setiap tahunnya sesuai dengan lama studi yang ditempuh. Besaran gaji yang diberikan umumnya sama dengan azubi jurusan lain, seperti ausbildung perhotelan dan ausbildung mechatroniker

 

1. Tahun Pertama

 

Tahun pertama terbilang masih mudah untuk dilewati dengan pelajaran yang masih sederhana. Gaji yang akan diperoleh di tahun pertama menjadi azubi koch adalah sebesar €800 hingga €850 atau setara dengan 14 hingga 15 juta rupiah setiap bulan.

Baca Juga  Inilah 5 Tugas dan Gaji Ausbildung Perhotelan

 

2. Tahun Kedua

 

Kenaikan sebesar €50 akan didapatkan di tahun kedua menempuh ausbildung koch. Setiap bulannya azubi akan menerima gaji senilai €850 hingga €900 atau 15 hingga 16 juta rupiah.

 

3. Tahun Terakhir

 

Seiring dengan masa pelatihan yang semakin sulit, gaji yang didapatkan juga akan semakin besar. Jumlah gaji yang diterima setiap bulannya mencapai €900 – €950 atau setara dengan 16 hingga 17 juta rupiah.

 

 

Syarat Daftar Ausbildung Koch

 

Syarat yang diminta oleh pemerintah Jerman untuk seluruh calon pendaftar ausbildung di program apapun adalah sama. Tidak ada syarat khusus untuk jurusan tertentu. Syarat yang harus kamu penuhi apabila tertarik untuk mendaftar ausbildung koch, antara lain:

 

  1. Pendidikan terakhir minimal SMA/sederajat. 
  2. Syarat usia 18 tahun hingga 35 tahun..
  3. Menguasai bahasa Jerman minimal pada level B1.
  4. Memiliki paspor dan visa untuk melakukan studi di Jerman.
  5. Berkas administrasi (ijazah & transkrip nilai) sudah diterjemahkan dalam bahasa Jerman.

 

Dari kelima persyaratan tersebut, manakah yang menurutmu sulit untuk dipenuhi? Kemampuan berbahasa Jerman, bukan? Level B1 bukanlah tingkatan yang mudah karena artinya kamu harus sudah menguasai level A1 dan A2 untuk bisa sampai ke level B1.

 

Solusi untuk permasalahan tersebut adalah dengan bergabung bersama AusbildungAupair. Kamu akan belajar bahasa Jerman dengan cara yang menyenangkan sehingga bahasa Jerman bukan lagi menjadi penghalang untukmu mendaftar ausbildung koch.

 

Informasi seputar ausbildung koch dan jurusan lainnya bisa kamu dapatkan dengan mendaftarkan diri ke AusbildungAupair. Kunjungi website kami di www.ausbildungaupair atau dengan mengisi form di bawah ini untuk bergabung dengan kami.

× How can I help you?