Inilah 5 Tugas dan Gaji Ausbildung Perhotelan

Inilah 5 Tugas dan Gaji Ausbildung Perhotelan

Inilah 5 Tugas dan Gaji Ausbildung Perhotelan

Ausbildung saat ini menjadi program pendidikan yang banyak diincar oleh generasi muda Jerman maupun mancanegara. Banyaknya jurusan yang ditawarkan semakin meningkatkan animo masyarakat, antara lain ausbildung perhotelan, restoran, perawat, mechatroniker, dan lain sebagainya.

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

 

Tugas Azubi Ausbildung Perhotelan

Tugas Azubi Ausbildung Perhotelan

Ausbildung merupakan program pendidikan kejuruan yang memfokuskan mahasiswanya, atau yang lebih dikenal dengan sebutan azubi, pada bidang profesi yang ingin mereka geluti. Ausbildung menerapkan sistem kuliah sambil kerja dimana praktik kerja memiliki jam lebih banyak dibandingkan kelas teori.

 

Dengan adanya praktik kerja secara langsung di lapangan, maka skill yang diperoleh akan bermanfaat saat memasuki dunia kerja nantinya. Menciptakan lulusan yang siap kerja merupakan salah satu tujuan pemerintah Jerman membuka program ausbildung.

 

Dari sekian banyak jurusan yang dibuka, ausbildung perhotelan merupakan salah satu jurusan dengan peminat tinggi setiap tahunnya, diikuti dengan ausbildung perawat, restoran, dan chef/koki.

 

Ausbildung perhotelan bertujuan menciptakan lulusan yang siap bekerja sebagai tenaga ahli dalam bidang perhotelan. Artinya, para azubi perhotelan harus mengerti dan mampu melaksanakan semua pekerjaan yang ada di hotel, antara lain:

 

 

1. Küchenarbeiten

 

Tugas pertama berhubungan dengan kuchen atau dapur. Hotel tidak hanya menyediakan kamar saja, melainkan juga memiliki restoran yang menyajikan makanan untuk para tamu.

 

Oleh sebab itu, azubi perhotelan diberikan materi dan pelatihan yang berhubungan dengan restoran, termasuk dapur. Tugas azubi perhotelan bukanlah memasak karena hotel sudah pasti memiliki chef yang lebih profesional.

 

Jadi, yang dimaksud dengan küchenarbeiten adalah menyiapkan bahan makanan yang akan diolah oleh para chef di dapur. Para azubi bertugas menata dapur dan bahan-bahan makanan sesuai dengan menu yang akan disajikan pada hari itu.

 

 

2. Restaurantarbeiten

 

Baca Juga  Apa Itu Ausbildung? Ketahui Jurusan dan Syarat Daftarnya!

Jika tugas sebelumnya berada di dapur dan membantu para chef menyiapkan bahan makanan. Tugas lain dari azubi perhotelan yang masih berhubungan dengan bagian restoran adalah restaurantarbeiten.

 

Dalam hal ini, para azubi akan berhubungan dengan tamu. Azubi perhotelan bertugas membantu para tamu dalam memilih dan memesan menu, menyajikan makanan, hingga membayar makanan yang telah dipesan.

 

Ilmu yang harus diperhatikan selama menjalankan tugas restaurantarbeiten adalah sikap atau attitude. Sebagai pihak yang berhadapan dan melayani para tamu secara langsung, maka sikap menjadi perhatian khusus serta poin utama dalam penilaian.

 

 

3. Housekeeping

 

Tugas berikutnya tidak lagi berkaitan dengan restoran, melainkan kamar dan fasilitas hotel lainnya. Housekeeping merupakan salah satu tugas yang wajib diketahui dan dapat dilakukan oleh setiap azubi perhotelan.

 

Tugas housekeeping meliputi membersihkan area kamar, mulai dari tempat tidur, meja dan kursi, hingga kamar mandi. Semua barang yang ada harus ditata dengan rapi. Fasilitas yang disediakan juga harus dipastikan lengkap, seperti peralatan mandi dan minum yang biasanya tersedia di meja.

 

Kebersihan dan kenyamanan menjadi kunci utama dalam melaksanakan tugas ini. Jadi, pastikan jangan sampai ada celah kotor sedikitpun yang dapat mengganggu kenyamanan para tamu.

 

 

4. Rezeption

 

Azubi perhotelan juga akan mendapatkan materi dan pelatihan mengenai rezeption atau resepsionis. Seperti yang kita ketahui bahwa layanan resepsionis merupakan garda terdepan yang akan ditemui para tamu saat pertama kali memasuki hotel.

 

Umumnya, para tamu akan melakukan check-in/check-out saat berada di resepsionis. Jadi, pemahaman mengenai check-in/check-out menjadi hal utama yang akan diajarkan.

 

Tidak hanya itu, saat menempati posisi sebagai resepsionis hotel, azubi juga wajib menginformasikan perihal waktu sarapan, nomor kamar hotel, dan jalan menuju kamar.

Baca Juga  Apa Itu Ausbildung Mechatroniker? Ketahui Syarat dan Gajinya

 

Pada intinya, azubi harus memahami hotel secara keseluruhan karena resepsionis menjadi rujukan pertama bagi para tamu untuk menanyakan hal-hal terkait dengan hotel serta mengajukan keluhan. 

 

 

5. Im Büro

 

Selain bertugas melayani tamu, ausbildung perhotelan memberikan tugas kepada para azubinya dalam hal administrasi dan akuntansi hotel. Jika nantinya menempati posisi sebagai manajer hotel, hal tersebut akan menjadi tugas utamanya.

 

Pengelolaan dana atau keuangan hotel akan menjadi tanggung jawab manajer. Oleh sebab itu, materi dan pelatihan mengenai akuntansi dan administrasi hotel akan diberikan selama masa ausbildung. Tugas ini akan diberikan menjelang tahun terakhir para azubi.

 

 

Gaji Ausbildung Perhotelan

Gaji Ausbildung Perhotelan

Ausbildung merupakan salah satu program pendidikan pemerintah Jerman yang memberikan gaji kepada mahasiswa/azubi setiap bulannya. Oleh sebab itu, gaji menjadi daya pikat sekaligus hal yang amat dinantikan oleh para azubi.

 

Memangnya, berapa gaji yang diterima oleh azubi perhotelan? Dan apakah menjadi lulusan ausbildung perhotelan menjanjikan perolehan gaji yang tinggi? Simak uraian di bawah ini untuk mengetahui informasi seputar gaji ausbildung perhotelan.

 

 

A. Gaji Azubi Ausbildung Perhotelan

 

Ausbildung perhotelan akan ditempuh selama 3 tahun. Gaji yang didapatkan setiap bulannya akan berbeda tergantung lamanya mereka menempuh masa pendidikan. Di tahun pertama, gaji yang diberikan sebesar €800-€850 atau 14-15 juta rupiah setiap bulan.

 

Memasuki tahun kedua, gaji yang diterima setiap bulannya sebesar €850-€900 atau setara dengan 15-16 juta rupiah. Untuk azubi yang berada di tahun ketiga akan mendapatkan gaji sebesar €900-€950 atau 16-17 juta rupiah setiap bulannya.

 

 

B. Gaji Lulusan Ausbildung Perhotelan

 

Para lulusan ausbildung perhotelan yang telah bekerja secara profesional di hotel-hotel yang tersebar di wilayah Jerman, akan mendapatkan gaji yang tentunya lebih tinggi dibandingkan saat masih menempuh pendidikan.

Baca Juga  Ausbildung Jerman: Pengertian, Keuntungan dan

 

Pada tahun-tahun awal bekerja, gaji yang diperoleh setiap bulannya sebesar €1900 atau 32 juta rupiah hingga €2100 atau setara dengan 35 juta rupiah. Gaji tersebut akan mengalami kenaikan seiring dengan semakin lama kamu bekerja di hotel tersebut.

 

Gaji yang kamu terima dapat mencapai €2500 hingga €2900 atau jika dirupiahkan setara dengan 42 hingga 49 juta rupiah. Gaji tersebut akan diberikan setiap bulan. Angka yang cukup fantastis, bukan?

 

Tidak cukup sampai disitu. Jika kamu melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi atau telah menempati jabatan setingkat manajer hotel dan mengemban tanggung jawab dalam manajemen hotel, maka gaji yang kamu peroleh akan lebih tinggi.

 

Tidak menutup kemungkinan, setiap bulannya kamu akan mendapatkan gaji sebesar €3100 atau setara dengan 52 juta.

 

Inilah alasan mengapa ausbildung perhotelan banyak diminati. Pekerjaan sudah jelas di depan mata. Jenjang karir terbuka lebar dengan gaji yang terjamin setiap bulannya. Bagaimana bisa seseorang menolak untuk mendaftar program ausbildung?

 

Program ini sangat cocok untuk kamu yang berorientasi pada pekerjaan dan lebih suka berada di luar kelas. Pemerintah Jerman telah membuka program yang sangat bermanfaat, tidak hanya untuk warga negaranya saja, melainkan warga asing juga seperti masyarakat Indonesia.

 

Jika kamu tertarik untuk mendaftar ausbildung perhotelan, kunjungi website kami di www.ausbildungaupair.com dan daftarkan dirimu untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai ausbildung, baik jurusan, syarat pendaftaran, hingga tips lolos ausbildung.

 

Bersama dengan guru profesional dan telah berpengalaman tinggal di Jerman, persiapan kamu akan lebih terarah dan peluang kamu untuk diterima di program ausbildung akan lebih tinggi. 

 

× How can I help you?