Bahasa Jerman Selamat Pagi, Selamat Siang, dan Selamat Malam

Bahasa Jerman Selamat Pagi, Selamat Siang, dan Selamat Malam

Bahasa Jerman Selamat Pagi – Bagaimana mengucapkan salam dalam bahasa Jerman? Mungkin kamu telah mempelajari bahasa Jerman sebelumnya. Dalam bahasa Jerman mengucapkan salam bisa dilakukan dengan ucapan salam formal dan ucapan salam informal.

Ucapan salam yang formal diantaranya bahasa Jerman selamat pagi, selamat siang, dan selamat malam. Salam merupakan kata bahasa Jerman yang digunakan sehari – hari. Jika kamu ingin bisa mengungkapkan salam dalam bahasa Jerman dengan benar, simak bagaimana cara mengucapkan bahasa Jerman selamat pagi, selamat siang, dan selamat malam berikut ini.

Bahasa Jerman Selamat Pagi

Bahasa Jerman selamat pagi yaitu “Guten Mogen”. Cara pengucapannya adalah gooh-ten more-gen. Guten Morgen biasanya digunakan pada pagi hari sampai sekitar pukul 10.00 pagi. Biasanya, jika sudah lewat dari pukul 10.00 pagi, kebanyakan orang lebih sering mengucapkan “Guten Tag”.

Bahasa Jerman Selamat Siang

Bahasa Jerman selamat siang yaitu “Guten Tag”. Cara mengucapkannya yaitu gooh-ten tahk. Guten Tag biasanya diucapkan mulai siang hari pukul 12.00 sampai pukul 18.00. Karena bahasa Jerman selamat sore tidak ada, maka untuk mengucapkan selamat sore dalam bahasa Jerman tetap menggunakan Guten Tag yang berlaku hingga jam 6 sore.

Bahasa Jerman Selamat Malam

Bahasa Jerman selamat malam adalah “Guten Abend”. Cara pelafalannya yaitu gooh-ten ah-bent. Guten Abend biasanya digunakan mulai pukul 18.00 sampai tengah malam pukul 00.00. Bagaimana dengan “Gute Nacht”?
Gute Nacht dalam bahasa Jerman berarti selamat tidur. Gute nacht biasanya diucapkan ketika mau tidur. Namun, Gute Nacht juga bisa berarti selamat tinggal. Jika kamu mengunjungi seseorang saat malam hari, kamu bisa mengucapkan Gute Nacht ketika pulang.

Ungkapan Salam dan Sapaan dalam Bahasa Jerman

Seperti yang sudah kita bahas tadi, cara mengungkapkan salam secara formal dalam bahasa Jerman bisa menggunakan Guten Morgen, Guten Tag, ataupun Guten Abend. Bagaimana menggunakan ungkapan salam dan sapaan dalam bahasa Jerman selain Guten Morgen, Guten Tag, dan Guten Abend? Simak ungkapan salam dan sapaan lainnya dalam bahasa Jerman berikut ini.

Baca Juga  Mengenal Kata Sifat dalam Bahasa Jerman dan Kata Benda Bahasa Jerman

1. Hallo!
Dalam bahasa Jerman Hallo merupakan ungkapan salam atau kata sapaan yang tidak formal. Pelafalannya yaitu hâ-loh! Biasanya kata sapaan Hallo digunakan kepada teman dekat atau siapapun yang kamu kenal dekat.

2. Alles klar?
Alles klar secara harfiah berarti baik – baik saja. Namun biasanya kata ini digunakan untuk bertanya “ada apa?” atau “bagaimana kabarnya?” Kata ini merupakan ungkapan kasual yang sering digunakan sebagai salam.

3. Was geht ab?
Was geht ab merupakan terjemahan langsung dari apa yang terjadi atau ada apa dalam bahasa Jerman. Namun ungkapan ini ungkapan gaul yang biasanya hanya digunakan oleh anak muda di Jerman.

4. Wie geht’s?
“Wie geht’s? = bagaimana kabarmu?” Ungkapan salam ini digunakan untuk situasi informal. Beberapa variasi lain untuk menanyakan kabar yaitu:

• Wie geht es Ihnen? (formal)
• Wie geht es dir? (informal)
• Wie geht es euch? (jamak)

5. Tschüss / Tschüssi
Tschüss / Tschüssi merupakan bahasa Jerman yang diucapkan saat berpisah, yang berarti sampai jumpa. Kata ini digunakan untuk mengucapkan selamat tinggal.

6. Ciao
Ciao merupakan kata salam yang digunakan untuk mengucapkan selamat tinggal. Walaupun kata ini berasal dari Italia, namun kata salam ini sering digunakan di banyak negara Eropa.

7. Auf Wiedersehen
Auf Wiedersehen artinya sampai berjumpa lagi. Ungkapan salam perpisahan ini digunakan untuk situasi formal.

8. Bis zum nächsten Mal
“Bis zum nächsten Mal” artinya “sampai jumpa di lain waktu”. Ungkapan ini biasanya digunakan untuk mengatakan selamat tinggal kepada seseorang yang dilihat secara berulang – ulang, misalnya teman sekelas, atau teman kerja.

9. Bis bald / Auf bald
“Bis bald” atau “Auf bald” digunakan dalam situasi kasual untuk mengatakan selamat tinggal kepada teman.

Baca Juga  7 Cara Belajar Bahasa Jerman Otodidak

10. Gute Fahrt! / Gute Reise!
Gute Fahrt! / Gute Reise! Memiliki arti “semoga perjalananmu menyenangkan!” Ungkapan ini bisa digunakan untuk mengatakan selamat tinggal kepada seseorang yang sedang melakukan perjalanan atau sedang berlibur.

No Comments

Post A Comment