10 Beasiswa di Jerman yang Bisa Kamu Apply

10 Beasiswa di Jerman yang Bisa Kamu Apply

Beasiswa di Jerman – Kuliah di Jerman menjadi pilihan sebagian pelajar di Indonesia. Namun, untuk dapat kuliah di Jerman tentu kamu harus memikirkan biaya kuliah dan biaya hidup di Jerman. Ada banyak beasiswa di Jerman yang bisa kamu apply untuk membantu meringankan biaya kuliah di Jerman. Beasiswa – beasiswa di Jerman tersebut bisa kamu simak berikut ini.

Berbagai Beasiswa di Jerman yang Bisa Kamu Apply

1. Beasiswa DAAD

DAAD atau Layanan Pertukaran Akademik Jerman menawarkan banyak beasiswa di Jerman untuk siswa internasional pada berbagai tingkat gelar. Database beasiswa di Jerman dari DAAD bisa kamu lihat di situs resmi DAAD.

2. Beasiswa Erasmus Mundus

Beasiswa Erasmus Mundus merupakan beasiswa yang didanai oleh Uni Eropa, secara eksklusif diberikan kepada siswa yang berasal dari negara-negara UE dan non-UE yang telah dipilih untuk menghadiri salah satu Program Bersama Erasmus Mundus di tingkat Master atau Doktor.

Program ini menawarkan beasiswa penuh atau beasiswa yang mencakup uang saku bulanan, biaya partisipasi, biaya perjalanan dan asuransi siswa. Besaran beasiswa Erasmus Mundus dapat bervariasi sesuai dengan tingkat studi, durasi studi, dan kewarganegaraan cendekiawan (beasiswa untuk siswa non-UE lebih tinggi daripada untuk siswa UE).

3. Einstein International Postdoctoral Fellowship

Fellowship yang disponsori oleh Einstein Foundation ini untuk penelitian postdoctoral di sebuah universitas di Berlin. Informasi mengenai beasiswa di Jerman ini bisa kamu ketahui lebih lanjut di sini https://www.einsteinfoundation.de/en/programmes/.

4. Heinrich Böll Scholarships for International Students

Heinrich Böll Foundation memberikan beasiswa di Jerman kepada siswa internasional yang memiliki kualifikasi untuk melanjutkan studi gelar Master atau PhD dalam bidang apapun di Jerman. Beasiswa ini terutama diberikan pada siswa yang berencana untuk mempelajari STEM (sains, teknologi, teknik, dan matematika) dan program yang berfokus pada lingkungan.

5. Kurt Hansen Science Scholarships

Beasiswa Kurt Hansen merupakan beasiswa di Jerman yang didanai oleh Bayer Foundation. Beasiswa sains untuk belajar di Jerman ini terbuka untuk siswa yang sedang pelatihan untuk menjadi pendidik di bidang sains.

6. Konrad-Adenauer-Stiftung (KAS) Scholarships

Beasiswa di Jerman untuk jenjang master dan PhD ini tersedia untuk pelajar internasional di bawah 30 yang telah menyelesaikan gelar sarjana di negara asal mereka. Untuk dapat mengajukan beasiswa ini, kamu harus memberikan memiliki nilai akademik di atas rata-rata, telah terlibat aktif dalam pekerjaan sukarela untuk kepentingan masyarakat di negara asal, dan memiliki minat dalam masalah politik.

7. Deutschland Stipendium

Deutschland Stipendium merupakan beasiswa di Jerman berbasis prestasi sebesar € 300 per bulan yang tersedia untuk siswa yang sangat berbakat yang terdaftar di universitas – universitas Jerman. Siswa yang menerima beasiswa ini akan mendapatkan program bimbingan, networking events, dan magang.

8. Humboldt Research Fellowships for Postdoctoral Researchers

Beasiswa Humboldt Research untuk Peneliti Postdoctoral ini ditujukan untuk ilmuwan dan cendekiawan dari berbagai subjek dan kewarganegaraan. Bagi siswa dari negara – negara berkembang mungkin memenuhi syarat untuk mendaftar untuk Georg Forster Fellowship.

9. Marie Curie International Incoming Fellowships (IIF) for Developing Countries

Beasiswa penelitian pascadoktoral ini didanai oleh Uni Eropa. Beasiswa ini ditujukan untuk siswa internasional yang ingin belajar di Jerman. Kebanyakan beasiswa ini untuk siswa dari negara – negara berkembang.

10. Beasiswa Helmholtz Association

Beasiswa dari Helmholtz Association ini merupakan beasiswa tahunan yang tersedia untuk mahasiswa yang belajar di tingkat doktoral dan postdoktoral di seluruh dunia. Beasiswa di Jerman ini memberikan kesempatan siswa untuk melakukan penelitian berbayar di pusat Helmholtz di Jerman.

Jika kamu ingin kuliah di Jerman dan mendapatkan beasiswa Jerman, tentu kamu harus memiliki kemampuan bahasa Jerman. Kamu bisa belajar bahasa Jerman di Virtu Education. Virtu Education bukan hanya memberikan pelajaran bahasa Jerman saja tetapi juga memberikan berbagai informasi mengenai sekolah di Jerman, kuliah di Jerman, beasiswa di Jerman, dan bekerja di Jerman.

Post a Comment