Ingin Kuliah di Jerman? Kamu Bisa Apply Beasiswa Jerman Ini

Ingin Kuliah di Jerman? Kamu Bisa Apply Beasiswa Jerman Ini

Beasiswa Jerman – Setiap orang yang memutuskan untuk kuliah di luar negeri tentu harus memikirkan berapa biaya kuliah yang dibutuhkan dan bagaimana mendanai kuliah tersebut. Hal ini tentu sangat penting dan tidak boleh diremehkan sehingga perlu dipikirkan sejak dini sebelum memutuskan untuk kuliah di luar negeri.

Bagi siswa internasional yang ingin kuliah di Jerman, mereka harus memiliki bukti sumber keuangan yang memberikan jaminan bahwa siswa memiliki keuangan yang cukup untuk membiayai hidup mereka di Jerman. Bukti keuangan tersebut bisa berasal dari pendanaan mandiri atau bantuan keuangan berupa beasiswa.

Ada beragam beasiswa Jerman yang tersedia untuk siswa internasional, diantaranya ada beasiswa full yang membiayai siswa secara penuh dan ada beasiswa parsial yang menanggung sebagian dari biaya kuliah siswa. Beasiswa Jerman apa saja yang dapat membantu meringankan biaya kuliah di Jerman? Simak informasinya berikut ini.

Beasiswa Jerman dari Pemerintah, Non Pemerintah, dan Organisasi

Pemerintah Jerman setiap tahunnya mengalokasikan sejumlah beasiswa untuk mahasiswa internasional yang kuliah di Jerman. Selain beasiswa dari pemerintah, ada berbagai yayasan dan organisasi yang menawarkan berbagai beasiswa Jerman. Berikut ini beasiswa – beasiswa yang tersedia untuk kuliah di Jerman, diantaranya:

• Beasiswa dari Pemerintah

1. DAAD (German Academic Exchange Service) paling banyak menawarkan beragam jenis beasiswa Jerman yang didanai oleh pemerintah. Beasiswa DAAD bukan hanya ditujukan untuk mahasiswa asli Jerman saja, namun juga untuk mahasiswa asing yang kuliah di Jerman.

DAAD setiap tahunnya mendukung lebih dari 100.000 mahasiswa, peneliti Jerman dan internasional. Beasiswa DAAD juga menargetkan siswa dari negara – negara berkembang.

2. The Deutschlandstipendium

Program yang dibuat oleh Pemerintah Federal Jerman ini merupakan kemitraan antara lembaga publik dan swasta dalam rangka memberikan penghargaan kepada siswa berbakat.

Baca Juga  36 Program Beasiswa Luar Negeri Jerman DAAD untuk Indonesia

Program ini memberikan bantuan keuangan melalui sponsor dari bisnis, yayasan, universitas swasta dan lembaga lainnya serta pemerintah. Siswa juga mendapatkan program bimbingan, networking events, dan magang.

• Beasiswa Non Pemerintah

1. Friedrich Ebert Stiftung

Friedrich Ebert Stiftung merupakan yayasan politik yang menawarkan bantuan keuangan untuk mahasiswa asli Jerman dan mahasiswa internasional yang memiliki nilai di atas rata – rata dan menunjukkan kesadaran akan tanggung jawab sipil, keterlibatan sosial atau politik.

Bantuan keuangan yang diberikan hingga 1.000 Euro per bulan yang mencakup biaya pendaftaran, asuransi kesehatan, dan buku atau materi pelajaran yang diperlukan.

2. Heinrich Böll Scholarships

Heinrich Böll Foundation menyediakan beberapa beberapa beasiswa untuk mahasiswa Jerman dan mahasiswa internasional di semua tingkat gelar mulai dari sarjana hingga doktoral.

Yayasan ini terutama memberikan beasiswa kepada siswa yang berencana untuk mempelajari STEM (sains, teknologi, teknik, dan matematika) dan program yang berfokus pada lingkungan.

Beasiswa lain didedikasikan untuk siswa yang mendaftar program studi ekonomi, studi hukum, jurnalisme, dan seni.

3. Konrad-Adenauer-Stiftung (KAS) Scholarships

Mahasiswa internasional yang berencana melanjutkan studi master atau PhD di Jerman dapat mengajukan beasiswa Jerman ini.

Beasiswa ini ditawarkan selama satu tahun dengan persyaratan utama memiliki kemampuan bahasa Jerman (level 2 CEFR) walaupun jika gelar yang mereka ambil menggunakan bahasa Inggris selama pengajaran. Syarat lainnya, batas usia pelamar adalah 30 tahun.

4. Beasiswa dari Bayer Foundations

Bayer Foundations memberikan beasiswa kepada mahasiswa dan profesional muda dari Jerman dan dari luar Jerman yang ingin melanjutkan program studi atau proyek penelitian.

Pelamar yang ingin mengajukan beasiswa Jerman ini harus memiliki nilai akademik yang bagus dan proyek harus berfokus pada topik dan pendekatan inovatif.

Baca Juga  10 Beasiswa di Jerman yang Bisa Kamu Apply
No Comments

Post A Comment