Beasiswa S1 Jerman Full dan Tips Penting Mengajukan Beasiswa

Beasiswa S1 Jerman Full dan Tips Penting Mengajukan Beasiswa

Beasiswa S1 Jerman Full – Biaya kuliah di Jerman terbilang cukup murah jika dibandingkan dengan negara seperti Amerika Serikat, Inggris, ataupun Australia. Sebagian besar perguruan tinggi negeri di Jerman disubsidi oleh pemerintah sehingga mahasiswa hanya perlu membayar administrasi atau iuran semester saja.

Iuran semester tersebut digunakan untuk membiayai fasilitas – fasilitas yang digunakan siswa seperti kafetaria, perpustakaan, fasilitas olahraga, serta semester ticket. Semester ticket dapat digunakan oleh mahasiswa untuk menaiki transportasi publik secara gratis di area universitas berada.

Bagi pelajar internasional yang belajar di Jerman, mereka juga harus memiliki asuransi kesehatan, biaya sewa tempat tinggal, dan biaya hidup untuk tinggal di Jerman. Untuk membayar biaya – biaya tersebut, calon mahasiswa harus memikirkan sejak dini bagaimana akan membiayai kuliah jika ingin belajar di Jerman.

Mahasiswa bisa menggunakan pendanaan secara mandiri ataupun dengan menggunakan alternatif lain seperti mengajukan beasiswa. Beasiswa dapat membantu pembiayaan secara parsial maupun penuh sehingga dapat meringankan beban mahasiswa.

Beasiswa S1 Jerman bisa berasal dari negara asal calon mahasiswa atau beasiswa dari pemerintah Jerman serta beasiswa dari universitas di Jerman. Adapun informasi mengenai beasiswa S1 Jerman full bisa Anda simak berikut ini.

Beasiswa Universitas untuk Kuliah di Jerman

Sebenarnya ada banyak beasiswa yang tersedia untuk para pelajar yang belajar di Jerman. Namun, untuk beasiswa S1 Jerman full jarang ada. Ini dikarenakan hampir semua perguruan tinggi di Jerman mendapatkan subsidi dari pemerintah Jerman. Sehingga sebagian besar beasiswa S1 Jerman full hanya ditawarkan untuk mahasiswa asli Jerman saja.

Meskipun begitu, mahasiswa internasional tetap bisa mendapatkan pendanaan dari program beasiswa lainnya, beberapa beasiswa universitas untuk belajar di Jerman diantaranya yaitu:

Baca Juga  36 Program Beasiswa Luar Negeri Jerman DAAD untuk Indonesia

1. Humboldt University International Research Fellowships

Beasiswa ini merupakann beasiswa penelitian untuk mahasiswa internasional yang ingin melakukan penelitian di bidang sejarah, antropologi, hukum, ilmu politik, sosiologi, geografi, ekonomi di Humboldt University.

2. Beasiswa Universität Hamburg Merit

Beasiswa S1 Jerman ini ditujukan untuk semua siswa internasional yang berprestasi yang telah terdaftar pada program mereka selama setidaknya 2 semester.

3. Program Beasiswa Cofund FRIAS untuk Peneliti Internasional

Beasiswa ini ditujukan untuk siswa internasional untuk belajar di Universitas Freiburg pada program tingkat penelitian.

4. Universitas Heidelberg

Universitas Heidelberg menawarkan beasiswa untuk siswa internasional, salah satunya adalah beasiswa Amirana. Beasiswa Amirana ini ditujukan untuk siswa dari negara – negara berkembang untuk belajar di jurusan kedokteran atau kedokteran gigi di universitan Heidelberg.

5. Beasiswa Kofi Annan MBA untuk Siswa Negara Berkembang

Beasiswa ini ditujukan untuk siswa internasional dari negara berkembang untuk belajar MBA satu tahun penuh di Sekolah Manajemen dan Teknologi (ESMT) di Berlin.

Beasiswa dialokasikan untuk penerima yang memenuhi kualifikasi berdasarkan keunggulan akademik, prestasi pribadi dan profesional, khususnya potensi kepemimpinan yang kuat dan kemampuan interpersonal yang unggul.

6. Beasiswa RWTH Aachen University

RWTH Aachen University menyediakan beragam beasiswa untuk mahasiswa internasional dan domestik.

Tips Penting Sebelum Mengajukan Beasiswa

1. Ingat untuk selalu memeriksa deadline untuk mengirimkan aplikasi pengajuan beasiswa.
2. Baca kriteria yang diminta secara keseluruhan dan pastikan Anda sesuai kualifikasi beasiswa yang ingin Anda lamar. Jika ada hal yang membuat Anda ragu – ragu, hubungi penyedia beasiswa untuk klarifikasi.
3. Anda bisa mendaftar lebih dari satu beasiswa untuk meningkatkan peluang Anda menerima beasiswa.

No Comments

Post A Comment