Deretan Beasiswa S2 di Jerman untuk Calon Mahasiswa Internasional Jerman

Deretan Beasiswa S2 di Jerman untuk Calon Mahasiswa Internasional Jerman

Beasiswa S2 di Jerman – Sebagian orang yang telah menyelesaikan gelar sarjana ingin melanjutkan pendidikannya untuk meraih gelar S2. Dari berbagai pilihan universitas di luar negeri, universitas di Jerman banyak diminati para pelajar internasional termasuk pelajar dari Indonesia.
Hal ini dikarenakan universitas di Jerman memiliki kualitas yang bagus dan diakui di dunia. Selain itu, kelebihan lain dari sistem pendidikan di Jerman adalah besarnya subsidi dari pemerintah Jerman di semua level pendidikan, dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. Sehingga mahasiswa bisa merasakan tidak adanya biaya kuliah atau tuition free.

Mahasiswa hanya diwajibkan membayar iuran semester untuk tingkat bachelor, master, ataupun doctoral. Namun, mulai tahun 2016 kebijakan mengenai tuition fee di beberapa negara bagian di Jerman mulai dikaji ulang (misalnya di Baden Würtenberg) sejumlah 1.500 euro di luar iuran semester yang harus dibayarkan.

Meskipun begitu, jumlah iuran semester yang dibayar mahasiswa relatif lebih murah sekitar 110 – 310 euro per semester. Dengan membayar iuran semester, mahasiswa akan mendapatkan semester ticket yang dapat digunakan untuk menaiki seluruh moda transportasi publik dimana kampus berada. Menariknya lagi, ada banyak beasiswa S2 Jerman yang bisa diapply calon mahasiswa yang ingin kuliah di Jerman.

Deretan Beasiswa S2 di Jerman untuk Calon Mahasiswa Internasional Jerman

Beberapa beasiswa S2 di Jerman yang tersedia untuk calon mahasiswa diantaranya:

1. Beasiswa DAAD

DAAD (German Academic Exchange Service) menawarkan banyak beasiswa S2 Jerman, diantaranya yang paling populer adalah beasiswa EPOS dan PPGG. Beasiswa EPOS yang juga dikenal dengan nama Helmut – Schmidt Programme ditujukan untuk jenjang S2 dan S3 dengan durasi 12 – 24 bulan.

Baca Juga  Apakah Kuliah di Jerman Gratis? Ini yang Harus Kamu Tahu

Sementara beasiswa PPGG yang dikenal juga dengan nama Master’s Scholarships for Public Policy and Good Governance tersedia untuk jenjang S2 dan S3 di bidang kebijakan publik dan tata kelola pemerintahan yang baik.

Kedua beasiswa S2 Jerman tersebut memberikan berbagai tunjangan pada penerima beasiswa. Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa DAAD bisa Anda akses melalui situs resmi DAAD.

2. Beasiswa Erasmus +

Beasiswa Erasmus + menawarkan beragam program untuk studi di Jerman dan di negara Eropa lainnya. Beasiswa yang didanai European Commision bukan hanya menanggung biaya kuliah saja, tetapi juga ada yang menanggung biaya hidup, biaya tempat tinggal, biaya perjalanan, hingga asuransi.

3. Beasiswa Heinrich Boll Foundation

Beasiswa Heinrich Boll tersedia untuk program S2 dan S3 untuk semua program studi di Jerman. Beasiswa S2 Jerman ini tidak menanggung biaya perkuliahan di universitas, tetapi beasiswa ini memberikan tunjangan sekitar 850 euro. Jika Anda menjadi penerima beasiswa ini, Anda harus membayar biaya perkuliahan sendiri atau bisa dengan mencari sumber pendanaan lainnya.

4. Beasiswa Riset Yayasan Alexander von Humboldt

Beasiswa S2 Jerman ini ditawarkan untuk Anda yang tertarik untuk melakukan penelitian, pendalaman riset atau mengembangkan riset di bidang tertentu. Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa riset ini bisa Anda dapatkan melalui www.funding-guide.de.

5. Beasiswa KAAD

Beasiswa KAAD (The Katholic Academic Exchange Service) ditawarkan untuk jenjang S2 dan S3 bagi Anda yang beragama Katolik atau Kristen. Tetapi tidak menutup kemungkinan bagi Anda yang non Katolik atau Kristen juga diperbolehkan untuk mendaftar lho.

Asalkan Anda mendapat rekomendasi dari mitra Katolik serta mau membuka diri untuk dialog antar agama, Anda bisa mencoba mendaftarkan diri untuk menjadi penerima beasiswa S2 Jerman ini.

Baca Juga  Universitas Terbaik di Jerman 2019
No Comments

Post A Comment