7 Cara Belajar Bahasa Jerman Otodidak

7 Cara Belajar Bahasa Jerman Otodidak

Belajar Bahasa Jerman Otodidak – Bisakah kita belajar bahasa Jerman tanpa mengikuti kursus? Bisa! Jika kamu tertarik untuk belajar bahasa Jerman namun tidak ingin mengeluarkan uang untuk mengikuti kursus, kamu bisa belajar bahasa Jerman secara mandiri.
Bahasa Jerman masih satu rumpun dengan bahasa Inggris. Jika kamu telah menguasai bahasa Inggris, akan lebih mudah kamu menguasai bahasa Jerman. Bagaimana caranya? Simak cara belajar bahasa Jerman otodidak berikut ini.

Cara Belajar Bahasa Jerman Otodidak

1. Menghafalkan Alfabet Bahasa Jerman

Cara belajar bahasa Jerman otodidak yang pertama harus kamu lakukan adalah mempelajari dan menghafalkan huruf alfabet bahasa Jerman. Dalam bahasa Jerman ada huruf – huruf umlaut (dua titik kecil di atas huruf) yang mengubah cara pengucapan huruf sehingga kata – kata yang terdengar menjadi berbeda.

Kamu bisa mempelajari cara pengucapan huruf alfabet dengan mendengarkan pengucapannya di aplikasi kamus bahasa Jerman online. Bandingkan bagaimana huruf terdengar saat berdiri sendiri dan saat huruf tersebut berada bersama huruf lainnya.

2. Mempelajari Kata – Kata yang Mudah Terlebih Dulu

Cara belajar bahasa Jerman otodidak yang kedua yaitu pelajari kata – kata bahasa Jerman yang mudah dulu, seperti salam, ya, tidak, terima kasih, maaf, dan lainnya. Selanjutnya kamu bisa mempelajari kata – kata dasar lainnya.

3. Mempelajari Kata Benda, Kata Kerja, dan Kata Sifat

Kamu harus mempelajari kosakata bahasa Jerman seperti kata benda, kata kerja dan kata sifat. Kamu bisa menghafalkan dengan cara menarget berapa kata yang kamu hafalkan tiap harinya. Misalnya, kamu menghafalkan 10 kata dalam bahasa Jerman per hari. Jika kamu melakukan hal tersebut terus menerus, maka semakin banyak kosakata yang bisa kamu kuasai.

Baca Juga  Ingin Menjadi Guru Bahasa Jerman? Ini Langkah-Langkahnya

Untuk mempermudah kamu dalam menghafalkan kosakata, kamu bisa menggunakan buku catatan kecil untuk mencatat kosakata yang kamu hafalkan. Bawa buku tersebut kemana – mana, baca dan hafalkan kosakata yang telah kamu tulis kapan saja dan di mana saja.

4. Mempelajari Penyusunan Kalimat Bahasa Jerman

Cara belajar bahasa Jerman otodidak selanjutnya yaitu pelajari struktur kalimat dan penyusunan kalimat bahasa Jerman. Kamu bisa secara bertahap merangkai kata – kata yang telah kamu hafalkan menjadi sebuah kalimat bahasa Jerman. Buatlah kalimat – kalimat sederhana yang ingin kamu katakan dengan bahasa Jerman.

5. Menonton Film dengan Bahasa Jerman

Setelah mempelajari bahasa Jerman dasar, cara belajar bahasa Jerman otodidak selanjutnya yaitu menonton film dengan bahasa Jerman. Bagi kamu yang memiliki hobi menonton filam, tentu kegiatan ini menjadi menyenangkan karena kamu bisa belajar dari hobimu.

Pada awalnya kamu akan kesulitan memahami isi film karena kamu belum menguasai bahasa Jerman, tetapi kamu bisa menggunakan subtitle bahasa Inggris terlebih dulu. Jika kamu sudah lebih familiar dengan film – film berbahasa Jerman, selanjutnya gunakan subtitle bahasa Jerman sehingga kamu bisa sambil mencatat kata – kata sulit yang artinya belum kamu tahu.

6. Membaca Artikel Bahasa Jerman

Jika kemampuanmu sudah lebih meningkat, sering – seringlah membaca artikel atau bacaan lain yang menggunakan bahasa Jerman. Kamu bisa mencari berbagai artikel atau surat kabar online menggunakan internet. Pastikan selalu mencatat kata – kata sulit, mengartikannya sambil menghafalkan kata tersebut.

7. Mencari Teman atau Seseorang yang Bisa Diajak Berbicara Bahasa Jerman

Kamu bisa mencari koneksi dengan orang – orang yang sedang belajar bahasa Jerman. Ini bisa membantu proses belajarmu. Agar bisa terhubung dengan penutur bahasa Jerman, kamu bisa menggunakan situs web seperti meetup.com, craigslist.org atau couchsurfing.com.

Baca Juga  Les Bahasa Jerman Profesional di Jakarta
No Comments

Post A Comment