Step by Step Belajar Bahasa Norwegia Dari Dasar

Step by Step Belajar Bahasa Norwegia Dari Dasar

Belajar Bahasa Norwegia – Bagi siapapun yang ingin pindah ke Norwegia untuk kuliah, bekerja, atau sekedar tinggal, belajar bahasa Norwegia menjadi kunci beradaptasi dengan masyarakat setempat. Bagi yang memulai dari nol, akan sangat bagus kalau kalian mulai belajar dasar bahasa Norwegia dari sekarang.

Pertama, kalian bisa mulai dengan mengenal pengucapan alfabet Norwegia yang ternyata sangat mudah. Dibanding pengucapan alfabet bahasa Inggris, alfabet bahasa Norwegia rasa-rasanya lebih mirip dengan pengucapan orang Indonesia.

Kalau diperhatikan dengan seksama, pengucapan alfabet Norwegia memang sangat mirip dengan Indonesia. Ini membuat kalian bisa menyesuaikan lidah dengan cepat.

Hanya saja kalian harus mengenal perbedaan paling mencolok, yaitu adanya 3 huruf tambahan dalam alfabet Norwegia yang kesemuanya huruf vokal. Ketiga huruf itu adalah Æ (walau dibaca “ae”, tapi pengucapannya sangat mirip dengan “a”), Ø (diucapkan “e” seperti dalam “embun”), dan Å (diucapkan “oa”).

Setelah paham alfabet Norwegia, selanjutnya kalian bisa mulai belajar kosakata sederhana bahasa Norwegia sehari-hari. O ya, bahasa Norwegia merupakan bahasa resmi negara ini. Walaupun negara mengakui dua jenis bahasa Norwegia, yaitu Bokmål dan Nynorsk.

Keduanya diajarkan di sekolah Norwegia, namun kenyataannya bahasa Bokmål lebih sering digunakan dalam tulisan ilmiah dan kegiatan resmi pemerintah. Tapi jangan khawatir, karena kedua bahasa tersebut memiliki banyak kesamaan kok.

Jadi siapapun yang memahami bahasa Norwegia (Bokmål), maka dengan cepat dia akan mengerti bahasa Nynorsk.

Nah langsung saja ita mulai belajar bahasa Norwegia dengan yang paling sederhana, misalnya kosakata singkat di bawah ini

Ja- iya
Nei- tidak
Takk- terima kasih
Vær så god- terima kasih kembali
Vær så snill- silakan
Unnskyld- permisi
Beklager- maaf

Baca Juga  Ragam Makanan Khas Norwegia Dari Bahan Alami

Sangat mudah kan? Dalam waktu singkat kalian pasti bisa mengucapkan kosakata di atas dengan lancar. Nah sekarang kita lanjut ke kosakata berikutnya ya.

Dimana saja kalian berada, mengetahui kalimat sapaan bahasa setempat pasti akan sangat bermanfaat. Tidak sulit kok, begitu tahu beberapa kata sapaan bahasa Norwegia di bawah ini, kalian sudah bisa langsung mempraktekkannya lho.

Halo- halo
God morgen- selamat pagi
God dag- selamat siang
God kveld- selamat petang
God natt- selamat malam
Velkommen!- selamat datang
Velkommen tilbake!- selamat datang kembali
Hvordan har du det?- apa kabar?

Lalu bagaimana untuk mengucapkan salam perpisahan? Silakan lihat contoh berikut ini ya

Ha det!- sampai jumpa
På Gjensyn- selamat tinggal
Farvel- selamat tinggal
Ses i morgen- sampai jumpa besok

Gimana? Sekarang kalian sudah siap kan untuk menyapa orang Norwegia? Tapi ini belum selesai ya, karena kami akan perkenalkan kalian dengan beberapa jenis kosakata harian lainnya. Angka! Ya, mempelajari angka selalu menarik bagi siapapun yang belajar bahasa Norwegia. Ingat-ingat angka dalam bahasa Norwegia berikut ini ya

En- satu
To- dua
Tre- tiga
Fire- empat
Fem- lima
Seks- enam
Sju/syv- tujuh
Åtte- delapan
Ni- sembilan
Ti- sepuluh

Elleve- sebelas
Tolv- dua belas
Tretten- tiga belas
Fjorten- empat belas
Femten- lima belas
Seksten- enam belas
Sytten- tujuh belas
Atten- delapan belas
Nitten- sembilan belas
Tjue/tyve- dua puluh

Tretti- tiga puluh
Førti- empat puluh
Femti- lima puluh
Seksti- enam puluh
Sytti/søtti- tujuh puluh
Åtti- delapan puluh
Nitti- sembilan puluh
Hundre- seratus
Tusen- seribu
en million- satu juta

Sedangkan untuk angka yang mengandung puluhan dan satuan atau dari 21 ke 99, kalian tinggal menggabungkan keduanya. Misal

Baca Juga  10 Fakta Unik Ibu Kota Norwegia, Oslo

29-Tjue + Ni = Tjueni
34-Tretti + Fire = Trettifire
46-Førti + Seks = Førtiseks
95-Nitti + Fem = Nittifem, dan seterusnya

Agar lancar, latih terus dengan mempraktekkan penulisan angka berbahasa Norwegia. Sebutkan angka berapa saja yang ada di ingatan kalian, lalu tuliskan angka dalam bahasa Norwegia di selembar kertas.

Lalu kosakata lainnya yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah nama-nama hari. Nah kalau ada orang Norwegia yang bertanya hari, kalian bisa menjawab dengan nama hari di bawah ini

Mandag- senin
Tirsdag- selasa
Onsdag- rabu
Torsdag- kamis
Fredag- jumat
Lørdag- sabtu
Søndag- minggu

Dag- hari
Uke- minggu
Måned- bulan
År- tahun
I dag- hari ini
I går- kemarin
I Morgen- besok

Selain kosakata di atas, ada beberapa kosakata yang bisa kalian hapalkan dan segera dipraktekkan. Mengetahui beberapa kosakata sederhana di bawah ini akan membuat kalian semakin bersemangat mempelajari bahasa Norwegia lebih lanjut

Buss- bus
Busstasjon- stasiun bus
Tog- kereta
Jernbanestasjon- stasiun kereta
Boutique- toko
Flyplass- bandara
Politistasjon- kantor polisi
Sykehus- rumah sakit

No Comments

Post A Comment