Cara Efektif Belajar Bahasa Perancis Otodidak

Cara Efektif Belajar Bahasa Perancis Otodidak

Belajar Bahasa Perancis – Sebagian orang yang ingin belajar bahasa Perancis lebih suka belajar dengan cara mengikuti kursus. Hal ini dikarenakan kursus bahasa Perancis memberikan materi dan pembelajaran yang terstruktur dan menggunakan pengajar – pengajar yang berpengalaman di bidangnya.

Salah satu kursus bahasa Perancis yang populer adalah Virtu Education. Virtu Education dapat membantu kamu menguasai bahasa Perancis dari tingkat pemula hingga tingkat lanjutan yang profesional.

Namun, jika kamu memiliki keinginan untuk belajar Perancis secara otodidak, kamu bisa menyimak cara belajar bahasa Perancis otodidak berikut ini.

Cara Efektif Belajar Bahasa Perancis Otodidak

1. Miliki Passion dan Tetapkan Tujuan

Kunci yang kamu perlukan untuk belajar bahasa asing adalah “Passion”. Untuk dapat belajar bahasa Perancis, kamu harus memiliki passion terhadap bahasa Perancis. Selain itu, kamu juga harus menemukan alasan utama kamu belajar bahasa Perancis.

Alasan utama ini akan membuat kamu termotivasi saat kamu belajar bahasa baru. Setiap kamu merasa kesulitan ataupun merasa frustasi ketika belajar bahasa Perancis, ingatlah alasan utama dan tujuan yang telah kamu tetapkan.

2. Ketahui Gaya Belajar

Cara belajar bahasa Perancis yang efektif adalah mengetahui gaya belajar kamu, agar kamu bisa menerapkan gaya belajar yang tepat. Jika kamu seorang pelajar auditori (lebih fokus mendengar), kamu bisa lebih banyak belajar bahasa Perancis dari Podcast.

Jika kamu seorang pelajar visual kamu mungkin akan lebih mudah mempelajari bahasa Perancis dengan gambar ataupun video. Kamu bisa menonton video belajar bahasa Perancis di YouTube atau bisa juga dengan menonton film – film berbahasa Perancis.

Namun, apapun gaya belajar kamu, selalu gunakan audio saat belajar bahasa Perancis. Ini penting agar kamu bisa mempelajari pengucapan huruf dan kata dalam bahasa Perancis secara tepat karena bahasa Perancis tertulis bisa berbeda dengan bahasa Perancis lisan.

Baca Juga  200 Kata Kerja Bahasa Perancis yang Paling Umum Dipelajari

3. Temukan Buku Panduan Belajar Bahasa Perancis

Saat kamu mencoba untuk belajar bahasa Perancis otodidak, cara belajar bahasa Perancis yang efektif adalah belajar dengan buku panduan bahasa Perancis. Ada banyak buku belajar bahasa Perancis yang bisa kamu gunakan, sebaiknya pilihlah buku yang didesain untuk belajar secara mandiri.

4. Menghubungkan Kosa Kata Bahasa Perancis ke Gambar dan Situasi yang Nyata

Ketika kamu sedang mempelajari kosa kata bahasa Perancis, cobalah untuk menghubungkan kosa kata bahasa Perancis yang kamu pelajari dengan gamabr, perasaan atau situasi yang nyata, bukan hanya dengan kata – kata bahasa Indonesia saja.

Dengan cara belajar bahasa Perancis ini, kamu akan lebih mudah mengingat tiap kosa kata bahasa Perancis yang kamu pelajari dan hafalkan.

5. Belajar Bahasa Perancis dengan Kalimat

Belajar dalam konteks akan membuat kamu mengingat kata – kata lebih lama. Nah, saat mempelajari kosakata bahasa Perancis, pelajarilah dalam sebuah kalimat. Kamu bisa menggunakan kosakata yang kamu pelajari untuk membentuk kalimat kamu sendiri.

6. Jangan Mencoba Mempelajari Segala Hal dalam Waktu Singkat

Mencoba mempelajari segala hal bahasa Perancis dalam waktu singkat tidak akan efektif, sebaiknya prioritaskan kosakata yang kamu pelajari, misalnya kosakata yang sering digunakan dalam kehidupan sehari – hari atau kosakata – kosakata yang sering kamu temukan.

7. Belajar dengan Konsisten

Saat mempelajari bahasa Perancis, kamu tidak bisa hanya belajar dalam sekali waktu. Kamu harus konsisten untuk belajar setiap hari. Kamu tidak pelu mengalokasikan waktu yang lama untuk belajar bahasa Perancis. Cukup luangkan waktu 2 – 3 jam untuk belajar bahasa Perancis tiap harinya.

8. Kuncinya adalah Pengulangan

Kesalahan yang seringkali dilakukan seseorang dalam belajar adalah mereka berkonsentrasi untuk mempelajari materi baru, namun lupa mengulas materi lama yang sudah dipelajari. Sebelum kamu mempelajari materi baru, ingatlah untuk mereview materi – materi yang telah kamu pelajari.

Baca Juga  Manfaat Mengikuti Kursus Bahasa Perancis di Jakarta

9. Gunakan Bahasa Perancis di Kehidupan Sehari – hari

Cara efektif belajar bahasa Perancis selanjutnya adalah menggunakan bahasa Perancis dalam kehidupan sehari – hari. Percakapan bahasa Perancis dapat membantu kamu menambah kepercayaan diri dan meningkatkan kemampuan kamu.

Jika kamu tidak memiliki teman yang bisa kamu ajak berkomunikasi atau bercakap – cakap dengan dengan bahasa Perancis, kamu bisa menggunakan aplikasi Meetup untuk menemukan mitra belajar bahasa Perancis.

No Comments

Post A Comment