Gambaran Biaya Hidup di Jerman untuk Siswa Internasional

Gambaran Biaya Hidup di Jerman untuk Siswa Internasional

Biaya Hidup di Jerman – Biaya yang dikeluarkan untuk hidup di Jerman relatif lebih terjangkau dibandingkan negara – negara di Eropa Barat lainnya. Biaya hidup di Jerman rata – rata untuk sekitar 850 Euro per bulan.
Biaya hidup di Jerman ini tentu bisa berbeda untuk tiap – tiap orang tergantung gaya hidup masing – masing. Jika kamu berencana untuk melanjutkan studi sebagai siswa internasional di Jerman, kamu perlu mengetahui berapa biaya hidup di Jerman dan detailnya.

Ini penting untuk menghindari masalah – masalah yang bisa timbul akibat kurangnya informasi mengenai hidup di Jerman. Kamu bisa menyimak informasi mengenai biaya hidup di Jerman yang akan dibahas secara terperinci berikut ini.

Biaya Hidup di Jerman

Beberapa hal yang secara umum mempengaruhi biaya hidup di Jerman yaitu harga sewa tempat tinggal, harga makanan, akomodasi, tagihan, pakaian, dan hiburan. Umumnya pengeluaran terbesar kamu sebagai siswa internasional di Jerman adalah sewa tempat tinggal.

Besaran biaya hidup di Jerman tergantung pada faktor – faktor seperti lokasi tempat tinggal dan jenis gaya hidup yang kamu lakukan. Di kota metropolitan atau kota industri biasanya sewa tempat tinggal, makanan, dan pakaian lebih mahal. Sebaliknya, di kota – kota kecil atau di daerah yang penduduknya sedikit bisa lebih murah dibandingkan di kota besar.

Memilih tempat tinggal yang ideak dapat membuat kamu menghemat banyak uang. Bagi siswa internasional, sebuah kota juga berpengaruh terhadap pengeluaran yang harus dibayarkan selama kuliah dan merantau di Jerman.

Biaya Sewa

Harga sewa tempat tinggal di beberapa kota besar, seperti Munich, Stuttgart, dan Frankfurt am Main biasanya lebih mahal dibandingkan kota lainnya. Sementara Berlin dapat dikategorikan sebagai tingkat menengah dan tempat yang tergolong paling murah adalah wilayah Leipzig, Bochum, dan Kiel untuk menyewa apartemen yang dekat dengan universitas di Jerman.

Baca Juga  Pelayanan Visa di Kedutaan Jerman di Jakarta

Biaya yang dikeluarkan untuk membayar asrama universitas berkisar 220 – 270 Euro. Sedangkan biaya untuk sewa flat atau apartemen berkisar antara 290 – 700 Euro.

Asuransi Kesehatan

Penyedia asuransi kesehatan umumnya menawarkan kebijakan kepada siswa untuk membayar sekitar 80 euro sebulan, selama kamu masih di bawah 30 tahun dan belum belajar lebih dari 14 semester. Jika kamu sudah tidak memenuhi syarat tersebut, secara otomatis premi akan meningkat hingga 160 Euro per bulan atau lebih.

Biaya Makan

Biaya makan untuk dua orang di restoran rata-rata € 45. Di restoran yang lebih kecil, harga makanan mungkin bervariasi antara 8 hingga 14 Euro. Jika kamu ingin lebih hemat, kamu bisa memasak makanan sendiri. Biaya rata – rata beberapa produk:

– Beras (1kg, putih) – 2,03 €
– Kentang (1kg) – 1,06 €
– Bawang (1kg) – 1,09 €
– Tomat (1kg) – 2,62 €
– Ayam (1kg) – 7,53 €
– Roti putih (500g) – 1,24 €
– Susu (1 liter) – 0,71 €
– Telur (12) – 1,64 €
– Daging sapi (1kg) – 11,65 €
– Apel (1kg) – 2,22 €
– Pisang (1kg) – 1,58 €
– Jeruk (1kg) – 2,29 €

Gambaran Biaya Hidup di Jerman untuk Mahasiswa Per Bulan

• Sewa dan utilitas € 323
• Makanan dan minuman € 168
• Pakaian € 52
• Bahan pembelajaran € 30
• Transportasi umum € 94
• Asuransi kesehatan € 80
• Telepon, internet, TV € 31
• Rekreasi, budaya, olahraga € 68
Total € 846

No Comments

Post A Comment