Biaya Hidup di Perancis yang Perlu Kamu Tahu

Biaya Hidup di Perancis yang Perlu Kamu Tahu

Biaya Hidup di Perancis – Apakah kamu ingin melanjutkan studi atau ingin bekerja di Perancis? Sebelum memutuskan untuk tinggal di luar negeri seperti di Perancis, kamu harus mengetahui berapa biaya hidup di Perancis. Pengeluaran yang kamu habiskan untuk biaya hidup di Perancis setiap bulan akan tergantung pada gaya hidup kamu sendiri.

Biaya hidup di Perancis bisa berbeda – beda untuk tiap orang tergantung pada ukuran properti kamu, wilayah tempat tinggal kamu, dan gaya hidup kamu. Memilih untuk tinggal di kota atau di desa akan sangat mempengaruhi biaya hidup yang perlu kamu keluarkan.

Jika kamu tinggal di kota metropolitan seperti Paris, Bordeaux atau Lyon, tentu anggaran biaya hidup yang kamu perlukan lebih besar. Biaya makan akan lebih tinggi jika kamu suka mengonsumsi makanan siap saji. Namun, baya makan akan menjadi lebih murah jika kamu memasak sendiri. Mau tahu berapa biaya hidup di Perancis? Simak infonya berikut ini.

Biaya Hidup di Perancis

1. Biaya Sewa Tempat Tinggal

Biaya tempat tinggal di Perancis terkenal lebih mahal jika kamu memilih tinggal di apartemen metropolitan. Jika kamu menyewa apartemen, kamu harus membayar untuk pemeliharaan bangunan dan fasilitas lainnya. Semakin mewah tempat tinggal yang kamu sewa, maka semakin mahal biaya sewa yang harus kamu bayar.

Biaya untuk sewa apartemen satu kamar di pusat kota Paris sekitar € 1.400 per bulan. Sementara sewa apartemen satu kamar di lyon lebih murah mulai sekitar € 600 – € 800 per bulan atau € 1.100 untuk apartemen tiga kamar.
Di Marseille masih lebih murah, dengan harga sewa apartemen satu kamar mulai dari € 550 per bulan dan properti tiga kamar seharga € 950.

Baca Juga  10 Tempat Wisata di Perancis yang Terkenal

2. Biaya Listrik dan Gas

Biaya listrik di Perancis tidak tinggi dibandingkan dengan standar Uni Eropa. Biaya rata – rata listrik di Perancis sekitar € 0,15 per KWh. Biaya tersebut lebih rendah dibandingkan biaya rata – rata Uni Eropa sebesar € 0,20.

Di kota – kota kecil di selatan Perancis, tagihan listrik bisa jauh lebih murah karena cuaca dingin sepanjang tahun. Bagi sebagian besar orang yang tinggal di rumah khas desa di luar daerah pegunungan paling dingin, biaya listrik dan gas yang biasanya dikeluarkan sekitar € 45 per bulan di musim semi dan musim panas, dan sekitar € 90 per bulan di musim dingin.

3. Biaya Layanan Internet, Telepon dan TV Kabel

Biaya internet bisa berbeda – beda tergantung provider. Biaya Internet di Perancis relatif terjangkau dengan paket dasar mulai dari sekitar € 20 – € 30 per bulan. Sehubungan dengan telepon, internet dan TV kabel dasar, kamu biasanya bisa mendapatkan “paket” yang membuat biaya lebih murah, sekitar € 60 per bulan.

4. Biaya Transportasi

Sistem transportasi umum dan metro di kota – kota Paris umumnya tidak terlalu mahal. Misalnya, tiket one way di Paris sekitar € 1,90 dan tiket bulanan sekitar € 75, namun ada diskon berbeda yang ditawarkan. Sementara untuk biaya taksi bisa bervariasi di seluruh Perancis.

Jika kamu naik taksi di Paris atau Marseille, kamu akan dikenakan biaya mulai dari € 5 dan naik sekitar € 1,30 per kilometer. Di tempat lain, tarif awal untuk taksi bisa lebih murah sekitar € 2,50 dan naik € 1,80 per kilometer.

Baca Juga  Kisah Seorang Penggembala Menjadi Menteri Pendidikan Perancis

5. Biaya Makan

Memasak sendiri bisa menjadi cara untuk lebih hemat. Jika kamu membeli bahan makanan di supermarket biasanya akan lebih mahal dibandingkan kamu membeli bahan makanan di pasar. Biaya rata – rata untuk membeli bahan – bahan makanan sekitar € 220 – € 290 per bulan untuk per orang.

No Comments

Post A Comment