Biaya Kuliah di Jerman, Syarat dan Jurusan Kuliah di Jerman

Biaya Kuliah di Jerman, Syarat dan Jurusan Kuliah di Jerman

Biaya Kuliah di Jerman – Kualitas pendidikan tinggi di Jerman tidak diragukan di dunia. Universitas – universitas di Jerman yang menempati peringkat di dunia, beberapa diantaranya juga merupakan universitas tertua dan bergengsi di dunia.

Menurut QS World University Rankings 2019, tiga universitas Jerman muncul di peringkat 100 teratas, universitas tersebut yaitu:

• Technical University of Munich yang menempati peringkat 61
• Ludwig-Maximilians-Universität München menempati peringkat 62
• Ruprecht-Karls-Universität Heidelberg menempati peringkat 64

Daya tarik lainnya untuk kuliah di Jerman adalah sebagian besar perguruan tinggi negeri di Jerman gratis dan itu berlaku juga untuk mahasiswa asing yang belajar di Jerman. Tidak mengherankan jika banyak pelajar internasional yang menjadikan perguruan tinggi di Jerman sebagai tujuan untuk melanjutkan studinya.

Sistem pendidikan tinggi di Jerman dibedakan menjadi 3 yaitu:

• Universitas

Universitas berfokus secara akademis dan ditawarkan dalam berbagai mata pelajaran, di tingkat Sarjana, Magister dan Doktor. Dalam kelompok ini terdapat beberapa institusi spesialis, seperti universitas teknis, yang didedikasikan untuk teknik dan ilmu alam, dan perguruan tinggi pendidikan.

• Fachhochschulen (Universitas Ilmu Terapan)

Fachhochschulen mengkhususkan diri pada bidang bisnis, teknik dan ilmu sosial. Fachhochsculen cocok untuk kandidat yang tidak memiliki niat mengejar karir akademik, tetapi agak tertarik pada perolehan pengalaman praktis sebanyak mungkin.

• Sekolah Tinggi Seni, Film dan Musik

Perguruan tinggi ini diperuntukkan bagi siswa disiplin ilmu kreatif dengan persyaratan masuk yang bervariasi.

Biaya Kuliah di Jerman

Pada tahun 2014 pemerintah Jerman memberikan subsidi pada perguruan tinggi negeri di Jerman, sehingga perguruan tinggi membebaskan biaya perkuliahan atau tuition free. Dengan kata lain biaya kuliah di Jerman gratis. Namun, mahasiswa masih harus membayar biaya administrasi atau iuran semester sekitar sekitar 250 euro hingga 500 euro.

Baca Juga  Biaya Kuliah di Jerman Tanpa Beasiswa dan Biaya Hidup di Jerman

Iuran semester ini mencakup layanan mahasiswa seperti kantin, perpustakaan, fasilitas olahraga serta semester ticket (tiket yang digunakan untuk naik trasportasi publik gratis di area universitas berada). Pada tahun 2017, negara bagian Baden-Württemberg menerapkan biaya kuliah senilai 1500 euro untuk mahasiswa asing non Uni Eropa. Namun, Jerman juga menyediakan layanan bantuan keuangan secara parsial maupun penuh selama kuliah di Jerman, melalui berbagai program beasiswa dan pinjaman lain untuk mahasiswa Jerman maupun mahasiswa internasional.

Syarat Kuliah di Jerman

Syarat kuliah di Jerman tergantung pada program gelar apa yang akan diambil di universitas yang diminati. Beberapa program studi populer mungkin tidak memiliki persyaratan khusus, sementara gelar yang lebih bergengsi mungkin memerlukan nilai bagus di sekolah menengah, tes penerimaan lokal, surat referensi, dan lainnya.

Secara umum persyaratan untuk kuliah di Jerman yaitu:

• Memiliki visa dan residence permit
• Memiliki kualifikasi penerimaan universitas
• Memiliki sumber keuangan atau bantuan keuangan (beasiswa)
• Memiliki sertifikat kemampuan bahasa Jerman
• Memiliki asuransi kesehatan

Bisakah kuliah di Jerman dengan bahasa Inggris? Bisa. Ada banyak Program Gelar Internasional yang diajarkan dalam bahasa Inggris bagi siswa yang penguasaan bahasa Jermannya tidak cukup baik untuk mengikuti perkuliahan sepenuhnya dalam bahasa Jerman.
Sebagian program pascasarjana (master dan doktoral) dirancang dan diajarkan sepenuhnya dalam bahasa Inggris.

Program Gelar Internasional menggunakan bahasa Inggris sebagai mendia pengajaran utama dengan penggunaan bahasa Jerman meningkat secara bertahap.

Bagi pelajar internasional yang mendaftar program studi yang diajarkan sepenuhnya dalam bahasa Inggris, wajib memiliki sertifikat TOEFL atau IELTS. Namun, jika pelamar program pascasarjana sudah memiliki gelar sarjana dengan bahasa pengantar bahasa Inggris, pelamar tidak memerlukan TOEFL atau IELTS.

Baca Juga  Mungkinkah Universitas di Jerman yang Gratis Ada? Ini Daftarnya

Jurusan Kuliah di Jerman

Di Jerman, ada sekitar 400 lembaga pendidikan tinggi yang secara kolektif menawarkan lebih dari 19.000 program bidang studi dengan kualitas yang tidak diragukan lagi di kelas dunia. Calon mahasiwa harus memilih program studi yang cocok dengan minat, bakat, dan kemampuannya.

Anda sebaiknya memikirkan program studi minimal 3 bulan sebelum membuat keputusan akhir. Jangka waktu tersebut cukup untuk Anda mencari tahu semua universitas di Jerman yang menawarkan program studi yang Anda minati.

Mencari universitas dan jurusan kuliah di Jerman, tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena ini menentukan segalanya. Untuk program studi yang populer, catatan akademik siswa di jenjang sebelumnya sangat diperhitungkan.

Program studi yang favorit tentu banyak peminatnya sementara jumlah kursinya terbatas. Hal tersebut membuat pihak universitas melakukan pembatasan nilai. Siswa harus mencapai nilai tertentu dalam indeks nilai atau ujian di jenjang sebelumnya, jika ingin masuk ke program studi terbatas ini.

Biasanya komite penerima siswa akan melihat latar belakang akademik calon mahasiswa secara keseluruhan untuk menentukan calon mahasiswa asing yang akan diterima. Jurusan kuliah di Jerman terbaik yang menjadi favorit para pelamar yaitu:

• Teknik Mesin
• Kedokteran
• Fisika
• Kimia
• Sastra
• Bahasa

Untuk mengetahui peringkat universitas di Jerman dan mengetahui informasi mengenai program studi yang tepat di universitas Jerman, Anda bisa mencari informasinya di CHE University Ranking. Hasil peringkat universitas dan program studi didasarkan pada fakta serta penilaian oleh 150.000 siswa dan 9.000 profesor.

Informasi yang diberikan di CHE University Ranking berupa fakta tentang program studi, pengajaran, peralatan, penelitian, dan juga peringkat. Selain itu, CHE University Ranking juga memberikan informasi mengenai evaluasi reputasi departemen oleh profesor dari mata pelajaran individu. Informasi yang diberikan selalu adil, informatif, dan berkualitas terutama untuk kelompok

Baca Juga  Keunggulan Kuliah di Jerman Serta 7 Cara Kuliah di Jerman
No Comments

Post A Comment