Fakta Budaya Jerman dari Berbagai Aspek

Fakta Budaya Jerman dari Berbagai Aspek

Budaya Jerman – Budaya merupakan suatu hal yang bisa menjadi identitas unik dan khas di suatu daerah. Budaya bisa didefinisikan sebagai kebiasaan dari tradisi, sikap, semua aturan etiket, dan keunikan sekelompok orang di suatu daerah. Mau tahu bagaimana budaya Jerman? Simak informasi mengenai fakta kebudayaan negara Jerman berikut ini.

Fakta Mengenai Budaya Jerman

Negara Jerman berada di pusat Eropa, tidak hanya secara geografis tetapi juga dalam hal ekonomi dan politik. Jerman menjadi salah satu negara dengan ekonomi terbesar di Eropa dan yang ke-5 di dunia. Negara yang menyebut dirinya dengan sebutan Deutchsland ini beribukota di Berlin dengan kota – kota utama lain diantaranya Hamburg, Munich dan Cologne.

Menurut World Factbook, Jerman adalah negara terpadat ke-2 setelah Rusia dengan jumlah penduduk lebih dari 80 juta jiwa. Jerman memiliki keunikan dari segi bahasa dan kebiasaan serta tradisi orang – orang Jerman. Budaya Jerman dipengaruhi dan dibentuk sepanjang sejarah Jerman yang merupakan bagian penting dari Kekaisaran Romawi Suci.

Orang-orang Jerman bangga dengan diri mereka yang sangat terorganisir, baik dalam kehidupan profesional maupun pribadi serta menjaga keseimbangan diantara keduanya. Jerman menempatkan prioritas tinggi pada struktur, privasi, dan ketepatan waktu.

Orang – orang Jerman juga menganut nilai – nilai kerja keras, ketekunan, dan penghematan. Oleh karena itu, orang – orang Jerman mengelola waktu dengan hati – hati dengan menghargai kalender, jadwal, serta agenda menjadi budaya Jerman.

Kebudayaan negara Jerman bisa dilihat dari beberapa aspek diantaranya:

• Bahasa

Bahasa yang digunakan di Jerman dan menjadi bahasa resmi adalah bahasa Jerman. Lebih dari 95% populasi di negara tersebut berbicara menggunakan bahasa Jerman sebagai bahasa utama mereka.

Baca Juga  Universitas yang Menawarkan Kuliah Gratis di Jerman

Bahasa Jerman adalah bahasa ketiga yang paling populer di dunia. Bahasa ini juga menjadi bahasa resmi di beberapa negara lainnya seperti Austria, Luksemburg, Swiss, dan Liechtenstein.

Bahasa lain yang digunakan yaitu bahasa Serbia di Jerman Timur, bahasa Frisia Barat dan Frisia Timur dituturkan di sekitar muara Rhine, dan bahasa Denmark dituturkan di daerah sepanjang perbatasan Denmark.

• Agama

Agama yang dominan di Jerman adalah agama Kristen dengan 65 – 70 % populasi mengakui menganut agama Kristen, diantaranya menganut agama Katolik. Sekitar 4,4% populasi muslim dan sisanya tidak memiliki agama atau beragama selain Kristen dan Muslim.

• Karya seni

Kebudayaan Jerman tidak hanya merujuk pada bagaimana orang berinteraksi dan berpenampilan tetapi juga pencapaian intelektual, artistik, dan kreatifitas. Hal ini bisa dilihat dari kontribusi Jerman untuk musik klasik.

Beberapa komposer Jerman yang terkenal yaitu Wolfgang Amadeus Mozart, Ludwig van Beethoven, Johann Sebastian Bach, Johannes Brahms, Richard Wagner dan Gustav Mahler. Saat ini Jerman menjadi rumah bagi banyak festival musik, mulai dari musik elektronik hingga hip-hop dan rock & roll.

Festival musik terbesar di Jerman yaitu festival Rock am Ring merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Budaya Jerman lain bisa dilihat dari seni grafis yang kuat dengan memotong kayu dan mengukir.

Selain itu, arsitektur yang bisa ditemukan di bangunan – bangunan Jerman seperti katedral, kastil, dan bangunan umum adalah arsitektur Romawi, Gotik, Klasikis, Baroque, Rococo dan Renaissance.

Salah satu contoh kebudayaan Jerman dari seni klasik yang terkenal adalah Gerbang Brandenburg. Gerbang ini merupakan bekas gerbang kota yang melambangkan persatuan Berlin.

• Makanan dan Minuman Jerman

Baca Juga  10 Tempat Wisata di Jerman Paling Populer

Masakan Jerman kaya dengan berbagai jenis makanan tradisional yang lezat, serta vegetarian dan vegan. Wurst merupakan sosis yang identik dengan makanan Jerman, yang terbuat dari daging babi, sapi, atau daging sapi muda dan rasanya berbeda.

Bir adalah minuman beralkohol yang paling populerdi Jerman. Negara ini juga dikenal sebagai tempat kelahiran sejumlah varietas bir, termasuk Pilsner, Weizenbier (bir gandum) dan Alt. Minuman beralkohol favorit lainnya adalah Brandy dan schnapps.

• Liburan dan Perayaan

Jerman merayakan banyak liburan tradisional Kristen, termasuk Natal dan Paskah. Satu-satunya hari libur federal yaitu Hari Unifikasi Jerman pada tanggal 3 Oktober yang menandai penyatuan kembali Jerman Timur dan Barat.

Budaya Jerman yang lain yaitu karnaval dan festival yang dihadiri banyak orang. Adanya kebudayaan Jerman ini menjadi periode yang menyenangkan sepanjang tahun dimana seluruh kota terlibat dalam pesta habis – habisan dan perayaan penuh warna.

Festival bir yang paling terkenal juga terbesar di dunia adalah Oktoberfest. Festival bir Oktoberfest dimulai setiap tahun pada hari Sabtu di bulan September dan berakhir 16 hingga 18 hari kemudian, pada hari Minggu pertama di bulan Oktober.

Kebudayaan negara Jerman ini dimulai sejak tahun 1810. Pada awalnya perayaan ini merupakan acara pernikahan Putra Mahkota Ludwig dari Bavaria dengan Putri Therese von Sachsen-Hildburghausen. Saat ini Oktoberfest menjadi salah satu daya tarik wisata bagi turis mancanegara yang ingin merasakan festival bir terbesar di dunia.

No Comments

Post A Comment