Keunggulan Kuliah di Jerman Serta 7 Cara Kuliah di Jerman

Keunggulan Kuliah di Jerman Serta 7 Cara Kuliah di Jerman

Cara Kuliah di Jerman – Apakah kamu bercita – cita untuk kuliah di luar negeri? Jika kamu memiliki keinginan untuk kuliah di luar negeri, kamu bisa memilih Jerman sebagai negara tujuan untuk kuliah. Selain biaya kuliah yang lebih terjangkau dibandingkan negara lain seperti Amerika Serikat, Kanada, atau Australia, kualitas pendidikan di Jerman juga bagus.

Hal ini bisa dilihat dari banyaknya ilmuwan – ilmuwan hebat yang dihasilkan oleh universitas – universitas di Jerman. Beberapa ilmuwan hebat yang terkenal diantaranya Eisntein, Wilhelm Conrad Röntgen, Georg Haas, Born, dan Max Planck.

Fakta tersebut membuktikan bahwa universitas Jerman memiliki program akademik yang bagus dan profesor – profesor yang hebat. Tidak hanya di bidang STEM (Sains, Teknologi, Engineering, dan Matematika), namun bidang seni dan humaniora universitas Jerman juga terbukti memiliki kualitas yang bagus.

Selain itu, kamu bisa tinggal di Jerman setelah lulus kuliah dari universitas Jerman. Hal itu berlaku untuk semua siswa, terlepas dari mana negara asalnya. Untuk dapat diterima di universitas Jerman, tentunya kamu harus memiliki nilai yang bagus, skor tes yang bagus dalam IELTS atau TOEFL, serta memiliki kemampuan bahasa Jerman. Nah, cara kuliah di Jerman bisa kamu simak berikut ini.

Cara Kuliah di Jerman

1. Cari Informasi

Sebelum kamu menentukan universitas mana yang akan kamu tuju, cara kuliah di Jerman yang pertama yaitu kamu perlu mencari informasi sebanyak – banyaknya mengenai kuliah di Jerman dan universitas – universitas di Jerman.

Beberapa lembaga seperti DAAD, Goethe Institute, dan Virtu Education menyediakan konsultasi gratis yang bisa memberikan informasi mengenai cara kuliah di Jerman, hal – hal seputar kuliah di Jerman, universitas di Jerman, biaya kuliah di Jerman serta hal lain yang berkaitan dengan kuliah di Jerman.

Baca Juga  Apakah Kuliah di Jerman Gratis? Ini yang Harus Kamu Tahu

2. Pilih Universitas yang Diminati

Saat kamu sudah mengetahui berbagai informasi mengenai kuliah di Jerman dan universitas di Jerman, kamu harus memilih program studi dan universitas yang ingin kamu masuki. Jika kamu ingin melanjutkan S1 di Jerman, maka kamu perlu mengikuti Studienkolleg terlebih dulu.

3. Cari Tahu Syarat yang Dibutuhkan dan Lengkapi Syaratnya

Tiap program studi dari masing – masing universitas biasanya bisa berbeda – beda. Nah, kamu tentu harus mengetahui syarat yang dibutuhkan pada program studi yang ingin kamu daftar, lalu lengkapi persyaratannya. Beberapa dokumen yang dibutuhkan diantaranya ijazah, SKHUN, akte kelahiran, sertifikat bahasa Jerman, dan lainnya.

4. Terjemahkan Dokumen ke dalam Bahasa Jerman

Dokumen yang diminta universitas perlu kamu terjemahkan ke dalam bahasa Jerman. Kamu bisa menggunakan jasa penerjemah tersumpah.

5. Buat CV dan Motivation Letter

CV dan motivation letter diperlukan untuk mendaftar kuliah di Jerman. Kamu bisa membuat CV dan motivation letter dalam bahasa Inggris atau Jerman tetapi lebih disarankan menggunakan bahasa Jerman.

6. Mendaftar Universitas atau Studienkolleg

Setelah membuat CV dan motivation letter, cara kuliah di Jerman selanjutnya yaitu mendaftar universitas atau studienkolleg. Formulir universitas atau studienkolleg bisa kamu dapatkan secara online dan mengirim dokumen aplikasi melalui Uni – Assist atau international office.

7. Mendapatkan Zulassung

Jika kamu telah diterima oleh universitas di Jerman, kamu akan menerima Zulassung atau surat undangan yang berisi konfirmasi mengenai kegiatan perkuliahan yang akan kamu ikuti di universitas tersebut.

Zulassung ini menjadi dokumen yang dibutuhkan untuk membuat visa studi ke Jerman. Selanjutnya kamu harus mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk membuat visa.

Baca Juga  Universitas Terbaik di Jerman 2019
No Comments

Post A Comment