Mau Kerja di Kemenag? Inilah formasi dan Syarat CPNS Kemenag

cpns kemenag

Mau Kerja di Kemenag? Inilah formasi dan Syarat CPNS Kemenag

CPNS Kemenag – Indonesia termasuk negara yang dikagumi dalam hal kehidupan beragama. Secara umum, berbagai pemeluk agama bisa hidup rukun, damai, dan saling menghormati.

Kalaupun ada sebagian kelompok ekstrem atau suka mengungkapkan kebencian pada agama lain, jumlahnya sangat sedikit dibanding yang mengedepankan toleransi.

Masih sangat banyak orang atau kelompok yang saling menghormati antar umat beragama. Dan ini sesuai dengan semboyan bangsa Indonesia yang tertulis di lambang negara: Bhinneka Tunggal Ika atau berbeda-beda tetap satu jua.

Tidak ada negara di dunia yang mampu hidup rukun dalam perbedaan seperti Indonesia. Selain karena budaya orang Indonesia yang menghormati perbedaan, kerukunan yang terwujud ini tidak lepas dari jasa kementerian agama.

Kementerian yang sudah terbentuk beberapa bulan setelah Proklamasi ini memang bertugas menjamin dan memelihara kehidupan beragama serta pemeluk-pemeluknya. Artinya, agama yang diakui akan mendapat perlindungan dari Kemenag.

Formasi yang dibutuhkan CPNS Kemenag

cpns kemenag

Nah bagi kamu yang ingin ikut serta dalam usaha menciptakan kedamaian, tidak ada salahnya bergabung di Kemenag sebagai pegawai PNS.

Terlebih Kemenag termasuk instansi yang rutin membuka lowongan CPNS tiap tahun. Lalu kenapa Kemenag sangat butuh PNS baru?

Selain karena pegawai yang pensiun tiap tahun, ada banyak instansi, kanwil, sekolah, perguruan tinggi yang berada di bawah Kemenag.

Untuk Perguruan Tinggi saja ada banyak macamnya, diantaranya Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN), Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN), Sekolah Tinggi Agama Katolik Negeri (STAKatN), dan masih banyak lagi.

Selain sekolah milik Kemenag tadi, ada banyak sekolah swasta yang mempelajari agama dan butuh pengawasan Kemenag.

Belum lagi Kanwil Kemenag yang tersebar di seluruh Provinsi di Indonesia. Intinya, agama menjadi bagian tak terpisahkan dari rakyat Indonesia. Jadi wajar saja kalau Kemenag diperlukan di semua wilayah NKRI.

Nah bagi pemburu CPNS, banyaknya lowongan di Kemenag jelas menjadi berita baik. Berikut ini beberapa formasi CPNS Kemenag yang bisa dilamar:

-Guru Agama
-Guru bahasa (Indonesia, Arab, Inggris, Jepang, Jerman)
-Guru ilmu umum (IPA, IPS, Fisika, Matematika, Biologi, Ekonomi, Sejarah, Sosiologi, dll)
-Dosen
-Penghulu
-Analis (anggaran, kebijakan, kepegawaian, keuangan, dll)
-Auditor
-Penyuluh Agama
-Pelaksana

Pada penerimaan CPNS tahun 2019 saja, Kemenag membuka sebanyak 5.815 CPNS yang ditempatkan di pusat dan kantor-kantor daerah.

Baca Juga  Cara Latihan CAT CPNS Online di Internet

Syarat CPNS Kemenag

Untuk mendaftar CPNS di Kemenag, ada beberapa syarat umum yang wajib dipenuhi semua pelamar. Diantaranya:

-Usia minimal 18 sampai maksimal 35 tahun, terhitung saat mendaftar online
-Tidak pernah menjalani hukuman penjara berdasar putusan pengadilan yang mempunyai hukum tetap selama 2 tahun atau lebih
-Tidak pernag diberhentikan secara hormat maupun tidak hormat dari CPNS, PNS, TNI, POLRI. Serta tidak pernah diberhentikan tidak hormat dari instansi swasta
-Tidak sedang berkedudukan sebagai CPNS, PNS, anggota TNI atau Polri
-Tidak menjadi pengurus atau anggota partai politik
-Memiliki kualifikasi pendidikan sebagaimana persyaratan posisi yang dilamar
-Sehat jasmani rohani sesuai persyaratan posisi yang dilamar
-Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI

Sedangkan pendaftaran sendiri dilakukan online melalui sscn.bkn.go.id. Setelah mengisi biodata dan mengunggah file, kamu akan mendapat akun di situs SSCN. Beberapa dokumen yang diminta untuk diunggah diantaranya:

-Scan KTP
-Pas foto
-Surat lamaran ditujukan pada Menteri Agama
-Scan ijazah dan transkrip nilai asli
-Scan akreditasi BAN-PT
-Dokumen pendukung yang diminta sebagai syarat seleksi CPNS Kemenag

Nah itu tadi beberapa persyaratan umum ikut tes CPNS. Tidak susah kan? Satu-satunya syarat spesifik hanyalah kualifikasi pendidikan.

Misalnya saja untuk guru atau penyuluh agama, sudah pasti membutuhkan kualifikasi pendidikan yang pas. Jadi asalkan background studi kamu sesuai dengan lowongan, besar kemungkinan lulus seleksi administrasi dan maju ke tes SKD.

Dan seperti formasi CPNS di instansi lain, Kemenag juga membuka dua jenis formasi lho, yaitu umum dan khusus. Formasi umum tidak memiliki syarat khusus, sehingga biasanya jumlah pelamar sangat banyak.

Nah kalau kamu ingin memperbesar peluang, kamu bisa mendaftar via formasi khusus. Pelamar untuk formasi khusus tidak banyak, tapi kamu harus memenuhi beberapa persyaratan, misalnya lulus cumlaude, atlet berprestasi, penyandang disabilitas, diaspora, serta putra putri Papua.

Bagi yang sudah memasukkan berkas secara online, tunggu saja pengumuman dari panitia yang disampaikan lewat masing-masing akun SSCN.

Kalau ternyata kualifikasi memenuhi persyaratan, di akun kamu akan muncul tulisan “Selamat anda lulus tahap administrasi berkas”.

Tapi kalau gagal di seleksi berkas, akan muncul “Maaf, anda tidak lulus tahap administrasi” beserta alasannya. Nah agar tidak bermasalah di seleksi berkas, pastikan formasi yang dilamar sesuai dengan kualifikasi pendidikan kamu.

Tapi bagi kamu yang merasa tidak bermasalah dengan dokumen tapi dinyatakan gak lulus, masih ada peluang. Kamu diberi kesempatan melakukan sanggahan serta menuliskan alasannya di akun SSCN.

Dan kalau ternyata kamu memang memenuhi persyaratan, panitia akan mengubah keputusan dan kamu berhak ikut SKD.

Nah SKD atau Seleksi Kompetensi Dasar inilah tahapan paling menentukan dalam seleksi CPNS Kemenag. Karena di sini akan diuji wawasan kamu tentang negara Indonesia, kemampuan berpikir, cara bersikap, kepribadian, dll.

Pada SKD ada 3 jenis tes yang total berjumlah 100 soal. Dan kamu hanya diberi waktu 90 menit untuk menyelesaikannya.

cpns kemenag

Yang unik, setiap tes menerapkan sistem ambang batas atau passing grade. Bagi yang hasil tesnya dibawah ambang batas, dipastikan tidak bisa lanjut ke tahap selanjutnya alias gugur.

  • TWK (Tes Wawasan Kebangsaan)

Banyak yang bilang kalau TWK menjadi yang paling mudah dibanding tes lainnya. Untuk yang hobi baca, sudah pasti TWK menjadi favorit.

Karena kunci sukses TWK adalah sering membaca materi TWK dan latihan soal. Kalaupun ragu dengan jawabannya, kamu bisa pilih yang kira-kira mendekati benar.

Nah kalau kamu serius dengan tes CPNS, usahakan dari sekarang banyak baca materi tentang Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, nasionalisme, Integritas, bela negara, dan pengetahuan tentang bangsa Indonesia.

  • TIU (Tes Intelegensi Umum)

Kalau ada pertanyaan soal CPNS yang paling menguras pikiran. Mayoritas pasti menjawab soal TIU. Karena tes yang satu ini menuntut analisa, hitungan, jeli, dan teliti.

Tes ini sendiri terdiri dari aritmatika atau berhitung, logika, analogi, silogisme, dan soal-soal analitis lainnya. Dan karena waktu terbatas, usahakan jangan asyik mengerjakan satu soal sulit. Prioritaskan soal yang kamu anggap mudah.

  • TKP (Tes Karakteristik Pribadi)

Banyak yang menganggap enteng soal TKP. Mungkin karena soal-soalnya hanya seputar kepribadian dan tidak butuh hitungan. Tapi sebenarnya soal TKP tidak semudah yang kamu bayangkan. TKP biasanya berisi pertanyaan panjang dengan jawaban yang mirip-mirip dan menjebak.

Tes ini mirip dengan tes psikologi. Selain urusan kepribadian, di sini akan diuji kemampuan leaderships, adaptasi, kerjasama tim, semangat melayani, mengembangkan diri, dll.

Nah itu tadi informasi seputar tes CPNS Kemenag. Kalau kamu merasa mampu dan memiliki kualifikasi yang dibutuhkan, silakan saja daftar CPNS Kemenag.

Semoga bermanfaat, terutama yang ingin mendaftar CPNS tahun ini. Sukses selalu ya!

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.