Apa Itu FSJ Jerman dan Syarat – Syarat Mengikuti FSJ di Jerman

Apa Itu FSJ Jerman dan Syarat – Syarat Mengikuti FSJ di Jerman

FSJ Jerman – Apakah kamu memiliki keinginan untuk merasakan tinggal di Jerman? Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk dapat pergi ke Jerman. Selain dengan kuliah atau kerja di Jerman, kamu bisa pergi ke Jerman dengan Aupair, Ausbildung, atau FSJ Jerman.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang apa itu FSJ Jerman dan syarat – syarat mengikuti program FSJ di Jerman. Simak informasi lengkap mengenai FSJ Jerman berikut ini.

Apa Itu FSJ Jerman?

FSJ adalah singkatan dari Freiwlliges Soziales Jahr, dalam bahasa Indonesia bisa diartikan kerja sosial. FSJ merupakan pekerjaan menjadi sukarelawan yang bekerja di sektor sosial di Jerman.

Program FSJ Jerman ini bukan hanya bisa diikukti oleh pemuda Jerman saja, tetapi juga bisa diikuti oleh para pemuda atau pemudi di luar negara Jerman, termasuk pemuda atau pemudi dari Indonesia. Jika kamu ingin merasakan bagaimana suasana dan budaya kerja di Jerman, kamu bisa mengikuti program FSJ di Jerman.

FSJ Jerman biasanya berlangsung selama 1 tahun. Secara umum, ada banyak bidang yang tersedia untuk program FSJ Jerman. Namun, kebanyakan program FSJ Jerman yang tersedia untuk para pemuda di luar Jerman adalah di bidang panti jompo dan di tempat anak – anak penyandang disabilitas.

Area kerja FSJ di Jerman bisa meliputi di taman kanak-kanak, di rumah sakit atau pusat perawatan lansia. Uang saku yang didapatkan saat mengikuti program FSJ di Jerman sekitar 300 – 500 Euro. Aturan dan peraturan penempatan, termasuk lokasi, jam kerja, dan remunerasi atau uang saku bisa berbeda – beda. Hal tersebut diatur oleh perusahaan (Trager) tempat kamu melakukan FSJ di Jerman.

Baca Juga  Luas Wilayah Jerman, Perbatasan dan Letak Geografisnya

Untuk para pemuda di luar negara Jerman yang tertarik mengikuti program ini, harus memiliki visa. Visa yang diperlukan untuk FSJ di Jerman masuk ke dalam kategori visa pekerja yang masa berlakunya 1 tahun.

Peserta FSJ Jerman yang berasal dari luar Jerman, harus menanggung biaya sendiri untuk membayar pembuatan visa dan tiket pesawat untuk berangkat ke Jerman.

Program ini memberikan status hukum bagi para pesertanya yang sebanding dengan mereka yang melakukan Ausbildung Jerman atau magang di Jerman. Program ini bisa menjadi batu loncatan kamu untuk bekerja di Jerman.
Umumnya syarat untuk bekerja di Jerman adalah memiliki pengalaman Ausbildung sebelum menjadi karyawan tetap di Jerman. Sementara untuk mengikuti Ausbildung atau magang di Jerman, kamu harus memiliki pengalaman 1 tahun di bidang yang di ingin kamu ikuti untuk Ausbildung.

Nah, dengan program FSJ Jerman ini kamu bisa mendapatkan pengalaman selama 1 tahun yang dapat mendukung kamu mengikuti Ausbildung di Jerman.

Ini Syarat – Syarat Mengikuti Program FSJ di Jerman

Secara umum syarat untuk mengikuti program FSJ Jerman diantaranya berusia 18 – 27 tahun, single atau belum menikah, memiliki sertifikat bahasa Jerman minimal level A1 tetapi disarankan kamu memiliki sertifikat level B1, dan memiliki pengalaman menjadi sukarelawan di bidang sosial minimal 3 bulan.

Selanjutnya syarat tambahan yang harus dipenuhi yaitu :

• Kamu harus memiliki paspor yang berlaku
• Menulis motivation letter dalam bahasa Jerman,
• Melengkapi dokumen yang dibutuhkan seperti ijazah terakhir dan CV yang diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman
• Mengisi aplikasi Trager
• Memiliki surat keterangan magang yang diterjemahkan dalam bahasa Inggris
• Melampirkan foto – foto dokumentasi saat magang sebelumnya.

Baca Juga  10 Tempat Wisata di Jerman Paling Populer
No Comments

Post A Comment