Ingin Menjadi Guru Bahasa Jerman? Ini Langkah-Langkahnya

guru bahasa jerman

Ingin Menjadi Guru Bahasa Jerman? Ini Langkah-Langkahnya

Guru Bahasa Jerman – Artikel ini akan membahas dua hal dalam satu pembahasan yang intensif. Hal pertama yang akan dibahas adalah langkah-langkah menjadi seoran guru bahasa jerman di Indonesia. Profesi ini masih menempati posisi favorit beberapa mahasiswa jurusan ilmu kependidikan.

Sementara hal kedua yang akan dibahas di dalam artikel ini adalah cara dan strategi memilih guru sebagai mentor dan tutor bagi anda yang ingin memperdalam kemampuan bahasa jerman, terlebih bagi anda yang ingin melanjutkan kuliah di jerman (atau negara negara berbahasa jerman lainnya) bisa membaca tips ini lebih mendalam.

Baca Juga  36 Program Beasiswa Luar Negeri Jerman DAAD untuk Indonesia

Apa itu profesi guru bahasa jerman?

Di Indonesia profesi tidak hanya sebatas guru yang mengajar di sekolah-sekolah formal saja, tetapi juga meluas kepada profesi tutor bahasa jerman di lembaga kursus kursus besar maupun lembaga kursus privat bahasa jerman.

Selain itu profesi guru bahasa juga disematkan bagi mereka yang bekerja sebagai konsultan pendidikan yang mendampingi calon mahasiswa yang ingin bekerja, berkuliah atau magang di jerman. Jadi mereka yang bekerja di lembaga pendidikan jerman pun bisa kita sebut sebagai guru bahasa jerman karena mayoritas mereka mengerti bahasa jerman.

Profesi ini secara formal sendiri adalah guru yang mengajar mata pelajaran bahasa jerman di sekolah-sekolah negeri atau swasta, beberapa mengajar ekstrakurikuler bahasa jerman. Sementara secara non-formal profesi guru adalah pengajar, tutor dan juga mentor kursus bahasa jerman atau agensi pendidikan ke jerman.

guru bahasa jerman

Menjadi Guru Bahasa Jerman Harus Kuliah Dimana?

Nah, jika anda ingin menjadi guru bahasa jerman ada beberapa langkah-langkah yang perlu diperhatika. Terutama harus kuliah dimana agar bisa menjadi guru  yang memiliki sertifikasi untuk mengajar kelas bahasa jerman. Berikut penjelasanya:

1. Jika anda ingin menjadi guru yang bisa mengajar di sekolah negeri, sekolah swasta atau pengajar ekstrakurikuler, maka berkuliah di jurusan pendidikan bahasa dan sastra jerman adalah langkah utamanya.

2. Sementara jika anda ingin menjadi tutor, mentor atau mengajar bahasa jerman di tempat kursus berkuliah di jurusan sastra jerman adalah langkah awal.

Lalu apa sebenarnya perbedaan berkuliah di pendidikan bahasa jerman dan lulusan sastra jerman ketika menjadi guru bahasa? Sebenarnya secara teknis, lulusan pendidikan bahasa jerman diproyeksikan untuk mengajar di satuan pendidikan formal. Sementara seorang sarjana lulusan sastra jerman bisa berkontribusi di manapun dan bisa menjadi guru bahasa jerman yang tidak terbatas hanya di satuan pendidikan formal saja.

Akan tetapi profesi ini juga tidak harus berkuliah di dua jurusan tersebut, anda yang berkuliah di jurusan lan dan mahir bahasa jerman juga bisa menjadi guru. Bahkan beberapa tutor kursus bahasa jerman bahkan tidak berkuliah, mereka mahir bahasa jerman karena pernah mengikuti kursus bahasa jerman bertahun-tahun atau pernah bekerja di jerman.

Baca Juga  Gambaran Biaya Hidup dan Biaya Kuliah di Jerman dalam Rupiah

Bagaimana Menjadi Guru Bahasa Jerman yang disukai murid-murid?

Jika langkah anda tinggal selangkah lagi, misalnya sebentar lagi lulus dari jurusan pendidikan bahasa jerman atau lulus dari jurusan sastra jerman, maka jadilah guru yang disukai murid-murid anda. Berikut tips menjadi guru bahasa yang disukai murid-murid anda:

1. Mengajar bahasa jerman secara menyenangkan. Yang menarik dalam cara mengajarnya biasanya akan disukai murid-muridnya. Bahasa jerman menjadi tidak semenakutkan yang diperkirakan sebelumnya.

2. Gunakan modul-modul pembelajaran yang kreatif, misalnya menggunakan pembelajaran quantum learning, menggunakan audiovisual atau menggunakan pembelajaran daring berbasis teknologi informasi.

3. Ikutlah kursus kursus online dari jerman mengenai cara belajar bahasa jerman yang menyenangkan. Seorang guru bahasa jerman yang baik akan terus menerus belajar agar ketika mengajar menjadi lebih menyenangkan. Anda bisa menerapkan ilmu kursus online tersebut ke dalam kelas belajar anda.

Kisah Sukses Seorang Guru Bahasa Jerman

guru bahasa jerman

Kisah sukses seorang guru bahasa jerman di Jambi ini bisa menjadi inspirasi bagi anda. Bahwa menjadi seorang guru bahasa jerman membutuhkan tekad yang kuat, disiplin dan juga kerja keras agar mencapai hasil yang memuaskan.

Di lansir dari berita Jambi Independent, dua orang guru bahasa jerman lulusan pendidikan bahasa jerman di universitas pendidikan Indonesia dan satunya dari sastra jerman universitas indonesia ini memilih mengabdi mengajar di sebuah sekolah SMA dan kampus di Jambi. Tetapi bukan lantas nyaman mengajar membuat mereka santai-santai saja tanpa memiliki prestasi. Berikut detailnya:

Profil pertama guru bahasa jerman berprestasi adalah Murni Pesta yang merupakan lulusan jurusan sastra jerman universitas Indonesia depok, kemudian melanjutkan studi master di Universitas Martin Luther Jerman. Setelah selesai studi kemudian kembali ke Indonesia menjadi pengajar di Goethe Institute, mengajar di sekolah tinggi di Jambi dan menjadi guru bahasa jerman privat.

Sementara profil kedua adalah Samia Elviria yang merupakan lulusan pendidikan bahasa jerman universitas pendidikan Indonesia. Mengabdi sebagai guru di sebuah SMA di jambi dan memiliki prestasi sebagai pemenang olimpiade bahasa jerman dari tingkat regioal hingga asia pasifik. Samia juga kerap diundang Goethe Institute untuk mengikuti pembelajaran bahasa jerman.

Kedua, ini bisa menjadi contoh bahwa memilih profesi sebagai guru bahasa jerman dapat tetap terus berprestasi dan bahkan bisa melanjutkan kuliah ke negara jerman dengan mudah. Anda tertarik?

Baca Juga  Tips dan Trik Mempersiapkan Liburan ke Jerman

Memilih Guru Bahasa Jerman Berkualitas

Pada pembahasan ini dikhususkan bagi anda yang ingin memilih kursus bahasa jerman dan juga guru yang berkualitas. Satu hal yang mesti diperhatikan bahwa mencapai target skor bahasa jerman yang bagus tidak hanya tergantung dengan kualitas siapa guru bahasa jermannya.

Melainkan juga dipengaruhi faktor-faktor lain semisal kedisiplinan, kerja keras dan bahkan seberapa tangguh anda untuk menakhlukkan soal-soal bahasa jerman agar mencapai skor yang anda inginkan.

Berikut beberapa cara dan strategi dalam memilih guru dan juga lembaga kursus bahasa jerman yang sesuai untuk anda:

1. Pilihlah guru bahasa jerman yang sabar dengan proses. Bagi anda yang pemula, proses itu jauh lebih penting ketimbang skor hasil akhir. Karena dengan memahami prosesnya, maka materi materi bahasa jerman akan mudah anda ingat. Daripada mendapat skor tinggi tapi ternyata kemampuan berbicara anda dengan native jerman ternyata payah.

2. Jangan tergiur dengan tawaran tarif murah, begitu juga sebaliknya bahwa tarif tinggi akan menjamin kualitas bahasa jerman anda bagus. Perhatikan testimoni atau pengalaman klien sebelumnya akan sangat membantu pengambilan keputusan anda.

3. Tidak selamanya memilih kursus murah dari seorang guru bahasa jerman mengindikasikan kualitasnya buruk, justru beberapa guru bahasa jerman memberikan tarif murah karena ingin berkontribusi kepada lingkungannya dengan lebih maksimal.

4. Begitu juga tarif mahal dari seorang guru bahasa jerman juga bisa dilihat lebih mendalam, karena mungkin saja tarif mahal karena mendatangkan native speaker dari jerman, atau karena pengalamannya tinggal di jerman bertahun-tahun lamanya.

5. Selanjutnya adalah perhatikan potensi kecerdasan anda, jika anda ternyata memiliki potensi kecerdasan di bidang audio visual, maka carilah guru bahasa jerman yang mengajar dengan cara cara kreatif. Artinya tidak monoton hanya mengajar di kelas yang membosankan.

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.