10 Fakta Unik Ibu Kota Norwegia, Oslo

10 Fakta Unik Ibu Kota Norwegia, Oslo

Ibu Kota Norwegia – Oslo merupakan ibu kota sekaligus kota terpadat di Norwegia. Tapi untuk level Eropa, Oslo sebenarnya termasuk salah satu ibu kota yang memiliki luas daerah terkecil. Tapi kota ini dianugerahi kekayaan alam yang luar biasa indah.

Oslo menjadi tempat yang tepat untuk menikmati gunung, hutan, danau, tebing, maupun fjord yang mengelilingi seluruh kota. Selain dipenuhi keajaiban alam, Oslo juga menjadi pusat bisnis, ekonomi, industri, dan juga pusat maritim Eropa. Untuk mengenal ibu kota Norwegia lebih dekat, ini dia 10 fakta menarik tentang Oslo.

1.Pemandangan alam luar biasa indah

Kota Oslo yang dikelilingi hutan dan pegunungan hijau ini sering dianggap sebagai salah satu kota paling cantik sedunia. Udara yang bersih dan begitu jarangnya gedung pencakar langit menambah keasrian kota. Di sepanjang jalanan Oslo kalian akan menemui pedesaan ala Eropa yang sangat indah.

Oslo juga memiliki danau yang bisa ditemui dengan sangat mudah. Karena ada 343 danau yang menjadi sumber air minum warga.

2.Matahari bersinar sehari semalam

Sebagai kota yang terletak di belahan bumi utara, Oslo mengalami siang dan malam yang unik. Saat musim panas matahari bisa tidak tenggelam selama lebih dari 18 jam. Dan fenomena midnight Sun atau matahari di tengah malam ini tidak hanya terjadi dalam 1 atau 2 hari saja, tapi bisa berbulan-bulan.

Karena malam hari tidak benar-benar gelap, banyak anak-anak yang bermain di luar ruangan hingga dinihari. Wah, lalu bagaimana kalau sedang puasa ya?

3.Museum

Kota Oslo memiliki beberapa museum terkenal. Untuk mengenal sejarah perkapalan, kalian bisa berkunjung ke Museum Kapal Viking, Museum Kon-Tiki dan Museum Kapal Kutub Fram. Di tempat tersebut kalian bisa melihat teknologi kapal kayu di masa lalu.

Baca Juga  Step by Step Belajar Bahasa Norwegia Dari Dasar

Lain lagi bagi yang suka Sains, Teknologi, Industri, atau dunia Medis, kalian bisa berkunjung ke Museum Sains dan Teknologi. Sambil jalan-jalan, kalian akan mendapat banyak pengetahuan baru. Beberapa museum menarik lainnya diantaranya National Museum of Art, Architecture and Design, Holmenkollen Ski Museum, National Theatre, dll.

4.Nobel perdamaian

Balai kota Oslo setiap tanggal 10 Desember menjadi tuan rumah pengumuman pemenang Nobel Perdamaian. Pemenang nobel ini ditentukan oleh Komite Nobel Norwegia yang dipilih oleh Parlemen Norwegia.

Walau terkadang pemilihan pemenangnya dianggap kontroversial, penghargaan ini tetap eksis sejak tahun 1901 dan diberikan pada orang yang dianggap berjasa dalam mengkampanyekan perdamaian antar bangsa.

5.Biaya hidup termahal

Walau menawarkan kenyamanan, banyak yang bilang kalau Oslo adalah salah satu kota termahal di dunia. Bagi yang hendak menginap di kota Oslo, biaya sewa hostel per malamnya minimal ada di kisaran Rp 1,2 Juta. Satu botol air mineral dibanderol sekitar 22 nok atau Rp 33.000, sedangkan harga satu burger sekitar 50 Nok atau Rp 76.000.

Karena saking mahalnya makan di luar, kebanyakan warga Oslo lebih suka memasak sendiri. Makan di restoran hanya dilakukan saat ulang tahun, bertemu orang spesial, atau perayaan hari besar lainnya.

6.Ski Jumping

Ski Jumping sudah menjadi budaya bagi warga Oslo. Makanya kalian belum dianggap datang ke Oslo kalau belum mencoba Ski Jumping di Holmenkollen. Tempat ini menjadi lokasi paling terkenal di musim dingin. Bahkan kompetisi ski dunia tiap tahun diadakan di Holmenkollen

7.Jalan kaki

Ibu kota Norwegia ini merupakan salah satu tempat terbaik dan dianggap surga bagi pejalan kaki. Pemerintah kota memang ingin menyingkirkan mobil dari perkotaan dan memberikan kenyamanan pada pejalan kaki. Bahkan Oslo telah menutup akses mobil di sejumlah jalan utamanya dan menghilangkan sebagian besar tempat parkir.

Baca Juga  8 Kota Wisata di Norwegia

8.Kota paling sehat

Kota Oslo ditetapkan sebagai kota tersehat ke-4 di dunia pada tahun 2019 ini. Karena tata kota yang sangat memperhatikan lingkungan, Oslo memiliki tingkat polusi yang sangat rendah. Selain itu, Oslo memiliki tingkat harapan hidup hingga usia 82 tahun.

9.Budaya Friluftsliv

Oslo dan kota di Norway lainnya memang dikenal sangat perhatian dengan lingkungan. Budaya go green dan kecintaan pada alam seolah sudah melekat dalam kehidupan mereka secara turun menurun. Salah satu kebiasaan mereka adalah Friluftsliv, yaitu beraktivitas outdoor di tempat terpecil.

Mereka percaya ativitas di luar rumah tersebut bagus untuk kesehatan jasmani dan rohani yang pada akhirnya mendatangkan kebahagiaan.

10.Ibu kota terhijau

Oslo merupakan kota dimana taman hijau ada dimana-mana. Hanya dengan berjalan kaki, kalian bisa menemukan taman hjau dalam waktu singkat. Karena keasrian kotanya ini, Oslo telah ditetapkan sebagai Ibukota Hijau Eropa tahun 2019. Oslo dianggap sebagai model kota yang berhasil memadukan modernisasi dan kelestarian alam.

Nah itu tadi 10 fakta menarik mengenai ibu kota Norwegia. Oslo memang memiliki landmark kota yang unik dan menawarkan banyak kenyamanan. So, tertarik berkunjung ke Oslo?

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.