Profil Negara Jerman dan Berbagai Aspek Khas Ibukota Jerman

Profil Negara Jerman dan Berbagai Aspek Khas Ibukota Jerman

Ibukota Jerman – Jerman merupakan negara yang terletak di Eropa Tengah, yang menjadi salah satu negara dengan ekonomi terbesar di Eropa. Negara Jerman juga merupakan negara terpadat penduduknya kedua setelah Rusia. Ingin tahu tentang profil negara Jerman dan ibukota Jerman? Simak informasinya berikut ini.

Profil Negara Jerman

Republik Federal Jerman (Bundesrepublik Deutschland) adalah rumah bagi 82 juta penduduk, dengan 7 juta diantaranya berasal dari negara lain. Jerman merupakan negara yang berbentuk federasi di Eropa Barat dengan bentuk pemerintahan demokrasi parlementer.

Kepala Negara Jerman saat ini adalah Presiden Frank-Walter Steinmeier yang menjabat sebagai Presiden Federal sejak Maret 2017. Sedangkan Kanselir negara Jerman adalah Angela Merkel yang menjadi kepala pemerintahan sejak tahun 2005.

Perbedaan penting dibuat di Jerman antara ‘Bund’ (Federasi Jerman) dan ‘Länder’ (Bundesländer- Negara-Negara Federal). Perbedaan – perbedaan ini dapat dilihat, misalnya pada hari libur umum yang bervariasi dari satu negara dan negara lainnya, tergantung pada denominasi agama yang menonjol.

Satu-satunya hari libur umum yang ditentukan pusat adalah hari libur nasional pada 3 Oktober, yang merupakan Hari Persatuan Jerman yang memperingati reunifikasi Jerman pada tahun 1990. Secara umum topik – topik tertentu, seperti budaya dan pendidikan adalah tanggung jawab Negara Federal, itu sebabnya tidak diatur secara terpusat untuk seluruh negara.

Luas wilayah negara Jerman 357.021 kilometer persegi. Negara yang terdiri dari 16 negara bagian ini menjadikan Berlin sebagai ibu kota Jerman. Selain menjadi ibukota Jerman, Belin juga menjadi pusat pemerintahan Federal negara Jerman.

Sementara beberapa Kementrian Negara terletak di kota Bonn, kota ini pernah menjadi ibukota Jerman pada tahun 1990. Lima kota terpadat di Jerman adalah Berlin, Hamburg, Munich, Cologne, dan Frankfurt am Main.

Baca Juga  Universitas yang Menawarkan Kuliah Gratis di Jerman

Berbagai Aspek Khas Ibu Kota Jerman

Sebagai kota terbesar di Jerman, Berlin adalah ibu kota Jerman dan pusat pemerintahan Jerman. Berlin memiliki sejarah yang panjang dimana Jerman pernah terpecah menjadi Jerman Barat dan Jerman Timur selama 28 tahun dengan Tembok Berlin sebagai pembatas kedua wilayah tersebut. Tembok Berlin runtuh pada tahun 1989.

Saat ini kota Berlin bukan hanya menjadi kota yang bersejarah, namun juga mengalami pertumbuhan bisnis dan akademik. Bebagai aspek khas ibu kota Jerman ini diantaranya:

• Berlin sebagai kota universitas terbesar di Jerman

Ada sekitar 18 institusi pendidikan tinggi yang berada di kota Berlin. Charite di dalam Universitas Humboldt adalah fakultas medis terbesar di Eropa.

Dengan empat universitas, empat sekolah seni dan sepuluh perguruan tinggi teknis, dan sekitar 134.000 siswa, Berlin adalah kota universitas terbesar di Jerman.

Beberapa perguruan tinggi seni dan musik menyediakan platform untuk bidang studi seperti desain, seni visual dan pertunjukan, musik dan drama.

• Berlin sebagai rumah bagi lembaga – lembaga penelitian

Di kota Berlin ada sekitar 130 fasilitas penelitian non-universitas seperti Max Planck Institute, termasuk institutnya untuk pengembangan manusia dan biologi infeksi, dan institut Fraunhofer untuk telekomunikasi dan untuk peranti lunak dan rekayasa sistem.

• Berlin sebagai stasiun pusat untuk lalu lintas kereta api di ibukota Jerman

Stasiun Pusat Berlin (Berlin Hauptbahnhof) adalah hub pusat untuk semua lalu lintas kereta api di ibukota. Berlin telah menjadi pusat rel yang terbesar di Eropa.

• Berlin sebagai kota wisata

Sebagai kota wisata, Berlin memiliki banyak obyek wisata seperti Bradenburg Gate, Menara TV Berlin, Katedral Berlin, Katedral Santo Hedwig, Rotes Rathaus, Tembok Berlin, Museum Pergamon, Alte Nationalgalerie, dan masih banyak lagi obyek wisata lain di ibukota Jerman ini.

Baca Juga  Cara Memilih Lembaga Kursus Bahasa Jerman di Tangerang

• Berlin sebagai kota kuliner

Berbicara tentang masakan tradisional Jerman, orang-orang Jerman, khususnya warga Berlin sangat menyukai currywurst.

Currywurst adalah sosis bakar yang terbuat dari daging babi, dengan kombinasi saus tomat, saus Worcestershire, dan bubuk kari yang menambah rasa. Dari aspek kuliner, di Berlin ada banyak restoran berbintang dan juga ada kedai makanan di setiap sudut.

Makanan lokal di Berlin, mulai dari makanan cepat saji hingga hidangan utama yang lebih berat dipengaruhi oleh sejarah Jerman dan Austria. Saat ini di Berlin hidangan Turki menjadi sangat populer dan inklusif dalam daftar favorit lokal.

No Comments

Post A Comment