Fakta Menarik Tentang Kebudayaan Negara Perancis

Fakta Menarik Tentang Kebudayaan Negara Perancis

Kebudayaan Negara Perancis – Perancis merupakan negara yang berada di Eropa Barat yang berbatasan dengan Belgia, Jerman, Italia, Luksemburg, Spanyol, Monako, dan Swiss. Negara yang beribukota di Paris ini menjadi negara populer yang banyak dikunjungi wisatawan tiap tahunnya.

Kebudayaan negara Perancis sangat terkenal di dunia dan kota Paris telah menjadi salah satu pusat kebudayaan dunia sejak ratusan tahun yang lalu. Simak fakta – fakta menarik tentang kebudayaan negara Perancis termasuk seni dan budaya, gaya hidup orang – orang Perancis, dan masakan Perancis berikut ini.

Fakta Menarik Tentang Kebudayaan Negara Perancis

1. Kebiasaan – Kebiasaan Orang Perancis

Secara umum orang Perancis terkenal dingin dan arogan. Orang Perancis cenderung menganggap bahwa sikap ramah dan terbuka sebagai hal yang kurang menyenangkan. Beberapa kebiasaan yang dilakukan orang Perancis diantaranya:

• Ketika saling menyapa, orang Perancis biasanya berjabat tangan atau cipika cipiki
Orang Perancis adalah orang yang sangat formal. Jabat tangan adalah bentuk salam yang umum di negara Perancis.

Ketika mereka saling menyapa, mereka berjabat tangan atau mencium pipi dua kali, yaitu ciuman pertama di pipi kiri dan ciuman kedua di pipi kanan. Kebiasaan tersebut menjadi salah satu kebudayaan Perancis.

• Orang Perancis sangat mementingkan table manner
Table manner atau etika makan merupakan hal yang sangat diperhatikan oleh orang Perancis. Mereka memperhatikan bagaimana meja diatur dan merancang semua dengan baik mulai dari tempat duduk, penggunaan garpu dan pisau hingga cara makan yang lebih detail.

Orang Perancis selalu menunggu sinyal nyonya rumah untuk mulai makan dan minum. Tidak ada yang makan atau minum sebelum nyonya rumah mengatakan “bon appétit”.

Baca Juga  Kisah Seorang Penggembala Menjadi Menteri Pendidikan Perancis

2. Seni dan Kebudayaan Negara Perancis

Di Perancis, seni dapat ditemukan di mana – mana. Ini bisa dilihat dari banyaknya gereja dan bangunan – bangunan lain yang memiliki pengaruh Gotik, Romawi Rococo dan Neoklasik. Hal tersebut bisa dilihat di kota Paris dan kota – kota lainnya di Perancis.

Kebudayaan negara Perancis lainnya bisa ditemukan di Museum Louvre, salah satu galeri seni yang terkenal di dunia dan menjadi salah satu museum terbesar di dunia. Museum yang terletak di kota Paris ini menjadi rumah dari berbagai karya seni, diantaranya Mona Lisa, Venus de Milo, Sphinx Besar Tanis, dan masih banyak karya seni lainnya.

Ada banyak seniman Perancis yang mendunia seperti Paul Cézanne, Henri Matisse, Claude Monet, dan Edgar Degas. Selain itu, sejumlah filsuf ternama yang berasal dari Perancis diantaranya Piere Teilhard de Chardin, Descartes, Blaise Pascal, Henry Bergson, Maurice Blondel, dan Montaigne.

Kebudayaan Perancis di bidang sastra juga diakui di dunia. Perancis memiliki pemenang nobel sastra terbanyak dengan 15 orang peraih penghargaan nobel sastra berasal dari Perancis. Orang Perancis juga menjadi orang pertama yang memproduksi pemutaran film di depan umum.

Mereka adalah Auguste dan Louis Lumière yang berhasil menemukan cara menggabungkan perekaman film dan proyeksi ke dalam satu perangkat yang mereka sebut cinématographe. Mereka menggunakan penemuan tersebut untuk memutar 10 film pendek 50 detik di Salon Indien du Grand Café di Paris pada tanggal 28 Desember 1895.
Selain itu, festival film tertua di dunia yaitu Festival Film Cannes, diadakan pertama kali pada 20 September 1946 di kota Cannes, Perancis Selatan. Saat ini Festival Film Cannes merupakan festival film tahunan yang paling bergengsi di dunia.

Baca Juga  Gambaran Sistem Pendidikan di Perancis

3. Makanan dan Masakan Perancis

Ada istilah “we eat to live, the French live to eat”, istilah ini menggambarkan bahwa orang Perancis suka makanan enak. Hal tersebut menjadi gaya hidup dan kebudayaan Perancis. Makanan favorit orang Perancis adalah roti.
Roti menjadi makanan utama di Perancis yang bisa ditemui di mana – mana. Roti baguette adalah salah satu roti favorit orang Perancis. Bahkan pemerintah Perancis mengatur harga baguette menjadi lebih murah agar semua warga negara dapat menikmati roti yang lezat ini.

Biasanya orang Perancis makan croissant dan pain au chocolat (roti cokelat) untuk sarapan, sandwich yang terbuat dari baguette untuk makan siang dan Rolls untuk makan malam.

No Comments

Post A Comment