Cara Mendaftar Universitas Kedokteran di Jerman

Cara Mendaftar Universitas Kedokteran di Jerman

Universitas Kedokteran di Jerman – Pendidikan kedokteran di Jerman diintegrasikan dengan ke dalam jaringan universitas, rumah sakit, lembaga penelitian, dan perusahaan bisnis. Pengajaran, penelitian, dan perawatan pasien semua terintegrasi di dalam pendidikan universitas kedokteran di Jerman.

Ada banyak peluang kerja di Jerman setelah lulus dari universitas kedokteran di Jerman, diantaranya pekerjaan di rumah sakit atau praktik umum, bekerja dalam penelitian, bekerja dalam industri, bekerja di layanan kesehatan masyarakat atau di bagian konsultasi manajemen.

Namun, untuk dapat masuk ke universitas kedokteran di Jerman tidak mudah. Ada lebih banyak pelamar dibandingkan kuota yang tersedia untuk belajar kedokteran di Jerman, sehingga proses penerimaan diatur dalam kebijakan penerimaan terbatas dan sangat selektif yang dikenal sebagai numerus clausus (NC).

Universitas tidak hanya memilih pelamar dengan kualifikasi rata – rata, namun pihak universitas mempertimbangkan nilai dalam mata pelajaran tertentu, universitas pilihan siswa, kualifikasi kejuruan yang diperoleh sebelum mendaftar universitas, hasil wawancara, dan lainnya.

Bagaimana Caranya Mendaftar Universitas Kedokteran di Jerman?

Secara umum proses penerimaan universitas kedokteran di Jerman bervariasi dari satu universitas ke universitas lainnya. Ada yang pendaftarannya melalui Uni-Assist dan ada yang pendaftarannya langsung ke universitas.
Siswa pelamar universitas kedokteran di Jerman yang berasal dari negara – negara Uni Eropa, Liechtenstein, Islandia, dan Norwegia atau warga negara asing dan orang tanpa kewarganegaraan yang telah memperoleh kualifikasi penerimaan universitas Jerman disebut “Bildungsinländer”, harus mendaftar melalui portal Internet dari Foundation for Higher Education Admission (Stiftung für Hochschulzulassung).

Namun, untuk sejumlah universitas, aplikasi harus diajukan melalui Layanan Aplikasi Universitas untuk Mahasiswa Internasional yaitu Uni-Assist. Kamu dapat menemukan berbagai informasi mengenai universitas anggota dan informasi mengenai prosedur pendaftaran dari Uni-Assist.

Baca Juga  Biaya Kuliah di Jerman, Syarat dan Jurusan Kuliah di Jerman

Semua siswa non UE perlu menanyakan apakah universitas pilihan mereka adalah anggota Uni-Assist atau tidak. Jika universitas kedokteran di Jerman yang kamu pilih adalah anggota Uni-Assist, kamu dapat mendaftar melalui proses penerimaan terpusat Uni-Assist. Jika tidak, kamu harus mendaftar melalui universitas pilihan kamu, dan menyertakan salinan dokumen yang relevan (misalnya, ijazah sekolah menengah kamu).

Apa Saja Persyaratan untuk Belajar Kedokteran di Jerman?

Secara umum persyaratan untuk mendaftar universitas kedokteran di Jerman diantaranya:

1. Kemampuan Bahasa Jerman

Kuliah di Jerman memerlukan kemampuan bahasa Jerman yang dibuktikan dengan sertifikat lulus ujian DSH atau TestDAF atau sesuai dengan level B1.

2. Visa Studi

Pelajar internasional harus memiliki visa studi untuk dapat belajar di universitas kedokteran di Jerman. Kamu bisa membuat visa studi di kedutaan besar Jerman di Jakarta.

3. Tes Kesehatan

Tes kesehatan diperlukan untuk mengajukan visa studi. Tes kesehatan juga diperlukan ketika kamu ingin memperpanjang izin tinggal di Jerman.

4. Terjemahan Autentikasi dari Dokumen yang Diperlukan

Siswa internasional yang ingin mendaftar universitas kedokteran di Jerman harus melampirkan dokumen – dokumen yang diperlukan dan terjemahan otentik.

5. Bukti Sumber Keuangan

Siswa internasional yang ingin kuliah kedokteran di Jerman harus bisa memberikan bukti bahwa kamu memiliki uang yang cukup untuk membiayai hidup mereka di Jerman. Para pendaftar harus membuktikan bahwa mereka memiliki uang di rekening bank untuk 1 tahun atau dengan beasiswa.

6. Mengikuti Studienkolleg

Sebelum kuliah kedokteran di Jerman, calon mahasiswa internasional harus mengikuti Studienkolleg terlebih dulu.

No Comments

Post A Comment