Langkah – Langkah Membuat Visa Studi di Kedutaan Jerman Jakarta

Langkah – Langkah Membuat Visa Studi di Kedutaan Jerman Jakarta

Kedutaan Jerman – Jerman menjadi tujuan populer sebagian pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studinya. Banyak universitas di Jerman yang memiliki kualitas yang diakui di dunia. Namun, untuk dapat melanjutkan studi di Jerman, pelajar dari Indonesia harus memiliki visa studi Jerman.
Visa studi masuk ke dalam kategori visa nasional. Visa nasional memberikan ijin tinggal lebih dari 90 hari. Untuk permohonan aplikasi visa nasional (visa Jerman jangka panjang) dilakukan langsung di Kedutaan Jerman di Jakarta.

Visa mencantumkan keterangan berupa nama lengkap, nomor paspor, foto, jumlah hari dari izin tinggal dan masa berlaku visa. Jika kamu ingin kuliah di Jerman tetapi belum tahu cara mengurus visa studi, simak langkah – langkahnya berikut ini.

Langkah – Langkah Membuat Visa Studi di Kedutaan Jerman Jakarta

1. Membuat Perjanjian

Setiap pemohon visa harus datang dan menyerahkan apikasi permohonan visa setelah membuat perjanjian terlebih dahulu. Untuk membuat visa studi, kamu harus membuat perjanjian terlebih dahulu melalui sistem online Kedutaan Jerman di Jakarta.

Kamu sebaiknya segera membuat janji temu setelah mengetahui rencana perjalanan kamu untuk pergi ke Jerman. Hal ini perlu kamu lakukan agar Kedubes Jerman memiliki waktu yang cukup untuk memproses aplikasi visa kamu.
Kamu disarankan untuk mengajukan visa minimal 3 – 4 bulan sebelum berangkat ke Jerman atau sebelum kuliah dimulai.

Setelah membuat janji temu, jangan lupa cetak bukti konfirmasi untuk ditunjukkan pada saat kamu datang ke Kedutaan Jerman di Jakarta.

2. Lengkapi Persyaratan Pengajuan Visa

Lengkapi persyaratan dokumen untuk pengajuan pembuatan visa. Daftar dokumen yang diperlukan bisa kamu cek disini https://jakarta.diplo.de/blob/1893006/aab101be3182ef694226b66f8748761d/visa-nasional-data.pdf. Untuk mengantisipasi agar permohonan visa kamu tidak ditolak, kamu harus melengkapi semua persyaratan umum dan berkas – berkas lain yang diperlukan.

Baca Juga  Universitas Terbaik di Jerman 2019

3. Datang ke Kedutaan Jerman di Jakarta Sesuai Jadwal yang Tertera di Perjanjian

Untuk mengajukan permohonan visa studi, kamu harus datang sendiri di kantor Kedubes Jerman pada waktu dan jam yang tertera di perjanjian. Pada waktu datang ke Kedutaan Jerman Jakarta, kamu dapat menyerahkan dokumen permohonan visa lengkap, membayar biaya pembuatan visa, dan menjawab pertanyaan – pertanyaan yang diajukan oleh petugas Kedubes Jerman.

Pertanyaan yang diajukan bisa bermacam – macam, mulai dari kelengkapan dokumen terutama Zulassung hingga mengenai asuransi. Selanjutnya, akan dilakukan pendataan foto dan sidik jari.

Informasi yang sudah kamu tulis di formulir akan dimasukkan ke komputer dan di cetak. Cetak formulir akan diberikan ke kamu untuk diperiksa kembali. Jika data – data sudah benar, kamu menandatangi print out formulir tersebut dan memberikan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Setelah semua proses telah selesai, kamu akan diberi bukti pembayaran visa dan paspor yang sudah di cap oleh petugas Kedutaan Jerman Jakarta. Bukti pembayaran tersebut digunakan pada saat kamu mengambil visa setelah visa jadi.

4. Pengambilan Visa di Kedutaan Jerman di Jakarta

Untuk permohonan visa nasional, kamu akan mendapatkan pemberitahuan melalui email atau telepon apabila visa kamu telah diterbitkan.

Pengambilan visa pada dasarnya dilakukan secara pribadi. Apabila tidak memungkinkan, kamu bisa mengutus perwakilan untuk pengambilan paspor tersebut. Namun, diperlukan surat kuasa secara tertulis dan surat tersebut harus dibawa oleh perwakilan kamu.

Apabila permohonan visa kamu ditolak, Kedutaan Jerman Jakarta akan menyebutkan alasan penolakan tersebut di pernyataan penolakan, yang akan diserahkan bersamaan dengan paspor kamu.

No Comments

Post A Comment