Kerja di Jepang: Syarat dan 4 Trik Diterima

kerja di jepang

Kerja di Jepang: Syarat dan 4 Trik Diterima

Kerja di Jepang – Negara maju seperti Jepang memiliki banyak bidang industri yang mempekerjakan warga negara asing.

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

 

Semua bidang industri yang memenuhi kebutuhan ekspor ke seluruh dunia perlu banyak tenaga kerja dan Jepang bisa dibilang masih kekurangan sumber daya manusia. Jadi tidak heran jika banyak warga Indonesia yang hijrah ke Jepang untuk bekerja. 

 

Bidang pekerjaan yang ada di Jepang dan terbuka untuk warga asing tidak hanya di bidang industri saja.

 

Lapangan kerja terbuka sangat luas khususnya bagi tenaga kerja profesional di bidangnya. Misalnya seperti perawat untuk penopang lansia, pertanian, pembuatan kapal hingga pabrik mesin.

 

Rata-rata orang asing yang masuk ke Jepang untuk bekerja akan mendapatkan kontrak selama 5 tahun. 

 

Daya tarik kerja di Jepang yang utama adalah gaji yang diberikan. Para pekerja akan mendapatkan upah kurang lebih sebesar 20 juta rupiah per bulannya.

 

Jumlah tersebut tentu tidaklah sedikit. Disisi lain etos kerja di Jepang yang sangat disiplin akan menambah pengalaman untuk bisa bekerja keras. 

 

Syarat Kerja di Jepang Bagi Orang Indonesia

Syarat Kerja di Jepang

 

Siapa saja bisa bekerja di Jepang, asalkan semua persyaratan yang dibutuhkan harus dipenuhi terlebih dahulu.

 

Jika tidak maka akan sulit untuk diterima di perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja asing.

 

Sulitkah untuk melamar kerja di Jepang? Jawabannya tergantung dengan kemampuan yang dimiliki. 

 

Perlu persiapan untuk memenuhi semua syarat bekerja di Jepang. Beberapa syarat yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut ini. 

 

Memiliki resume yang sesuai

 

Resume atau data diri yang berisi keahlian sangat dibutuhkan. Melalui resume akan menentukan apakah Anda akan lolos bekerja di Jepang.

 

Baca Juga  5 Perbedaan GRE VS GMAT dan Tips Memilihnya

Isian dari resume ini antara lain adalah keahlian yang dimiliki harus sesuai dengan posisi yang dilamar. Memiliki sertifikasi sesuai dengan keahlian yang telah dicantumkan.

Apalagi jika sebelumnya Anda pernah bekerja, sebaiknya sertakan juga surat rekomendasi. Jangan lupa menulis resume dalam bahasa Jepang. 

 

Mempelajari bahasa Jepang

 

Orang Jepang sangat menghargai bahasa mereka, jadi bagi warga Indonesia yang ingin bekerja disana harus mempelajari bahasa Jepang.

 

Bukan hanya bahasa Jepang dasar saja tetapi juga tingkat mahir jika ingin mendapatkan posisi yang lebih tinggi.

Mempelajari bahasa Jepang butuh waktu, dan Anda harus mengikuti ujian bahasa Jepang untuk mendapat sertifikasi sebagai bukti. 

 

Memiliki visa

 

Jika kamu sudah yakin akan diterima atau sudah mendapatkan panggilan kerja maka syarat selanjutnya yang harus diurus adalah visa.

 

Lebih mudah untuk mengurus visa jika Anda telah mendapatkan surat diterima kerja. Visa membutuhkan biaya dan waktu beberapa minggu untuk mengurusnya.

 

Persiapkan semua dokumen yang dibutuhkan untuk membuat visa bekerja di Jepang kemudian ajukan ke kedutaan Jepang di Indonesia. 

 

Trik Bisa Diterima Kerja di Jepang

Trik Bisa Diterima Kerja di Jepang

 

Memenuhi semua syarat di atas adalah mempermudah Anda untuk melamar. Semua syarat tersebut wajib dimiliki termasuk keahlian di bidang pekerjaan yang dilamar.

 

Nah untuk bisa berhasil diterima kerja, semua seleksi dokumen dan juga wawancara akan dilakukan. Tentunya Anda ingin bisa diterima dengan mudah bukan?

 

Jika ingin diterima kerja di Jepang, sebaiknya ikuti beberapa trik mudah berikut ini. 

 

Belajar kedisiplinan

 

Bekerja di Jepang, artinya Anda harus siap bekerja dengan sangat disiplin. Jepang bisa menjadi negara maju karena etos kerja masyarakat yang sangat tinggi.

 

Baca Juga  Mau Daftar PNS? Inilah Besaran Gaji PNS dan Keuntungannya

Banyak aturan yang harus dipatuhi dalam bekerja dan harus Anda pelajari sebelum melamar. Menguasai etos kerja mereka akan mempermudah Anda lancar dalam wawancara. 

 

Mengenal Karakter Orang Jepang

 

Disiplin adalah salah satu karakter yang dimiliki oleh orang Jepang. Selain disiplin beberapa karakter lain seperti menjaga kebersihan lingkungan, menghargai kebudayaan dan juga keras perlu dikenali.

 

Jangan sampai ketika Anda melamar pekerjaan dan diterima, akan kaget dengan karakter orang yang berbeda dengan Indonesia. 

 

Jenis pekerjaan yang dilamar

 

Penting sekali untuk menguasai keahlian yang akan kamu kerjakan nantinya. Pada saat wawancara kemampuan yang selama ini dipelajari akan dipertaruhkan. Mungkin Anda telah fasih berbahasa Jepang, itu saja tidak cukup. 

 

nda juga harus menguasai materi apa saja yang berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar.

 

Di Jepang terdapat tiga jenis pekerjaan yaitu magang (kenshusei), perawat (kangoshi) dan tenaga profesional. 

 

Apapun pekerjaan yang Anda lamar di Jepang tetaplah percaya diri dengan kemampuan yang telah dipelajari. 

 

Anda mungkin akan bertemu dengan banyak saingan dari negara lainnya. Disinilah waktu untuk unjuk gigi kemampuan yang Anda miliki agar bisa diterima. 

 

Pilih Kerja di Jepang atau di Kerja di Jerman?

 

Selain bekerja di Jepang, negara maju lain yang juga menjadi tujuan utama pekerja asing adalah Jerman.

 

Negara ini sangat terbuka dalam menerima pekerja asing dan telah membuat banyak program yang bisa diikuti. Program-program kerja ini bisa diikuti secara gratis dan jika ingin mengikutinya harus menguasai bahasa Jerman terlebih dahulu. 

 

Berbeda dengan bekerja di Jepang, Anda harus melamar sendiri dan belum ada program kerja gratis di sana.

 

Baca Juga  Apa Itu IELTS TEST? Ketahui Perbedaan Dengan TOEFL

Perlu usaha yang lebih keras jika Anda ingin bisa meniti karir di Jepang. Perbandingan ini sangat besar, dan Jerman bisa menjadi tempat untuk bekerja sekaligus belajar bahasa Jerman di waktu yang sama. 

 

Bisa bekerja di Jerman secara gratis melalui program seperti Aupair atau FSJ adalah kelebihan yang tidak dimiliki di Jepang.

 

Nah jika Anda berminat untuk memilih Jerman sebagai negara untuk bekerja, sebaiknya belajar dahulu bahasa Jerman di Virtu Education. 

 

Anda akan mempelajari bahasa Jerman yang digunakan untuk bekerja dalam program Aupair atau FSJ dan program lainnya.

 

Disamping itu Virtu Education juga bertindak sebagai agen yang membantu warga Indonesia untuk bisa bekerja di Jerman, jika Anda berminat maka bisa klik banner di bawah ini.

× How can I help you?