Ingin Kerja di Jerman Gratis? Inilah 3 Hal Penting

Ingin Kerja di Jerman Gratis? Inilah 3 Hal Penting

Kerja di Jerman Gratis – Siapa sih yang tidak ingin bekerja di Jerman? Jerman merupakan salah satu negara maju di Eropa yang modern dan penuh inovatif. Ekonomi Jerman menjadi yang terbesar di Eropa dan terbesar kelima di dunia.

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

 

Ada banyak pekerjaan di Jerman untuk orang asing dengan keahlian khusus. Selain itu, pekerjaan sambilan atau pekerjaan paruh waktu juga cukup mudah didapat di Jerman.

Sebelum kamu memutuskan untuk bekerja di Jerman, simak hal – hal yang perlu kamu tahu mengenai kerja di Jerman gratis berikut ini.

 

Hal – Hal Penting yang Perlu Kamu Tahu Tentang Kerja di Jerman Gratis

 

1. Bekerja di Jerman Selama Masa Studi

Siswa yang sedang kuliah di Jerman bisa mencari kerja di Jerman gratis selama masa studinya. Hal ini berlaku untuk siswa asli Jerman, siswa dari Uni Eropa, maupun siswa non Uni Eropa.

 

Kerja di Jerman gratis selama masa studi bisa dilakukan dengan kerja paruh waktu untuk menambah penghasilan saat kamu belajar di Jerman.

 

Untuk siswa dari Uni Eropa atau wilayah Ekonomi Eropa (EEA), mereka memiliki hak yang sama dengan siswa Jerman yaitu memiliki akses gratis ke pasar kerja Jerman. Mereka dapat bekerja hingga 20 jam per minggu selama studi di Jerman.

 

Untuk siswa non Uni Eropa juga dapat kerja di Jerman gratis selama masa studi mereka. Kerja di Jerman gratis ini berupa kerja paruh waktu. Mereka bisa kerja di Jerman gratis selama 120 hari penuh atau 240 setengah hari per tahunnya.

 

Jika selama liburan kamu magang, ini dianggap sebagai pekerjaan biasa walaupun tidak dibayar. Hal tersebut bisa mengurangi jatah 120 hari yang kamu miliki.

Baca Juga  Lowongan Kerja Perawat di Jerman dan Cara Menjadi Perawat di Jerman

 

Tetapi magang wajib yang harus kamu ikuti karena diperlukan untuk kuliah kamu tidak diperhitungkan mengurangi jatah hari kerja yang kamu miliki.

 

Ketika kamu mencari kerja di Jerman gratis, akan sangat berguna jika memiliki kemampuan bahasa Jerman yang baik.

 

2. Bekerja di Jerman Setelah Masa Studi

 

Setelah menyelesaikan masa studi di Jerman, siswa Uni Eropa dan siswa non Uni Eropa bisa kerja di Jerman. Untuk warga negara Uni Eropa, mereka memiliki hak untuk mencari kerja di Jerman tanpa memerlukan izin kerja.

 

Saat mencari kerja, mereka akan diperlakukan dengan cara yang sama dengan penduduk Jerman.

 

Namun, berbeda dengan siswa non Uni Eropa. Untuk siswa non Uni Eropa yang ingin kerja di Jerman setelah lulus, mereka harus memperpanjang izin tinggal untuk mencari pekerjaan di Jerman. Izin tinggal ini bisa diperpanjang hingga 18 bulan untuk mencari pekerjaan yang berkaitan dengan studi mereka.

 

Nah, kurun waktu 18 bulan ini dimulai setelah kamu menerima hasil ujian akhir. Kamu bisa mulai mencari kerja di Jerman gratis ketika semester akhir. Kamu bisa mencari pekerjaan di Otoritas Nasional Orang Asing (The Foreigners’ National Authority).

 

Setelah menemukan pekerjaan di Jerman, kamu harus mengajukan permohonan izin tinggal atau Kartu Biru UE (Blue Card EU). Setelah kamu mendapatkan kontrak kerja di Jerman, kamu juga akan menjadi pemegang Kartu Biru UE, namun pekerjaan yang kamu dapatkan harus terkait dengan kualifikasi yang kamu miliki.

 

3. Warga Negara Non Uni Eropa yang Memiliki Kualifikasi Profesional

Untuk warga negara non Uni Eropa yang memiliki kualifikasi profesional, mereka dapat memenuhi syarat untuk kerja di Jerman. Mereka dapat mengajukan permohonan izin tinggal dan izin kerja di Jerman.

Baca Juga  2 Cara Untuk Tinggal Sekaligus Magang di Jerman

 

Program-Program Kerja di Jerman

Program-Program Kerja di Jerman

  • Aupair Jerman

Berasal dari bahasa Perancis yang berarti “sama dengan”, Au Pair adalah program Homestay untuk keluarga yang mencari sosok kakak angkat di rumah mereka.

 

Aupair Jerman adalah program pertukaran budaya di mana pemerintah Jerman mendatangkan warga negara asing demi memenuhi tenaga kerja yang minim peminatnya, seperti pengasuh anak, asisten rumah tangga, guru privat dan sebagainya.

 

Akan tetapi prosedur Au Pair tidak sama dengan TKI karena keluarga yang menampung kamu di Jerman bukanlah di posisi perekrut melainkan keluarga asuh.

 

Jadi kamu dianggap menjadi bagian dari keluarga asuh kamu dan memiliki posisi sebagai kakak yang membantu mengurus rumah dan menjaga adik.

 

Perbedaan lainnya, pemberian tugas disepakati antara kedua belah pihak dan kamu tidak akan mendapat gaji melainkan uang saku. Fasilitas yang kamu gunakan juga tidak dibedakan dan kamu akan mendapatkan waktu luang untuk belajar atau bekerja sambilan.

 

Au Pair bisa menjadi batu loncatan yang besar jika kamu ingin mengikuti program lainnya seperti Ausbildung atau kuliah gratis di Jerman.

 

Selain itu syarat yang dibutuhkan lumayan gampang, hanya butuh tingkat bahasa Jerman A2 dan memiliki passport. 

 

 

  • Freiwilliges Soziales Jahr (FSJ)

FSJ Jerman adalah salah satu program kerja di Jerman. Pekerjaan yang tersedia kebanyakan berhubungan dengan bidang sosial seperti menjadi relawan di rumah sakit atau pusat lansia. 

 

Baca Juga  2 Cara Untuk Tinggal Sekaligus Magang di Jerman

Walaupun relawan, kamu akan mendapatkan uang saku sekitar 350 hingga 500 euro per bulannya selama menjalankan program ini. 

 

Program ini berlangsung selama 6 sampai 18 bulan. Syarat program ini tidak terlalu rumit, hanya perlu sertifikat bahasa Jerman A2 atau B1 dan dengan batasan usia 18 hingga 27 tahun. 

 

Sama seperti Au Pair kamu bisa melanjutkan pendidikan Ausbildung setelah menyelesaikan FSJ.

 

  • Ausbildung

     

Memiliki lebih dari 350 pilihan jurusan, Ausbildung adalah program di mana kamu sekolah sekaligus magang selama 2 hingga 3,5 tahun di Jerman.

 

Banyak jurusan yang tersedia di program ini, tapi peluang orang Indonesia untuk masuk lebih besar ada di jurusan perhotelan, perawat, koki dan ahli gastronomi, manajer kantor, dan mekatronika. 

 

Banyak keuntungan dari mengikuti program Ausbildung. Selama kamu menjalani Ausbildung, kamu  akan mendapat gaji bersih hingga 365 Euro perbulannya dan akan meningkat setiap tahunnya.

 

Ditambah lagi setelah lulus kamu akan mendapat gelar dan sertifikat kerja yang diakui di seluruh dunia. Menguntungkan sekali kan?

 

Jika berminat kamu perlu menyiapkan syarat-syarat Ausbildung yang lebih banyak dari Au Pair dan FSJ. Syarat-syarat Ausbildung diantaranya:

 

  1. Minimal lulus SMA
  2. Berusia paling tidak 18 tahun sampai 35 tahun
  3. Tingkat bahasa Jerman minimal B1-B2
  4. Untuk lulusan SMA harus mengikuti penyetaraan jenjang pendidikan di Studienkolleg
  5. Memiliki recommendation letter atau membuat motivation letter jika diperlukan
  6. Memiliki visa pelajar

Nah, jika Anda berminat untuk bekerja di Jerman maka bisa klik banner di bawah ini atau bisa juga mengisi form diatas.

× How can I help you?