Ingin Kerja di Jerman Gratis? Inilah Hal-Hal Penting yang Perlu Kamu Tahu

Ingin Kerja di Jerman Gratis? Inilah Hal-Hal Penting yang Perlu Kamu Tahu

Kerja di Jerman Gratis – Siapa sih yang tidak ingin bekerja di Jerman? Jerman merupakan salah satu negara maju di Eropa yang modern dan penuh inovatif. Ekonomi Jerman menjadi yang terbesar di Eropa dan terbesar kelima di dunia.

Ada banyak pekerjaan di Jerman untuk orang asing dengan keahlian khusus. Selain itu, pekerjaan sambilan atau pekerjaan paruh waktu juga cukup mudah didapat di Jerman. Sebelum kamu memutuskan untuk bekerja di Jerman, simak hal – hal yang perlu kamu tahu mengenai kerja di Jerman gratis berikut ini.

Hal – Hal Penting yang Perlu Kamu Tahu Tentang Kerja di Jerman Gratis

1. Bekerja di Jerman Selama Masa Studi

Siswa yang sedang kuliah di Jerman bisa mencari kerja di Jerman gratis selama masa studinya. Hal ini berlaku untuk siswa asli Jerman, siswa dari Uni Eropa, maupun siswa non Uni Eropa. Kerja di Jerman gratis selama masa studi bisa dilakukan dengan kerja paruh waktu untuk menambah penghasilan saat kamu belajar di Jerman.
Untuk siswa dari Uni Eropa atau wilayah Ekonomi Eropa (EEA), mereka memiliki hak yang sama dengan siswa Jerman yaitu memiliki akses gratis ke pasar kerja Jerman. Mereka dapat bekerja hingga 20 jam per minggu selama studi di Jerman.

Untuk siswa non Uni Eropa juga dapat kerja di Jerman gratis selama masa studi mereka. Kerja di Jerman gratis ini berupa kerja paruh waktu. Mereka bisa kerja di Jerman gratis selama 120 hari penuh atau 240 setengah hari per tahunnya.

Jika selama liburan kamu magang, ini dianggap sebagai pekerjaan biasa walaupun tidak dibayar. Hal tersebut bisa mengurangi jatah 120 hari yang kamu miliki. Tetapi magang wajib yang harus kamu ikuti karena diperlukan untuk kuliah kamu tidak diperhitungkan mengurangi jatah hari kerja yang kamu miliki.

Baca Juga  2 Cara Untuk Tinggal Sekaligus Magang di Jerman

Ketika kamu mencari kerja di Jerman gratis, akan sangat berguna jika memiliki kemampuan bahasa Jerman yang baik.

2. Bekerja di Jerman Setelah Masa Studi

Setelah menyelesaikan masa studi di Jerman, siswa Uni Eropa dan siswa non Uni Eropa bisa kerja di Jerman. Untuk warga negara Uni Eropa, mereka memiliki hak untuk mencari kerja di Jerman tanpa memerlukan izin kerja. Saat mencari kerja, mereka akan diperlakukan dengan cara yang sama dengan penduduk Jerman.

Namun, berbeda dengan siswa non Uni Eropa. Untuk siswa non Uni Eropa yang ingin kerja di Jerman setelah lulus, mereka harus memperpanjang izin tinggal untuk mencari pekerjaan di Jerman. Izin tinggal ini bisa diperpanjang hingga 18 bulan untuk mencari pekerjaan yang berkaitan dengan studi mereka.

Nah, kurun waktu 18 bulan ini dimulai setelah kamu menerima hasil ujian akhir. Kamu bisa mulai mencari kerja di Jerman gratis ketika semester akhir. Kamu bisa mencari pekerjaan di Otoritas Nasional Orang Asing (The Foreigners’ National Authority).

Setelah menemukan pekerjaan di Jerman, kamu harus mengajukan permohonan izin tinggal atau Kartu Biru UE (Blue Card EU). Setelah kamu mendapatkan kontrak kerja di Jerman, kamu juga akan menjadi pemegang Kartu Biru UE, namun pekerjaan yang kamu dapatkan harus terkait dengan kualifikasi yang kamu miliki.

3. Warga Negara Non Uni Eropa yang Memiliki Kualifikasi Profesional

Untuk warga negara non Uni Eropa yang memiliki kualifikasi profesional, mereka dapat memenuhi syarat untuk kerja di Jerman. Mereka dapat mengajukan permohonan izin tinggal dan izin kerja di Jerman.

No Comments

Post A Comment