5 Tips Kuliah di Australia Agar Sukses, Apa Sajakah Itu?

kuliah di australia

5 Tips Kuliah di Australia Agar Sukses, Apa Sajakah Itu?

Kuliah di Australia – Australia merupakan salah satu negara yang menjadi tujuan warga negara Indonesia untuk melanjutkan studi selepas lulus SMA atau sarjana.

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

 

Dibandingkan melanjutkan studi sarjana, kuliah di australia kebanyakan mengambil studi program master dan doktoral.

 

Hal ini tidak bisa dipisahkan dari berbagai faktor yang menjadi latar belakang misalnya jarak geografis antara australia dan Indonesia cukup dekat, anda bisa naik pesawat dari jakarta ke perth.

 

Atau dari bali ke darwin saja hanya membutuhkan kurang lebih tiga hingga tujuh jam. Jauh lebih cepat jika dibandingkan anda terbang ke amsterdam atau ke boston amerika serikat.

 

Penerbangan indonesia dan australia juga tidak begitu mahal, masih dalam tarif rata-rata yang berarti sangat memudahkan mahasiswa indonesia untuk pulang pergi dari australia ke dan menju indonesia ketika liburan tiba atau melakukan penelitian lapangan.

 

Mengintip 5 Tips Kuliah di Australia Agar Sukses

5 Tips Kuliah di Australia Agar Sukses
Selain itu, australia juga merupakan negara tetangga Indonesia yang kebijakan politiknya amat dekat dengan negara negara asia sehingga transaksi perdagangan di antara keduanya cukup dekat, jadi kesimpulannya adalah?

 

Karena perdagangannya cukup dekat anda akan mudah menemui produk sayur mayur asia dan bahkan bumbu bumbu negara asia yang mudah dibeli di kota kota australia, dijamin anda tidak akan homesick ketika kuliah di australia.

 

Berikut ada beberapa tips tips yang bisa digunakan ketika anda memutuskan untuk berkuliah di Australia, lalu apa sajakah tipsnya itu?

 

1. Memilih Universitas di Australia yang Bergengsi

 

Pertama, memilih universitas untuk berkuliah di australia bisa dengan mempertimbangkan apakah universitas kuliah anda masuk ke dalam Group of Eight.

 

Kenapa pertimbangan ini penting? Karena group of eight adalah perkumpulan universitas di australia yang paling bergengsi dan mempunyai leading research yang cukup baik, jadi anda bisa dipastikan mendapatkan pendidikan yang layak dan berkelas internasional.

 

2. Memilih Kampus yang Berkulitas

 

Kedua, memilih kuliah di australia bisa dipertimbangkan juga selain dengan mengacu pada group of eight juga bisa dengan QS World University ranking dan Times Higher Education, dimana anda bisa melihat perbandingan kualitas antar universitas di negara australia.

 

Selain di luar group of eight masih terdapat banyak kampus berkualitas di negara australia.

 

3. Perhatikan dan Siapkan Syarat-Syarat Kuliah di Australia

 

Ketiga, anda harus memperhatikan syarat-syarat utama ketika mau melamar berkuliah di australia. Syarat utama yang paling penting adalah skor IELTS atau TOEFL,

 

Mayoritas universitas di australia mematok angka IELTS 6,5 untuk jurusan sains dan teknik serta angka IELTS 7 untuk jurusan sosial humaniora.

 

Anda pasti paham dong kenapa angka skornya begitu tinggi? Ya karena mayoritas universitas di australia merupakan universitas riset kelas dunia sehingga membutuhkan kemampuan bahasa inggris di atas rata rata.

 

Baca Juga  Ingin Kuliah di Jerman? Kamu Bisa Apply Beasiswa Jerman Ini

 

4. Siapkan Biaya Hidup di Australia

 

Keempat, jika anda memilih universitas top untuk kuliah di australia bisa dipastikan anda akan berdomisili di kota-kota besar, itu artinya biaya hidup di kota kota besar seperti Canberra, Sydney dan Melbourne akan jauh lebih tinggi dibandingkan beberapa kota yang lain

 

Siapkan dana tabungan anda dengan lebih baik ya. Jika anda ingin kuliah di australia yang terjangkau, anda bisa mengambil di kota adelaide, perth atau darwin yang biasanya tidak terlalu ramai jumlah penduduk dan tidak menjadi pusat industri dan bisnis.

 

5. Manfaatkan Beasiswa Kuliah di Australia

 

Kelima, cobalah untuk mempertimbangkan beasiswa kuliah di australia. Sejauh ini, pemerintah australia memberikan beasiswa full cover bagi mereka yang akan melanjutkan studi master dan doktoral, beasiswa tersebut bernama Australia Awards.

 

Anda bisa mencoba seleksinya dahulu baru kemudian memilih universitas.

 

Selain australia awards, anda juga bisa mencoba beasiswa dari pemerintah Indonesia bernama LPDP Kementerian Keuangan yang juga full cover untuk universitas-universitas terbaik di Australia.

 

× How can I help you?