Apakah Kuliah di Jerman Gratis? Ini yang Harus Kamu Tahu

Apakah Kuliah di Jerman Gratis? Ini yang Harus Kamu Tahu

Kuliah di Jerman Gratis – Banyak mahasiswa internasional yang tertarik untuk kuliah di Jerman. Hal ini dikarenakan ada banyak universitas di Jerman yang memiliki program kuliah di Jerman gratis. Selain memiliki pendidikan tinggi yang berkualitas, Jerman juga memiliki budaya yang unik sehingga perpaduan hal tersebut semakin menarik bagi mahasiswa yang ingin kuliah di Jerman.

Bagi kalian yang ingin merasakan kuliah gratis di Jerman, tentu kalian memiliki pertanyaan yang ingin kalian tanyakan mengenai kuliah di Jerman gratis. Simak hal – hal seputar kuliah di Jerman gratis berikut ini.

Mengapa Kuliah di Jerman Gratis?

Kebanyakan universitas di dunia memungut biaya kuliah dari mahasiswa asing di luar negara dimana kampus tersebut berada. Jerman menjadi salah satu negara dari sedikit negara yang menerapkan tuition free atau tidak memungut biaya perkuliahan.

Jerman percaya bahwa pendidikan tidak boleh diperlakukan sebagai produk komersial dan akses gratis pendidikan tinggi dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan bagi populasi yang lebih besar. Pemerintah Jerman juga menyadari adanya manfaat ekonomi dan sosial dari orang – orang yang berimigrasi ke Jerman.

Dari pemikiran tersebut, Jerman ingin agar orang – orang cerdas yang belajar di Jerman, bisa tinggal di Jerman setelah lulus. Itu sebabnya Jerman menggratiskan biaya kuliah di perguruan tinggi negeri sehingga kuliah di Jerman gratis bisa dirasakan bukan hanya untuk mahasiswa asli Jerman saja, tetapi mahasiswa asing dari berbagai negara di dunia juga bisa merasakannya.

Apakah Universitas di Jerman yang Gratis Kualitasnya Tidak Terlalu Bagus?

Itu tidak benar! Universitas – universitas di Jerman yang menggratiskan biaya perkuliahan merupakan universitas yang berkualitas dan termasuk dalam universitas terbaik di dunia. Banyak universitas di Jerman yang masuk ke dalam peringkat 100 besar universitas terbaik di dunia.

Baca Juga  5 Kampus di Jerman dengan Fasilitas Luar Biasa

Kuliah di Jerman gratis merupakan keputusan politik pemerintah Jerman. Gelar dari universitas Jerman diakui secara global di dunia. Tentu gelar dari universitas Jerman akan membuka peluang karir yang bagus untuk masa depan.

Apakah Kuliah di Jerman Benar – Benar Gratis?

Secara umum, setiap mahasiswa bisa kuliah di Jerman gratis. Namun, ada beberapa pengecualian mengenai kuliah gratis di Jerman, diantaranya yaitu:

• Kuliah gratis hanya untuk universitas negeri

Kebijakan kuliah gratis di Jerman hanya untuk universitas negeri. Jika kalian kuliah di universitas swasta, kalian tetap harus membayar biaya kuliah yang biasanya setara dengan biaya kuliah di negara lain seperti Inggris atau Irlandia.

Namun, persaingan antara universitas negeri dan universitas swasta membuat universitas swasta lebih cenderung menawarkan program khusus dan berbagai manfaat lain. Hal ini tentu membuat uang yang kalian bayarkan akan mendapatkan hasil yang setimpal. Kalian juga mungkin akan mendapatkan beasiswa.

• Mulai tahun 2017 universitas yang berada di negara bagian Baden-Württemberg dapat membebankan biaya kuliah dari mahasiswa non Uni Eropa

Peraturan di negara bagian Baden-Württemberg yang terdiri dari kota – kota utama seperti Stuttgart, Karlsruhe dan Heidelberg, mulai tahun 2017 membebankan kembali biaya kuliah untuk mahasiswa non Uni Eropa.

Universitas – universitas yang terpengaruh dengan kebijakan ini diantaranya:

– Universität Stuttgart
– Ruprecht-Karls-Universität Heidelberg (University of Heidelberg)
– Universität Freiburg
– KIT, Karlsruher Institut für Technologie
– Universität Mannheim
– Universität Konstanz
– Universität Ulm
– Eberhard Karls Universität Tübingen

Tujuan diberlakukannya kembali adanya biaya kuliah ini adalah untuk membantu universitas – universitas menutupi biaya operasional.

Walaupun di universitas negeri lainnya tidak ada biaya kuliah, namun mahasiswa harus membayar iuran administrasi atau iuran semester yang besarannya sekitar 300 Euro. Iuran semester ini mencakup semester ticket yang bisa digunakan mahasiswa untuk naik transportasi umum secara gratis di wilayah kampus tersebut berada.

Baca Juga  Biaya Kuliah di Jerman, Syarat dan Jurusan Kuliah di Jerman
No Comments

Post A Comment