4 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Kuliah di Perancis

4 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Kuliah di Perancis

Kuliah di Perancis – Negara Perancis menjadi salah satu negara tujuan studi yang populer di dunia. Saat ini hampir 300.000 siswa asing kuliah di Perancis. Sekitar 10% dari pendaftaran di universitas Perancis adalah siswa internasional yang belajar di tingkat pascasarjana (master dan doktoral).
Jika kamu tertarik untuk kuliah di Perancis, simak hal – hal yang perlu kamu tahu sebelum kuliah di Perancis berikut ini.

Hal – Hal yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Kuliah di Perancis

1. Mengapa Memilih Belajar di Perancis?

Sistem pendidikan tinggi di Perancis merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Universitas Perancis secara konsisten masuk ke dalam peringkat dunia setiap tahunnya. Menurut statistik yang dirilis pada tahun 2018, sistem pendidikan Perancis menempati peringkat ke-5 di dunia setelah Amerika Serikat, Inggris, Kanada, dan Jerman.
Perancis memiliki lebih dari 3.500 institusi pendidikan tinggi, termasuk 72 universitas negeri yang didanai pemerintah, sejumlah universitas swasta (Grandes Ecoles), dan lebih dari 3.000 sekolah khusus yang menawarkan gelar dalam berbagai mata pelajaran, termasuk manajemen hotel, seni kuliner, pariwisata, dan pekerjaan sosial.

2. Berapa Biaya Kuliah di Perancis?

Biaya kuliah di Perancis bisa bervariasi tergantung pada jenis universitas, program studi yang diambil, dan gelar. Untuk siswa negara – negara EEA dan Swiss dapat belajar tanpa biaya kuliah (kecuali untuk biaya immatriculation sekitar 200 euro per tahun).

Sementara siswa dari luar Eropa harus membayar sekitar 3.000 hingga 4.000 euro per tahun di universitas negeri. Universitas swasta biasanya mengenakan biaya lebih mahal, hingga 20.000 euro per tahun.

Namun pada tanggal 19 November 2018, Perdana Menteri Edouard Philippe mengumumkan bahwa mahasiswa asing yang sudah berada di Prancis dan terdaftar di pendidikan tinggi Prancis tahun akademik 2018/2019 tidak akan diharuskan membayar perbedaan biaya pendidikan.

Baca Juga  Nama Kota di Perancis Terbaik untuk Pelajar Internasional

Ini merupakan strategi pemerintah untuk menarik mahasiswa asing. Dengan adanya strategi ini, pemerintah bertujuan menonjolkan daya tarik Prancis untuk mahasiswa asing dan untuk meningkatkan pengaruh pendidikan tinggi Prancis di dunia internasional.

Sistem peraturan yang baru ini dipublikasikan dalam Journal official dan disampaikan melalui situs Campus France.

3. Berapa Biaya Hidup di Perancis?

Biaya hidup di Perancis lebih murah dibandingkan di Amerika Serikat, namun biaya hidup di Prancis cenderung lebih tinggi daripada negara-negara tetangga.

Biasanya biaya hidup lebih rendah di kota-kota kecil, jadi kamu bisa mempertimbangkan dimana kamu akan tinggal ketika memutuskan untuk kuliah di Perancis.

Kamu bisa tinggal di asrama universitas dengan biaya sekitar € 120 per bulan atau menyewa apartemen studio pribadi dengan biaya sekitar € 457- € 542. Biaya hidup lainnya mungkin termasuk:

• Listrik, gas, internet – € 60 per bulan
• Bahan studi – € 50 per bulan
• Kartu perjalanan atau pass transportasi – € 70 per bulan
• Tiket kereta pulang – € 25 (di muka)
• Keanggotaan gym – € 38 per bulan
• Internet 30,00 hingga 50,00 EUR
• Bahan makanan – € 250 per bulan
• Makan – rata-rata € 12

4. Apakah Harus Menggunakan Bahasa Perancis Selama Kuliah di Perancis?

Banyak universitas saat ini menawarkan program bilingual atau program yang diajarkan sepenuhnya dalam bahasa Inggris, namun kebanyakan program studi di Perancis menggunakan bahasa Perancis.

Jika kamu memutuskan untuk mengambil program gelar yang diajarkan dalam bahasa Perancis, kamu setidaknya harus memiliki kemampuan bahasa Perancis tingkat menengah.

Banyak universitas memerlukan sertifikat B2 (menengah) di Diplôme d’Études en Langue Française (DELF) atau terkadang sertifikat C1 (lanjutan), (Diplom Approfondi de Langue Française atau DALF), tergantung pada program studi yang diambil.

Baca Juga  Top 65 Universitas Negeri di Perancis 2019

Meskipun kamu mengambil program studi yang menggunakan bahasa Inggris sepenuhnya, kamu sebaiknya tidak melewatkan kesempatan untuk belajar bahasa Perancis, karena kamu membutuhkan bahasa Perancis untuk berkomunikasi sehari – hari.

No Comments

Post A Comment