Menariknya Kuliah Kedokteran di Jerman dan Tahapan yang Dilalui

Menariknya Kuliah Kedokteran di Jerman dan Tahapan yang Dilalui

Kuliah Kedokteran di Jerman – Jurusan kedokteran menjadi salah satu jurusan favorit di setiap universitas di dunia, begitupula di negara Jerman. Kuliah kedokteran di Jerman akan menghasilkan gelar medis yang diakui secara global. Hal ini mendorong ribuan siswa internasional bersaing untuk dapat di terima di jurusan kedokteran universitas Jerman.

Alasan Mengapa Kuliah Kedokteran di Jerman Menjadi Pilihan yang Menarik

1. Sekolah Kedokteran di Jerman Memiliki Peringkat Terbaik

Pengembangan kualitas dalam pengajaran dan penelitian membuat sekolah kedokteran di Jerman menempati peringkat terbaik di dunia. Menurut QS University Rankings, ada 32 universitas di Jerman yang masuk dalam peringkat universitas dunia berdasarkan subjek untuk kedokteran.

2. Memiliki Program Studi yang Beragam

Sekolah kedokteran di Jerman menawarkan beragam gelar kedokteran yang memungkinkan siswa untuk memilih program studi yang cocok untuk mereka.

3. Memilik Fasilitas Lengkap dan Modern

Dalam studi kedokteran, praktek menjadi bagian penting dalam pengajaran. Sekolah kedokteran di Jerman memiliki laboratorium modern yang dilengkapi dengan teknologi yang mutakhir.

4. Memiliki Komunitas Mahasiswa Internasional

Jerman menjadi rumah bagi lebih dari 350.000 siswa internasional yang melanjutkan studinya di Jerman. Kuliah kedokteran di Jerman akan memberikan kesempatan untuk bersosialisasi dengan siswa – siswa lain yang berasal dari negara berbeda.

5. Prospek Menjanjikan untuk Masa Depan

Dokter merupakan salah satu profesi yang paling dapat dipekerjakan dan mendapat bayaran tinggi di dunia. Sekolah kedokteran di Jerman menghasilkan gelar medis yang diakui di dunia. Gelar medis di Jerman menjamin kamu dapat dipekerjakan dengan baik dan mendapatkan gaji tinggi.

Setelah lulus kuliah kedokteran di Jerman, kamu bisa praktek sebagai dokter di seluruh negara di Eropa dan di sebagian besar negara – negara di dunia. Itu sebabnya, kuliah di Jerman dapat memberikan peluang untuk bekerja di luar negeri dan memiliki karir yang menjanjikan untuk masa depan.

Baca Juga  Biaya Kuliah di Jerman Tanpa Beasiswa dan Biaya Hidup di Jerman

Struktur Gelar Medis untuk Kuliah Kedokteran di Jerman

Program pelatihan medis di Jerman membutuhkan waktu enam tahun untuk diselesaikan. Program ini dilakukan sepenuhnya dengan bahasa Jerman sehingga siswa yang ingin kuliah kedokteran di Jerman memerlukan kemampuan bahasa Jerman yang kuat. Namun, ada beberapa program alternatif di bidang medis yang diajarkan dengan bahasa Inggris.

Gelar pelatihan kedokteran manusia memerlukan waktu sekitar 6 tahun 3 bulan hingga menyelesaikan ujian negara (Ärztliche Prüfung). Tahapan kuliah kedokteran di Jerman yaitu:

• Fase Pra-klinis

Tahapan fase pra-klinis ditempuh selama 4 semester dengan mempelajari dasar – dasar utama ilmu pengetahuan alam dan kedokteran. Fase pra-klinis diakhiri dengan ujian lisensi medis pertama.

• Fase klinis

Fase klinis ditempuh selama enam semester dengan mempelajari mata kuliah inti, kursus praktis, magang, dan seminar. Tahapan ini menjadi fase utama studi kedokteran di Jerman.

• Tahun Praktek

Tahapan studi yang dilalui siswa sekolah kedokteran setelah mengikuti fase utama studi kedokteran adalah tahun praktek. Tahapan ini merupakan pelatihan klinis selama satu tahun yang terdiri dari praktek pembedahan, pengobatan internal, dan mata kuliah pilihan. Pada tahap ini memberikan pengalaman di tempat kerja untuk mempersiapkan siswa menuju profesi masa depan.

• Ujian Negara

Tahap terakhir yang perlu kamu lalui untuk bisa menyelesaikan gelar medis di Jerman adalah lulus ujian negara. Setelah lulus ujian negara, kamu dapat mengajukan izin medis (Approbation) kemudian bisa mulai bekerja sebagai dokter bersertifikat.

Kamu juga bisa melanjutkan pendidikan untuk menjadi spesialis medis tergantung pada bidang studi yang kamu ambil, biasanya memakan waktu sekitar 5 – 6 tahun. Program spesialis ini diakhiri dengan ujian spesialis.

No Comments

Post A Comment