Cara Latihan CAT CPNS Online di Internet

latihan cat cpns

Cara Latihan CAT CPNS Online di Internet

Latihan CAT CPNS – Jika anda ingin mendaftar cpns yang biasanya dibuka setiap tahun atau dua tahun sekali. Maka perlu mempersiapkan prosesnya setidaknya beberapa bulan atau setahun sebelumnya.

Persiapan pendaftaran cpns tidak hanya melulu soal berkas-berkas yang banyak, tetapi juga kesiapan anda dalam mengerjakan soal soal ujian cpns yang tentunya berbeba dengan soal soal ujian sekolah ataupun ujian nasional.

Jika berkas berkas pendaftaran cpns bisa disiapkan dalam waktu hitungan bulan, maka persiapan untuk mengerjakan soal soal pendafatran cpns bisa lebih lama lagi, mengingat bahwa jenis soal ujian cpns berbeda dengan jenis ujian pada umumnya.

Jika anda mempersiapkan berkas semacam ijazah, surat keterangan sehat atau surat bebas narkoba bisa diurus dalam waktu seminggu hingga sebulan saja. Sementara untuk beradaptasi dengan sistem seleksi cpns membutuhkan persiapan khusus.

Sistem seleksi cpns saat ini sudah jauh berbeda dengan dahulu. Jika dahulu menggunakan ujian kertas, kemudian nilai diumumkan beberapa bulan kemudian. Maka saat ini sistem seleksi cpns telah menggunakan sistem seleksi berbasis komputer.

Sistem seleksi ini memiliki banyak kelebihan antara lain: nilai bisa langsung diketahui secara real tim. Begitu juga perankingan yang langsung bisa diketahui apakah anda lolos ke tahap selanjutnya atau tidak. Selain itu sistem seleksi berbasis komputer yang disebut dengan sistem CAT ini akan menutup jalur belakang atau orang dalam yang sering disalahgunakan.

Sistem CAT akan langsung diumumkan sesaat beberapa menit atau detik begitu anda menyelesaikan ujian cpns. Sehingga memberikan kesempatan bagi anda mempersiapkan ujian selanjutnya, atau jika gagal anda bisa melanjutkan ke pilihan pekerjaan yang lain.

Tahap-Tahap Seleksi Pendaftaran CPNS

latihan cat cpns

Sistem seleksi komputer CAT hanyalah salah satu tahap dalam seleksi pendaftaran cpns. Walauapun demikian, sistem seleksi CAT ini memegang peranan penting dalam artian diterima tidaknya anda sebagai CPNS tergantung dari skor hasil CAT ini. Oleh karena itu disarankan untuk latihan CAT cpns online atau real time jauh jauh hari sebelum ujian tiba.
Untuk memahami rangkaian sebuah seleksi cpns hingga proses CAT CPNS, anda bisa memahami rangkaian tahap tahap seleksi pendaftaran di bawah ini:

1. Tahap pertama adalah proses administrasi yang meliputi proses pendaftaran online, upload data hingga proses verifikasi oleh pemerintah yang membuka lowongan formasi cpns.

2. Tahap selanjutnya adalah seleksi kompetensi dasar yang dilanjutkan dengan seleksi kompetensi kerja, seleksi wawasan kebangsaan yang seluruhnya berbasis dengan CAT. Kenapa disarankan untuk melatih diri latihan cat cpns? Karena proses ini adalah penentu hidup matinya proses pendaftaran anda.

3. Tahap selanjutnya adalah pemberkasaan jika anda diterima dan kemudian melakukan proses pelantikan diklat pra jabatan.

Baca Juga  Cara Memilih Lembaga Kursus Bahasa Jerman di Tangerang

Sistem Seleksi Berbasis CAT

Jika di atas sudah ditekankan untuk melakukan persiapan latihan cat cpns baik melalui internet maupun buku-buku. Maka pada bagian ini akan dibahas bagaimana bentuk seleksi berbasis CAT yang bisa menjadi penentu diterima tidaknya anda menjadi cpns.

1. Seleksi berbasis CAT murni menggunakan komputer berakses internet, kertas dan pensil hanya diperlukan untuk proses administrasi saja. Selebihnya semua berfokus pada komputer atau laptop.

2. Seleksi berbasis CAT disebut juga computer assesment test atau test asesmen komputer. Tersambung dengan internet, soal soal akan ditampilkan di layar komputer, pada proses ini kecakapan anda untuk mengoperasiakn komputer sangat penting. Belum bisa menggunakan komputer? Itulah gunanya latihan cat cpns jauh jauh hari.

3. Jika anda belum bisa menggunakan komputer, anda bisa berlatih setahun sebelumnya di rental komputer atau warnet untuk mengoperasikan komputer, internet dan bahkan hal hal sederhana seperti membaca petunjuk yang ada di dalam sebuah website badan kepegawaian negara.

4. Banyak kesalahan dalam seleksi cat seperti skd dan skb terletak pada kesalahan sepele seperti tidak bisa mengoperasikan komputer atau bahkan merasa pusing dengan tampilan soal-soal di layar CAT.

5. Seleksi CAT yang ditampilkan sebenarnya sama ketika anda menjawab soal di buku-buku, dimana ditampilkan sebuah pertanyaan, kemudian terdapat 4 butir jawaban dan anda tinggal memilihnya.

6. Dengan mengikuti latihan cat cpns online nantinya anda akan terbiasa mengoperasikan komputer dan terbiasa menjawab soal berbasis komputer.

7. Oya, satu hal lagi adalah setiap soal yang disajikan di dalam seleksi CAT sudah diestimasikan sesuai dengan waktu ujian. Jadi jika kira-kira ada lima butir soal harus dikerjakan dalam jangka waktu sepuluh menit, maka anda diberikan waktu dua menit tiap satu soal untuk dikerjakan.

8. Nah, dengan mengikuti latihan cat cpns berbasis online akan membantu anda beradaptasi untuk menjawab soal-soal cpns sesuai dengan waktu yang diberikan, kira-kira terdapat 80 hingga 100 butir soal dalam seleksi cpns yang harus anda kerjakan melalui sistem CAT.

Mempersiapkan diri dengan Latihan CAT CPNS

latihan cat cpns

Jika anda adalah generasi old yang belum bisa mengoperasikan komputer, maka langkah pertama adalah belajar latihan CAT online melalui rental atau warnet. Syukur syukur anda memiliki komputer atau laptop sendiri sehingga bisa belajar mandiri.
Sementara bagi anda generasi millenial yang sudah terbiasa dengan komputer atau laptop, maka mengikuti seleksi latihan cat cpns berbasis online akan membantu anda beradaptasi dengan waktu yang diberikan dalam ujian sebenarnya nanti.

Mempersiapkan cat cpns tidak hanya melalui online semata, tetapi juga bisa belajar melalui buku buku tes potensi akademik atau buku buku persiapan menembus menjadi pegawai negeri sipil yang bisa anda beli di toko-toko buku. Nah, berikut cara menggabungkan dua gaya persiapan belajar tersebut:

1. Latihan cat cpns dapat dimulai dengan membeli buku buku test potensi akademik atau psikologi seleksi cpns. Biasanya di dalam buku-buku tersebut terdapat soal-soal bertipe HOTS alias tipe tipe soal berupa analisis yang akan menjadi model tipe soal yang akan anda temui ketika seleksi cpns.

2. Latihan cat cpns selanjutnya dapat melalui online, anda bisa buka komputer atau tablet, kemudian disambungkan dengan internet. Di beberapa website latihan cat cpns sudah langsung bisa seperti aslinya yaitu menjawab dalam kurun waktu tertentu dan langsung keluar hasilnya, mirip sekali dengan try out saat anda ujian sekolah.

Baca Juga  Ingin Kerja di Jerman Gratis? Inilah Hal-Hal Penting yang Perlu Kamu Tahu

Latihan CAT CPNS Online

Untuk lebih memantapkan persiapan seleksi cpns anda, maka berikut cara bergabung latihan cat cpns online, tersedia banyak cara namun yang akan dijelaskan di bawah ini terdapat dua cara:

1. Cara pertama latihan cat cpns bisa dengan mengikuti jadwal yang telah disediakan badan kepegawaian negara untuk beberapa daerah. Sementara jika anda tidak berkesempatan bisa mengikuti latihan cat cpns online melalui akun: cat.bkn.go.id. Berikut teknisnya:

a.Registrasi akun dengan mendaftar kemudian klik “simulasi” di kanan atas.
b.Masuk proses mendaftar dan isi perintah yang diminta.
c.Kemudian masuk mulai simulasi ujian
d.Pada tahap awal anda akan bertemu tes wawasan kebangsaan (TWK) jawab sesuai dengan pilihan ganda yang diberikan.
e.Pada tahap selanjutnya terdapat tes intelegensia umum (TIU)
f.Serta selanjutnya terdapat tes karakteristik pribadi (TKP)
g.Seluruh soal berjumlah 100 soal.

2. Cara kedua latihan cat cpns online adalah melalui website website lain penyedia soal-soal simulasi cat pns online seperti www.bliari.net. caranya sama anda tinggal klik link simulasi dan ikuti seleksi sesuai dengan yang tertera di halaman website.

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.