Tips dan Trik Mempersiapkan Liburan ke Jerman

liburan ke jerman

Tips dan Trik Mempersiapkan Liburan ke Jerman

Liburan ke Jerman – Liburan ke luar negeri bagi sebagian orang adalah prestise sendiri, yang tidak bisa diukur dengan nilai uang dan nilai kebahagiaan. Selain itu berlibur ke luar negeri mempunyai beberapa manfaat yang tidak bisa didapatkan ketika berlibur di dalam negeri. Beberapa orang memilih berlibur ke luar negeri dengan menabung terlebih dahulu, atau memanfaatkan uang gaji bulanannya.

Beberapa negara luar negeri yang biasanya menjadi jujugan berlibur antara lain negara negara asia timur seperti jepang, korea dan juga china. Sementara untuk destinasi yang agak jauh, misalnya negara negara Timur Tengah seperti dubai dan uni emirat arab juga menjadi destinasi favorit.

Nah, selain dua destinasi favorit di atas, memilih liburan ke benua eropa juga menjadi rekomendasi paling banyak dipesan lewat tour and travel. Negara negara eropa dipilih dengan berbagai faktor pertimbangan, misalnya adalah target liburan jangka panjang, memiliki destinasi wisata dan sejarah yang ikonik serta menjadi destinasi perjalanan panjang yang melewati negara negara asia biasanya.

Baca Juga  45 Bahasa Jerman Dasar yang Sangat Berguna Saat Traveling

Jadi beberapa orang memang menargetkan berlibur ke eropa dengan menabung bertahun-tahun, sementara yang lain menjadikan eropa sebagai tujuan berlibur setelah transit liburan di asia tengah misalnya seperti turki. Sisanya adalah mereka yang ingin berlibur sesekali ke eropa untuk mengisi cuti atau liburan panjang.

Beberapa negara favorit di eropa yang menjadi tujuan wisata masyarakat indonesia antara lain Inggris, Belanda, Perancis dan juga Jerman. Beberapa negara besar ini memiliki destinasi wisata yang ikonik dan tentu saja memorable. Misalnya menara eifel di paris, menara jam di London hingga tempat tempat wisata seputar perang dunia pertama dan kedua juga mudah ditemukan di negara Jerman.

Pada artikel ini akan membahas lebih mendalam mengenai liburan ke jerman sebagai salah satu opsi menarik untuk dipertimbangkan. Jerman adalah negara besar, memiliki pantai dan deretan pegunungan dan tepat memiliki sejarah panjang mengenai perang dunia pertama dan kedua yang bisa anda jadikan perjalanan sejarah paling mengesankan.

Kenapa Memilih Liburan ke Jerman?

liburan ke jerman

Banyak alasan orang memilih untuk liburan ke jerman, utamanya memang ingin refreshing dari kepenatan, sementara sisanya ingin mengenal jerman lebih dekat seperti daerah wisatanya, objek sejarahnya hingga kebudayaan jerman secara lebih mendalam.

Beberapa yang lain mungkin memilih liburan ke jerman karena memiliki sanak saudara disana, pernahs berkuliah di jerman, atau ingin berkenalan dengan orang-orang jerman. Apapun itu alasan utama memilih liburan ke jerman. Jerman memiliki banyak faktor utama yang bisa menjadi rekomendasi kalian untuk liburan ke negara panser ini, berikut alasan-alasan utama yang perlu kamu baca:

1. Penerbangan dari Indonesia ke Jerman memiliki banyak pilihan, baik itu penerbangan bertipe murah ataupun penerbangan premium, liburan ke jerman jadi semakin mudah. Anda bisa memilih maskapai yang transit di timur tengah maupun maskapai yang melakukan penerbangan langsung dan hanya transit di negara eropa saja, semua ada.

2. Jerman memiliki banyak objek-objek wisata klasik, misalnya adalah kastil-kastil jaman abad pertengahan. Pengalaman ini tentu tidak akan anda temukan di negara negara lain, mungkin anda bisa menemukan kastil abad pertengahan serupa di Inggris atau Spanyol. Tetapi nuansanya tentu saja berbeda, kastil-kastil di Jerman bahkan berdiri kukuh bersama dengan mitosnya termasuk soal drakula itu, tertarik liburan ke jerman?

3. Jerman memiliki objek wisata alam yang juga fenomenal, misalnya kebun anggur, deretan pegunungan alpen yang dingin dan membeku sepanjang musim dingin. Ingin merasakan dinginnya musim salju sambil makan roti dan kopi? Maka memilih liburan ke jerman bisa anda coba.

4. Pengen liburan sambil bertemu mahasiswa-mahasiswa Indonesia? Jangan khawatir liburan ke jerman akan mengantarkan anda bertemu dengan mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang sedang bersekolah disana. Anda bisa bertemu mahasiswa yang tergabung dalam Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) dan bisa berkonsultasi memilih kampus-kampus keren di Jerman.

5. Pengen liburan ke tempat-tempat ikonik sepakbola? Jerman tentu pilihannya. Memilih liburan ke jerman anda bisa mengunjungi stadion milik Bayern Muenchen atau Bayer Leverkusen.

Selain Liburan, Magang dan Homestay juga bisa di Jerman

liburan ke jerman

Nah, ini adalah opsional yang jarang orang pikirkan. Memilih liburan ke jerman tidak harus semuanya berlibur dan bersenang-senang. Anda masih bisa memilih untuk berlibur sambil bekerja atau menyerap ilmu dari masyarakat Jerman.

Caranya bagaimana? Tentu saja anda bisa memilih untuk magang atau homestay atau kerja sosial di negara jerman. Tentu saja ini adalah pekerjaan legal yang ditawarkan pemerintah federal jerman kepada masyarakat internasional termasuk Indonesia.
Lalu apa yang dimaksud dengan bekerja dan juga liburan? Tentu saja bukan kemudian bekerja sambil liburan. Tentu saja anda bisa bekerja di saat jam kerja dan kemudian berlibur di saat hari libur. Enak kan, berikut beberapa pilihan jika ingin magang kerja dan sambil liburan:

1. Magang kerja di jerman biasa disebut dengan ausbildung, ini adalah program andalan pemerintah federal jerman untuk mendidik calon pekerja menjadi pekerja yang anda. Kabar baiknya adalah program ini bisa diikuti oleh masyarakat Indonesia. Anda bisa mendaftar ausbildung dari Indonesia melalui jasa konsultan pendidikan, kedubes jerman di Indonesia atau misi pendidikan Jerman di konsulat jenderalnya.

2. Program kedua adalah homstay di keluarga jerman. Program ini juga terbuka bagi masyarakat Indonesia. Program homestay di jerman ini dikenal sebagai pekerja domestik, anda akan membantu pekerjaan keluarga jerman dalam ranah domestik, digaji sesuai aturan hukum dan mempunyai kesempatan liburan di jerman. Enak kan? Oya program homestay ini sendiri merupakan program kebudayaan untuk memperlancar bahasa jerman anda.

3. Program sosial atau fsz ini terkenal sebagai program komunitas. Anda bisa bergabung ke dalam program-program sosial komunitas di jerman dan bisa bergabung sebagai relawannya. Di sela-sela pekerjaan anda nantinya bisa liburan ke jerman bahkan ke beberapa daerah yang kurang terkenal di media Indonesia.

Baca Juga  Beasiswa S1 Jerman Full dan Tips Penting Mengajukan Beasiswa

Liburan ke Jerman sekalian sekolah, kenapa tidak?

Nah, ini juga opsi liburan ke jerman yang jarang orang pikirkan, tetapi biasanya telah menjadi rencana strategi mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang memang dari awal ingin berkuliah di Jerman.

Keuntungan memilih sekolah sambil liburan ke jerman adalah anda memiliki visa pelajar dalam jangka panjang, bebas berkeliling jerman dan bahkan bebas keluar masuk negara negara eropa yang tergabung ke dalam uni eropa (hal ini karena faktor visa schengen).

Keuntungan lainnya bersekolah sambil liburan ke jerman adalah anda bisa memperluas jejaring pertemanan anda dengan sesama pelajar dari jerman. Biasanya di kala liburan musim panas, mahasiswa jerman akan mengajak mahasiswa internasional untuk liburan ke daerah asal mereka. Anda bisa menikmati liburan ke daerah-daerah terpencil di jerman yang belum banyak ditulis.
Jika anda ingin liburan ke jerman sambil berkuliah, maka siapkan dari jauh-jauh hari kalau bisa dari tahun-tahun sebelumnya, berikut beberapa tips dan trik yang bisa disiapkan:

1. Kampus-kampus di jerman biasanya memiliki waktu liburan panjang di masa musim panas, anda bisa merencanakan liburan panjang di musim panas dengan keliling jerman, berkeliling eropa atau pulang kampung ke Indonesia.

2. Persiapan liburan ke jerman dan juga eropa bisa direncanakan dengan memilih moda transportasi dari jauh-jauh hari. Misalnya jika anda ingin berkeliling eropa, maka pastikan kereta yang anda pilih sudah mempunyai jadwal yang tetap, anda sudah membeli tiket kereta, penginapannya dimana hingga sampai detail pengeluaran makan dan minum, ingat di beberapa kota besar di eropa harga makanan dan minuman bisa jadi berbeda.

3. Manfaatkan semester tiket atau student card untuk liburan ke jerman bagi anda yang berstatus mahasiswa. Dengan menggunakan semester tiket dan student card akan menghemat biaya liburan anda.

4. Mahasiswa adalah kelompok yang suka menghemat, maka ketika anda berjalan-jalan ke jerman atau negara eropa, maka pilihlah makanan dan minuman yang simpel dan tidak mahal, misalnya makan hotdog saja atau donner kebab turki yang murah meriah.

Liburan ke Jerman dengan Paket Hemat

liburan ke jerman

Selanjutnya berikut beberapa tips dan trik bagi yang ingin melakukan liburan ke jerman, baik dari Indonesia terbang ke jerman ataupun dari jerman ingin keliling jerman dan keliling eropa.

1. Jika dari Indonesia dan ingin berlibur ke eropa, anda bisa memilih mengajukan visa schengen di kedubes jerman, nantinya anda akan mendarat di jerman, keliling eropa dan pulang dari eropa melalui jerman untuk ke Indonesia.

2. Booking online lebih awal, ini adalah strategi umum jika ingin memesan pesawat, memesan hotel bahkan dalam skala hotel murah sekalipun serta memesan asuransi perjalanan.

3. Siapkan anggaran ekstra hingga 30% yang terpisah dari rekening utama. Ini untuk menjaga agar finansial anda tetap aman saat berada di negeri orang.

4. Siapkan copy pasport dan visa ke dalam bagasi terpisah. Kasus pencurian pasport dan barang-barang di negara eropa merupakan hal yang perlu diwaspadai. Jika anda menjadi korban pencurian, maka copy pasport dan visa anda bisa diajukan ke kedutaan besar republik indonesia atau konsulat jenderal untuk jadi dasar penerbitan surat perjalanan laksana pasport.

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.