Luas Wilayah Jerman, Perbatasan dan Letak Geografisnya

Luas Wilayah Jerman, Perbatasan dan Letak Geografisnya

Luas Wilayah Jerman – Menjadi negara maju, Jerman adalah salah satu negara di Eropa yang sangat diminati banyak orang. Banyak yang ingin ke Jerman untuk berwisata, sekolah dan juga bekerja. Bagaimana tidak, negara ini memiliki banyak hal menarik seperti kebudayaan, pemandangan dan juga kulinernya.

Sebagai negara maju Jerman terdiri dari 16 negara bagian dengan luas wilayah 357.386 km2. Negara ini berbatasan dengan sembilan negara, oleh karena itu membutuhkan sangat strategis dan salah satu alasan membuatnya sebagai negara dengan ekonomi terkuat.

Berikut ini perbatasan negara Jerman dengan negara tetangga.

Bagian Utara : Denmark
Bagian Timur : Polandia dan Ceko
Bagian Timur Laut : Swedia dengan Laut Baltik
Bagian Selatan : Swiss
Bagian Tenggara : Austria
Bagian Barat : Belgia
Bagian Barat Daya : Perancis
Bagian Barat Laut : Belanda dan Laut Utara

Dilihat dari luas wilayah Jerman, negara ini termasuk sebagai negara ketujuh yang terbesar di Eropa. Mulai dari bagian utara hingga selatan, topografi Jerman sangatlah bervariasi. Seperti apakah letak geografis dari Jerman?

Letak Geografis Negara Jerman

Negara Jerman sangat lengkap jika dilihat dari geografisnya, baik itu pantai hingga pegunungan terdapat di sini. Siapa saja yang berkunjung ke Jerman pasti bisa merasakan hangatnya udara pantai dan dinginnya udara di pegunungan Alpen sambil bermain ski.

Bentang alam Jerman bisa dilihat dari pegunungan Harz dan Rothaar Gebirge dengan banyak hutan yang lebat. Bagian ini terdapat di bagian Jerman tengah, mulai dari hutan ini ke selatan maka akan muncul perbukitan bundar dan juga pegunungan Eifel dan Hunsrueck. Pegunungan ini berada di dataran tinggi lembah sungai Rhine.

Mulai dari bagian Jerman tengah ke bagian timur maka dikelilingi oleh pegunungan Vogelsberg dan dataran tinggi Rhon. Ada juga hutan Thuringian yang menjadi bagian paling mendominasi di wilayah timur. Jika diteruskan jauh ke wilayah timur maka terdapat pegunungan Ore dimana berbatasan dengan Republik Ceko.

Di bagian selatan Jerman, banyak perbukitan yang indah dengan hutan lebat. Hutan Bohemian terdapat di pegunungan yang lebih rendah hingga berbatasan dengan Ceko. Pada bagian barat daya, Sungai Rhine yang panjang dan hutan Black Forest akhirnya berbatasan dengan Perancis.

Berbeda dengan bagian selatan, di bagian utara Jerman terbentang pantai utara dengan beberapa kepulauan seperti Frisian, Terdapat dua jenis laut disini yaitu Laut Baltik dan Laut Utara. Beberapa pulau kecil menjadi penghalang ombak besar di bagian Laut Utara sehingga sepanjang garis pantai hanya diliputi ombak yang kecil.

Puluhan sungai yang indah menjadi daya tarik utama Jerman. Sungai yang terpanjang adalah sungai Rhine yang berasal dari pegunungan Alpen di Swiss. Panjang sungai ini adalah 1.319 km dan memiliki banyak sekali anak sungai.

Post a Comment