Mana Saja Negara yang Menggunakan Bahasa Perancis?

Mana Saja Negara yang Menggunakan Bahasa Perancis?

Negara yang Menggunakan Bahasa Perancis – Perancis mirip dengan Italia, Portugis dan Spanyol yaitu bahasa Romawi. Bahasa ini adalah bahasa yang dulu digunakan oleh banyak bangsa Romawi dan dikenal sebagai bahasa Latin biasa. Bahasa ini kemudian disebarluaskan oleh koloni Romawi tetapi jatuhnya bangsa Romawi membuat banyak perpaduan budaya bahasa yang terjadi.

Bahasa latin umum ini dibagi menjadi berbagai macam dialek, yang tentu saja menjadi bahasa Romawi yang kini banyak kita kenal. Nah khusus untuk bahasa Perancis, dialek yang digunakan adalah Gallo. Dialek ini berasal dari Perancis utara dan menggantikan bahasa Latin yang dulunya digunakan pada tahun 1539.

Orang yang meresmikan bahasa ini adalah François I dan saat ini negara yang menggunakan bahasa Perancis berjumlah 24. Jumlah tersebut sangat banyak, sehingga membuat bahasa Perancis sebagai bahasa yang banyak digunakan setelah bahasa Inggris. Berapa jumlah orang di dunia yang menggunakan bahasa Perancis? Jawabannya adalah sekitar 300 juta.

Jumlah tersebut termasuk orang yang menggunakan bahasa Perancis sebagai bahasa utama dan juga sebagai bahasa kedua. Bahasa ini dapat menyebar melalui koloni Perancis yang tersebar di seluruh belahan dunia. Tidak hanya itu, bahasa ini juga menjadi bahasa resmi yang dipelajari di lima benua.

Nama Negara yang Menggunakan Bahasa Perancis

Seperti yang telah dijelaskan bahwa 24 negara di dunia menggunakan bahasa Perancis sebagai bahasa resmi di negara mereka. Dari 24 negara ini yang paling banyak menggunakannya adalah di benua Afrika.

Berikut ini 24 negara yang menggunakan bahasa Perancis.

Belgia
Benin
Burkina Faso
Burundi
Kamerun
Kanada
Chad
Pantai Gading
Republik Demokratik Kongo
Djibouti
Guinea Ekuatorial
Prancis, Haiti
Luksemburg
Madagaskar
Mali
Monako
Niger
Rwanda
Rwanda
Senegal
Seychelles
Swiss
Togo
Vanuatu.

Bagaimana bahasa Perancis bisa sampai ke benua Amerika Pada awal abad ke 16 banyak orang Perancis yang melakukan penjelajahan ke Atlantik dan bagian timur kanda. Bahkan Perancis juga memiliki tanah di Amerika sebesar 827 square km di wilayah sungai Mississippi. Wilayah ini sekarang dikenal sebagai Louisiana dan hingga kini masih banyak masyarakat di sana yang masih menggunakan bahasa Perancis.

Bahasa Perancis yang digunakan di Eropa dan Kanada cukup berbeda. Perbedaan ini terdapat pada pelafalan, kosakata dan juga tata bahasa. Bahasa Perancis pertama kali datang di Kanada adalah abad ke 17 dan 18. Perkembangan bahasa terjadi di kedua tempat yaitu Eropa dan juga Kanan. Namun perubahan bahasa yang terjadi di Eropa sendiri lebih cepat dibandingkan perubahan di Kanada.

Perubahan yang lambat tersebut membuat bahasa Perancis di Kanada masih mengacu pada bahasa Perancis aslinya. Ciri utamanya adalah bahasa Perancis di Kanada lebih informal daripada di Eropa.

Tidak hanya Amerika saja, Afrika adalah benua dimana masyarakatnya paling banyak menggunakan bahasa Perancis. Diperkirakan lebih dari 80% masyarakat di beberapa negara Afrika adalah native speaker bahasa Perancis. Walaupun ada pula di beberapa negara yang masih kental dengan dialek asli dan menggabungkannya dengan bahasa Perancis.

Bahasa Perancis di bagian Afrika Utara juga memiliki pengaruh dari bahasa Arab. Tentu saja hal ini akan mempengaruhi masalah pelafalan dan kosakata yang digunakan. Banyak sekali kosakata Arab yang memiliki arti sangat berbeda dengan bahasa Perancis.

Sedangkan di bagian Afrika tengah, bahasa Perancis banyak digunakan negara Republik Demokratik Kongo. Bahasa Perancis yang digunakan disini cukup berbeda karena berasal dari Belgia. Di negara Kongo, bahasa Perancis digunakan berdampingan dengan 242 bahasa lokal lainnya.

Post a Comment