Sistem Pendidikan di Perancis dari TK hingga Pendidikan Tinggi

Sistem Pendidikan di Perancis dari TK hingga Pendidikan Tinggi

Pendidikan di Perancis – Tahukah kamu bagaimana sistem pendidikan di Perancis? Sistem pendidikan Perancis merupakan salah satu sistem pendidikan yang terbaik di dunia. Pendidikan adalah hal yang wajib di Perancis dari usia 6 hingga 16 tahun.

Walaupun pendidikan wajib dimulai ketika anak – anak berusia 6 tahun, namun sebagian besar anak – anak mulai sekolah mulai mereka berumur 2 tahun atau 3 tahun. Simak bagaimana sistem pendidikan si Perancis dari taman kanak – kanak hingga sekolah menengah atas berikut ini.

Sistem Pendidikan di Perancis Mulai dari TK Hingga Pendidikan Tinggi

1. Ecole Maternelle : Preschool di Perancis (Tidak Wajib)

Ecoles Maternelle (TK atau Pra sekolah) ditujukan untuk siswa yang berusia antar 2 hingga 6 tahun. Ecole Maternelle mempersiapkan siswa untuk masuk ke sekolah dasar. Ecole Maternelle bukan hanya taman bermain saja.
Tetapi Ecole Maternelle juga memiliki kurikulum yang mencakup membaca, menulis, berhitung, bahkan terkadang mencakup bahasa asing serta kegiatan kreatif dan artistik.

2. Ecole primaire atau Ecole élémentaire: Sekolah Dasar (Wajib)

Ecole élémentaire atau sekolah dasar adalah pendidikan wajib 5 kelas untuk anak – anak yang berusia 6 – 11 tahun. Sistem pendidikan di Perancis untuk sekolah dasar ini hampir sama dengan negara – negara lainnya, yaitu mencakup melek huruf, berhitung, aritmatika dengan kelas – kelas bahasa Perancis.
Sekolah dasar di Perancis juga mempelajari geografi, sejarah, seni, dan bahasa asing, biasanya bahasa Inggris.

3. Le Collège : Sekolah Menengah Prancis (Wajib)

Le Collège atau sekolah menengah Perancis merupakan pendidikan wajib untuk anak – anak antara usia 11 hingga 15 tahun. Sistem pendidikan di Perancis untuk sekolah menengah ini dirancang untuk memberikan pendidikan menengah yang mendasar kepada semua siswa.

Baca Juga  Fakta Menarik Tentang Kebudayaan Negara Perancis

Program di Le Collège meliputi matematika, bahasa Perancis, sejarah, geografi, pendidikan teknis, seni / musik, pendidikan jasmani, pendidikan kewarganegaraan, beberapa sains, dan setidaknya satu bahasa asing. Empat kelas, sesuai dengan kelas 6 hingga 9, disebut sixième, cinquième, quatrième dan troisième.

4. Le Lycée : Sekolah Menengah Atas

Le Lycée atau Sekolah Menengah Atas di Perancis untuk anak – anak yang berusia antara 16 – 18 tahun. Sistem pendidikan di Perancis untuk sekolah menengah atas ini ditempuh selama 3 tahun.

Le lycée dapat dalam studi umum, dengan beberapa spesialisasi seperti dalam bahasa atau ilmu pengetahuan yang mengarah ke diploma Baccalauréat général atau mempersiapkan siswa dengan keahlian khusus (penata rambut, seorang juru masak, mekanik) yang mengarah ke yang mengarah ke diploma CAP atau BEP.

Siswa dapat memilih antara belajar untuk teknologi baccalauréat yang mempersiapkan mereka untuk studi profesional yang lebih tinggi, atau saluran profesi abaccalauréat yang menyiapkan mereka untuk memasuki pasar kerja segera melalui pelatihan kejuruan.

5. L’université : Perguruan Tinggi

Sistem pendidikan di Perancis untuk pendidikan tinggi menyediakan 2 jenis universitas yaitu universitas negeri yang setiap baccalauréatnya memadai, dan grandes écoles yang menetapkan standar lebih tinggi. Grandes écoles umumnya lebih fokus pada satu tema seperti teknik atau ilmu bisnis.

Nah, itulah tingkatan sistem pendidikan di Perancis. Studi di Perancis adalah wajib sampai anak mencapai 16 tahun. Setelah menempuh pendidikan wajib, mereka bisa melanjutkan pendidikan di sekolah atau dalam beberapa jenis program studi / magang.

No Comments

Post A Comment