Kemajuan Perekonomian Negara Jerman Disebabkan 5 Hal Ini

Kemajuan Perekonomian Negara Jerman Disebabkan 5 Hal Ini

Perekonomian Negara Jerman – Ekonomi negara Jerman sangat kuat di Eropa hingga dunia. Fakta ini tidak terbantahkan karena Jerman menguasai pasar ekspor dan juga banyak industri berkembang pesat. Tidak heran jika Jerman disebut sebagai negara maju. Menurut pemimpin German Institute for Economic Research (DIW) Marcel Fratzscher, Jerman memiliki posisi ekonomi yang sangat baik.

Tidak ada lagi alasan untuk panik, karena pasar buruh sangat kuat, dan banyak perusahaan yang sangat kompetitif. Bahkan pandangan masyarakat juga sangat baik. Sesuatu yang bisa membuat ekonomi Jerman melemah adalah secara psikologi. Ketika masyarakat takut akan kegagalan maka konsumsi semakin menurun dan mengakibatkan pelemahan investasi pada perusahaan.

Melihat majunya pemikiran masyarakat Jerman saat ini, tentu saja tidak ada lagi ketakutan bagi masyarakat untuk mengalami kegagalan. Ditambah dengan sifat orang Jerman yang sangat disiplin dan memiliki etos kerja yang sangat tinggi. Inilah salah satu alasan dibalik kuatnya perekonomian negara Jerman.

Penyebab Majunya Perekonomian Jerman

Mengulik tentang alasan mengapa ekonomi Jerman hingga saat ini sangat kuat, tentu bukan hanya pola pikir masyarakat dan sikap mereka. Itu hanyalah salah satu faktor yang akhirnya membangun semua industri meningkat. Majunya perekonomian Jerman hingga saat ini membuat banyak orang dari negara lain ingin bekerja dan tinggal disana.

Apa rahasia Jerman menjadikan ekonomi menjadi sangat kuat? Apakah karena pemerintahannya? Atau karena letak negara yang strategis? Berikut ini alasan mengapa Jerman memiliki ekonomi yang kuat dan maju.
Melakukan ekspor barang berkualitas
Apa yang membuat Jerman menjadi seperti sekarang ini adalah produk yang diciptakan. Jerman telah melakukan ekspor ke berbagai negara semua produk yang diciptakan secara berkualitas. Bahkan beberapa barang tidak dapat diciptakan di negara lain dengan kualitas yang sama. Melakukan ekspor dengan produk ini telah memberikan kesempatan yang sangat besar di zona Eropa.

Tingkat pekerjaan yang baik

Negara Jerman memberikan tingkat pekerjaan yang sangat baik bagi semua masyarakatnya. Pada tahun 2018 saja jumlah orang yang menganggur adalah 2,2 juta. Sedangkan angka tersebut adalah level terendah sejak Jerman bersatu kembali. Perusahaan besar di Jerman yang memiliki tingkat karyawan terbanyak adalah Volkswagen dengan total 642 ribu karyawan di seluruh dunia. Kemudian disusul Deutsche Post sebesar 519 prang, Robert Bosch sebanyak 402 ribu dan Siemens sebesar 372 ribu.

Banyak perusahaan menengah dengan kualitas terbaik

Apa yang membentuk ekonomi Jerman saat ini justru bukanlah perusahaan besar namun perusahaan menengah. Perusahaan yang memiliki omset secara tahunan 50 juta euro dan kurang dari 500 karyawan lebih banyak. Sektor ekonomi ini mencakup 99.5% dari semua perusahaan Jerman. Lebih dari seribu perusahaan ini adalah juara tersembunyi dari Jerman. Bahkan seringkali menjadi pemimpin pasar initernasional walaupun namanya kurang terkenal.

Lokasi perdagangan yang terbaik di dunia

Jerman adalah negara yang memiliki lokasi utama di dunia, khususnya ketika penyelenggaraan pameran perdagangan secara internasional. ⅔ dari acara yang berhubungan dengan industri diselenggarakan disini. Artinya sepuluh juta pengunjung akan menghadiri sekitar 150 pameran yang diselenggarakan tahunan. Banyaknya pengunjung dari berbagai negara ini memudahkan banyak perusahaan skala nasional Jerman masuk ke skala internasional dengan ekspor.

Meningkatkan industri menjadi lebih maju

Jerman demi mempertahankan ekonominya selalu memproduksi barang berkualitas, jadi ketika diekspor tidak akan ada penolakan dan selalu mendapatkan harga yang tinggi. OIeh karena itu perusahaan industri di Jerman selalu mencari teknologi terbaru untuk bisa mempertahankan kualitas produk mereka. Baik itu di sektor otomotif atau permesinan.

Post a Comment