Gambaran Perekonomian Negara Perancis

Gambaran Perekonomian Negara Perancis

Perekonomian Negara Perancis – Perancis adalah salah satu negara paling modern di dunia dan menjadi negara yang paling banyak dikunjungi turis di dunia. Negara ini dikunjungi turis asing sedikitnya 75 juta per tahun. Hal ini menjadikan perekonomian negara Perancis mendapatkan peringkat ke-3 dari pendapatan terbesar di bidang pariwisata.

Negara Perancis berkomitmen pada kapitalisme dimana negara ini mempertahankan keadilan sosial melalui undang – undang, kebijakan pajak, serta pengeluaran sosial yang mengurangi kesenjangan pendapatan dan dampak pasar bebas terhadap kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Perekonomian negara Perancis beralih dari yang memiliki kepemilikan dan intervensi pemerintah yang luas ke ekonomi yang lebih bergantung pada mekanisme pasar. Menurut majalah Fortune, 32 perusahaan Perancis masuk dalam 500 perusahaan terbesar di dunia pada tahun 2012. Simak gambaran perekonomian negara Perancis dengan sektor – sektor industrinya yang menonjol berikut ini.

Gambaran Perekonomian Negara Perancis

Sektor – sektor perekonomian negara Perancis yang menonjol diantaranya:

1. Sektor Pertanian

Negara Perancis memiliki hamparan pertanian yang luas. Komoditi Perancis yang paling terkenal di dunia adalah anggur dan keju Perancis. Era globalisasi mendorong terjadinya modernisasi di bidang pertanian sehingga sektor pertanian mengadopsi sebagian metode modern.
2. Sektor Industri

Industri negara Perancis yang terkemuka adalah metalurgi, teknik mesin dan listrik, tekstil, bahan kimia, serta pembuatan pesawat terbang dan mobil. Produsen mobil di Perancis yang mendunia adalah Renault dan Citroen. Perancis juga memiliki industri pembuatan pesawat terbang yang terkenal di dunia yaitu Airbus.

Airbus merupakan industri kebanggaan Perancis yang telah menguasai sebagian besar pasar pesawat komersial dan menjadi pesaing utama Perusahaan Boeing (produsen pesawat asal AS). Perancis tidak terlalu kaya akan sumber daya alam selain bauksit.

Baca Juga  Gambaran Sistem Pendidikan di Perancis

Namun, Perancis memproses barang impor menjadi produk komersial dan menjualnya kembali di dalam negeri maupun ke seluruh dunia. Di sektor industri susu, Lactalis dan Danone menduduki posisi kedua dan ketiga di dunia.
Selain itu, Perancis menjadi ibukota mode dunia dengan produk tekstil yang terbaik di dunia. Parfum yang diproduksi Perancis juga terkenal di dunia.

3. Sektor Jasa

Perancis memiliki sektor jasa yang beragam dan menonjol. Beberapa bukti yang menunjukkan sektor jasa negara Perancis cukup menonjol yaitu:

• Paris memiliki pasar saham terbesar ke-5 di dunia.
• 4 Bank Perancis berada di peringkat 25 bank terbesar di dunia.
• Industri asuransi Perancis menempati urutan ke-5 di dunia.

Selain hal – hal yang disebutkan di atas, Paris dikenal di dunia karena atraksi budaya, arsitektur, dan gaya hidup kosmopolitannya. Itu sebabnya negara Perancis merupakan salah satu dari tiga negara yang paling banyak dikunjungi di dunia bersama dengan negara Spanyol dan Amerika Serikat.

No Comments

Post A Comment