Cara Mudah Bisa S2 di Jerman dengan Mendapatkan Beasiswa

Cara Mudah Bisa S2 di Jerman dengan Mendapatkan Beasiswa

S2 di Jerman – Kuliah gratis di Jerman siapa yang akan menolak, jika saat ini kamu mendapatkan tawaran ini pasti akan langsung mengiyakan. Salah satu cara untuk bisa kuliah di Jerman adalah dengan mendapatkan beasiswa. Saingan mendapatkan beasiswa ini cukup ketat walaupun saat ini sudah banyak sekali pilihan beasiswa.

Jangan sampai salah pilih jenis beasiswa karena masing-masing dibagi sesuai dengan jurusan dan jumlah yang akan didapatkan. Jika kamu ingin kuliah penuh di Jerman bebas biaya maka carilah full funding beasiswa, kamu juga bisa memilih beasiswa yang akan memenuhi biaya kuliah saja.

Untungnya saat ini tidak dibatasi berapa jumlah beasiswa yang bisa kamu ikuti, walaupun nantinya yang lolos adalah satu. Setidaknya peluang akan menjadi semakin meningkat jika kamu mendaftarkan diri lebih dari satu beasiswa.

Tata cara mendapatkan beasiswa pun tidak terlalu sulit. Kamu tidak harus pergi ke Jerman untuk mengikuti ujian, cukup melalui internet kamu bisa mendaftarkan diri. Ada banyak persyaratan diri untuk bisa mendapatkannya, oleh karena itu penting untuk mempersiapkan diri sebelum mendaftar.

Usaha untuk Bisa S2 Jerman dengan Beasiswa

Informasi terkait dengan S2 di Jerman menggunakan beasiswa kin sangat mudah didapatkan. Kamu bisa langsung masuk ke situs penyelenggara beasiswa langsung. Beberapa beasiswa bahkan diselenggarakan oleh universitas, jadi kamu bisa langsung mendaftar dengan mudah.

Dibutuhkan usaha yang sangat keras untuk mendapatkan beasiswa. Usaha ini nantinya akan membuahkan hasil yang menyenangkan. Bagi kamu yang sudah siap ikuti beberapa cara berikut ini untuk bisa mendapatkan kuliah gratis S2 Jerman dengan mudah.

Menguasai bahasa Jerman

Kamu akan mengajukan untuk bisa kuliah di negara asing, jadi penting sekali untuk menguasai bahasa mereka. Nantinya semua mata pelajaran akan diajarkan menggunakan bahasa Jerman, jadi jika kamu tidak menguasainya bagaimana bisa belajar. Syarat pertama untuk mendapatkan beasiswa dan bisa lolos masuk ke universitas adalah menguasai bahasa Jerman.

Bukan hanya bahasa Jerman dasar saja, namun kamu juga harus membuktikannya melalui tes bahasa Jerman. Baik itu untuk level B1 atau B2, perlu persiapan dengan mengikuti kursus bahasa Jerman terlebih dahulu sebelumnya.

Menguasai bidang yang hendak dipelajari

Penguji beasiswa biasanya adalah dosen atau profesional di bidang yang ingin kamu pelajari di tingkat S2. Tentu saja kamu harus memiliki gambaran apa yang ingin dilakukan setelah lulus nantinya. Hal ini juga menjadi motivasi bagi kamu mengapa ingin melanjutkan kuliah di bidang tersebut.

Surat motivasi yang ditulis dengan tangan menggunakan bahasa Jerman akan sangat menentukan apakah kamu lolos mendapatkan beasiswa. Jelaskan secara terperinci, apa tujuan kamu dan bagaimana langkah-langkah yang diambil secara detail. Apa hubungannya dengan melanjutkan perkuliahan S2 Jerman.

Melengkapi semua dokumen sebelum deadline

Catat kapan terakhir pengumpulan dokumen untuk bisa memperkirakan berapa lama kamu akan mengurus semua dokumennya. Jangan sampai melewatkan satu jenis dokumen yang dibutuhkan, karena kamu bisa gagal dalam seleksi administrasi. Dokumen penting yang dibutuhkan bukan hanya bukti kelulusan tes bahasa Jerman dan surat motivasi saja.

Beberapa dokumen penting seperti ijazah yang sudah di translate dengan bahasa Jerman menggunakan translator yang resmi. Ada pula paspor, dan dokumen lain yang membuktikan kesiapan kamu untuk bisa mendapatkan beasiswa dan melanjutkan kuliah.

Apakah kamu sudah memiliki ketiga persyaratan di atas? Jika belum, mulailah untuk mengukir prestasi sebanyak-banyaknya dari sekarang. Semua prestasi itu pasti akan berguna agar bisa lolos mendapatkan beasiswa.

Post a Comment