5 Hal yang Perlu Kamu Tahu Mengenai Sistem Pemerintahan Jerman

5 Hal yang Perlu Kamu Tahu Mengenai Sistem Pemerintahan Jerman

Sistem Pemerintahan Jerman – Jerman merupakan negara yang terletak di Eropa Tengah dan Barat yang berbatasan dengan Denmark sebelah di utara, Austria di selatan, Polandia dan Republik Ceko di timur, dan Perancis, Luksemburg, Belgia, dan Belanda di sebelah barat.

Negara yang beribukota di Berlin ini merupakan negara berdaulat dengan sistem pemerintahan Jerman parlementer. Jerman memiliki ekonomi yang kuat, dan menjadi terbesar keempat di dunia dengan standar hidup yang sangat tinggi. Mau tahu seperti apa sistem pemerintahan Jerman? Simak informasinya berikut ini.

Sistem Pemerintahan Jerman

1. Jerman adalah Negara Repulik dengan Sistem Pemerintahan Parlementer

Jerman adalah negara republik dengan nama lengkap dalam bahasa Jerman yaitu Die Bundesrepublik Deutschland, atau Republik Federal Jerman. Negara Federal Jerman terdiri dari enam belas negara bagian (Länder).
Kekuasaan didistribusikan antara pemerintah federal dan negara bagian. Sistem pemerintahan Jerman adalah sistem pemerintahan parlementer dengan kepala negaranya Presiden dan kepala pemerintahannya Kanselir.

2. Sistem Konstitusi Jerman

Jerman memiliki konstitusi tertulis yang disebut das Grundgesetz. Konstitusi ini menjadi sistem hukum dasar Republik Federal Jerman. Grundgesetz telah dinyatakan sebagai undang – undang dasar yang terbaik dan paling liberal yang pernah ada di Jerman.

Di tingkat federal, konstitusi Jerman membagi kekuasaan antara lembaga eksekutif, lembaga legislatif, dan peradilan. Undang – Undang Dasar memberikan hak dan fungsi utama kepada Parlemen.

3. Lembaga Legislatif Republik Federal Jerman

Kekuasaan legislatif dibagi antara Bundestag dan Bundesrat. Anggota Bundestag dipilih langsung setiap empat tahun oleh warga yang memiliki hak pilih. Bundesrat mewakili pemerintah negara – negara regional.
Tugas parlemen Jerman adalah membuat undang-undang, melakukan pengawasan pekerjaan pemerintah. Bundestag memerlukan persetujuan Bundesrat untuk undang-undang yang diusulkan terkait dengan hal – hal tertentu. Selain itu, Bundestag juga memiliki tugas untuk memilih kanselir federal

Baca Juga  Universitas yang Menawarkan Kuliah Gratis di Jerman

4. Lembaga Eksekutif Republik Federal Jerman

Kabinet Jerman adalah badan eksekutif utama Jerman, dan terdiri dari kanselir dan menteri kabinet. Presiden Jerman adalah kepala negara, yang merupakan jabatan seremonial. Presiden Federal mewakili Republik Federal Jerman dalam masalah hukum internasional, membenarkan keberadaannya, legitimasi, dan persatuannya dengan dunia pada umumnya. Presiden Jerman saat ini adalah Frank-Walter Steinmeier.

Sementara Kanselir Federal menjalankan pemerintahan dan operasional sehari – hari. Kanselir federal Jerman (Bundeskanzler) memimpin pemerintah federal (Bundesregierung), mengawasi cabang eksekutif pemerintah.
Kanselir berwenang menentukan garis besar kebijakan politik yang bersifat mengikat dan mengangkat para menteri federal serta wakil kanselir yang dipilih di antara para menteri. Kanselir dipilih untuk masa jabatan empat tahun oleh Bundestag. Jabatan Kanselir saat ini dipegang oleh Angela Merkel.

5. Lembaga Yudisial Republik Federal Jerman

Pengadilan Federal Jerman adalah pengadilan tertinggi. Sementara Mahkamah Konstitusi Federal adalah pengadilan tertinggi yang ditugasi menangani urusan Konstitusi. Pengadilan umum menangani kasus pidana dan perdata.

Pengadilan khusus untuk menangani kasus – kasus yang berkaitan dengan administrasi, ketenagakerjaan, fiskal, sosial dan hukum paten. Mahkamah Konstitusi Federal hanya digunakan untuk menangani kasus yang berkaitan dengan Konstitusi.

No Comments

Post A Comment