Sistem Pendidikan di Jerman untuk Pendidikan Tinggi

Sistem Pendidikan di Jerman untuk Pendidikan Tinggi

Sistem Pendidikan di Jerman – Jerman merupakan salah satu negara di Eropa yang terkenal memiliki pendidikan yang berkualitas. Sistem pendidikan di Jerman mendukung kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di Jerman. Universitas di Jerman dikenal unggul dalam infrastruktur dan kurikulumnya.

Institusi pendidikan di Jerman terakreditasi internasional dan diakui di dunia. Hal ini dapat dilihat dari lebih dari 80 warga Jerman menerima hadiah Nobel dan membuat Jerman menempati posisi ketiga di antara negara – negara penerima hadiah Nobel lainnya.

Selain itu, beberapa universitas di Jerman tercatat masuk dalam peringkat universitas terbaik di dunia. Menurut Peringkat Akademik Universitas Dunia (ARWU), 6 universitas Jerman masuk ke dalam 100 besar dan ada 18 universitas Jerman yang masuk dalam 200 besar universitas terbaik di dunia.
Menurut QS World University Rankings selalu tercatat 12 – 20 universitas di Jerman menempati peringkat terbaik

di dunia dalam pemeringkatan top 200 internasional. Hal tersebut membuat para pelajar internasional tertarik untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Jerman.

Sistem Pendidikan di Jerman untuk Pendidikan Tinggi

Sistem pendidikan tinggi di Jerman menganut sistem tiga tingkat dari European Higher Education yang disebut sistem Bologna. Dengan sistem pendidikan tersebut, Jerman menawarkan program sarjana yang menghasilkan program bachelor serta program pascasarjana yang menghasilkan gelar master dan doktor. Gelar yang diperoleh dari sistem pendidikan di Jerman diakui secara internasional.

Lembaga Pendidikan Tinggi di Jerman

Secara umum lembaga pendidikan tinggi di Jerman terbagi menjadi 3 jenis, yaitu:

• Universitas (Universitäten)

Universitas merupakan lembaga pendidikan tinggi akademik yang berfokus pada penelitian dasar sehingga tahap – tahap studi lanjutan berorientasi teoritis dan berorientasi pada penelitian.

Baca Juga  5 Universitas Kedokteran di Jerman Terbaik Tahun 2019

• Universitas Ilmu Pengetahuan Terapan (Fachhochschulen)

Fachhochschulen merupakan lembaga pendidikan yang memusatkan program studinya di bidang teknik, studi terkait bisnis, dan ilmu sosial.

• Universitas Seni / Musik (Kunst- und Musikhochschulen)

Lembaga pendidikan ini menawarkan studi di bidang seni yang meliputi seni rupa, seni pertunjukan dan musik, bidang – bidang seperti penyutradaraan, produksi, penulisan di teater, film, dan media lainnya.

Program sarjana dan program pascasarjana dirancang untuk memberikan variasi yang lebih luas pada siswa dalam merencanakan dan mengejar tujuan pendidikan untuk meningkatkan kompatibilitas studi internasional. Lembaga pendidikan tinggi jenjang master dan doktor menawarkan program studi yang diajarkan dalam bahasa Inggris untuk menarik lebih banyak siswa internasional.

Program master terbagi menjadi 2, yaitu ‘berurutan’ dan ‘tidak berurutan’. Program master berturut –turut dibangun berdasarkan dari program bachelor yang diperoleh dimana siswa mengikuti program master dari program sarjana yang terkait dan biasanya tidak dikenakan biaya.

Sementara program non berturut – turut berfokus pada bidang studi yang lebih khusus, dimana kursus ini kemungkinan memungut biaya dan memiliki kecenderungan memerlukan pengalaman pengalaman profesional di atas gelar sarjana.

No Comments

Post A Comment