Gambaran Sistem Pendidikan di Perancis

Gambaran Sistem Pendidikan di Perancis

Sistem Pendidikan di Perancis – Pendidikan tinggi di Perancis menerima dukungan kuat dari pemerintah dan berbagai departemen penelitian. Hal ini menjadikan kualitas pendidikan dan sistem pendidikan Perancis menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

Selain memiliki kualitas pendidikan yang bagus dan biaya yang relatif terjangkau untuk siswa internasional, Prancis juga menawarkan lingkungan yang sangat baik untuk para pelajar internasional yang ingin kuliah di Perancis. Simak gambaran sistem pendidikan di Perancis berikut ini.

Gambaran Sistem Pendidikan di Perancis untuk Pendidikan Tinggi

Perancis menawarkan berbagai macam program studi dengan lebih dari 3.500 institusi pendidikan tinggi, baik negeri maupun swasta.

Institusi pendidikan tinggi Perancis mencakup 72 universitas, 25 komunitas universitas dan institusi, 220 sekolah bisnis dan manajemen, 271 sekolah untuk jenjang S3, 227 sekolah teknik , 45 sekolah tinggi seni negeri, 22 sekolah arsitektur, serta 3000 sekolah tinggi dan swasta.

Beberapa diantara sekolah menengah Perancis memiliki program persiapan ke Grand Ecoles (CPGE), beberapa memiliki program persiapan ke Sections de Techniciens Supérieurs (STS) atau persiapan ke Brevet de Technicien Supérieur (BTS).

Sistem pendidikan di Perancis mengacu pada pola pendidikan tinggi di Eropa, dilaksanakan dalam 3 jenjang yaitu:

• Licence = S1 ditempuh selama 6 semester atau setara dengan 180 ECTS.
• Master = S2 ditempuh selama 4 semester untuk validasi program master dengan 120 ECTS.
• Doctorat = S3 ditempuh selama 6 semester dengan total validasi sebanyak 480 ECTS (dalam 8 tahun belajar dari tahun pertama program sarjana).

Di bawah sistem pendidikan Perancis, siapapun yang telah memperoleh “baccalauréat” atau sertifikat sekolah menengah, berhak untuk mendaftar di universitas negeri. Namun untuk masuk ke universitas seringkali ada ujian kompetitif pada akhir tahun pertama untuk sejumlah tempat terbatas di tahun kedua.
Secara umum, universitas – universitas di Perancis memberikan 2 jenis perkuliahan yaitu:

Baca Juga  4 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Kuliah di Perancis

• Kuliah Umum (Les cours magistraux) yang biasanya diadakan di sebuah auditorium dengan kapasitas 100 – 1000 orang. Kuliah ini merupakan kuliah yang tidak wajib atau kuliah pilihan.

• Les travaux dirigés (TD) dan Les travaux pratiques (TP) yaitu kuliah wajib yang dilaksanakan dalam grup yang lebih kecil dengan praktik dan pendalaman pengetahuan teori untuk melengkapi course magistraux.

Ada 2 jenis ujian di perguruan tinggi Perancis yaitu Contrôle continue (kuis) dan Examens finaux (ujian akhir). Ujian kuis diadakan secara berkala dalam setiap mata kuliah untuk memvalidasi kemampuan selama sepanjang tahun.

Sementara ujian akhir berlangsung selama 2 periode dalam setahun, diakhir tiap semester dari semua mata kuliah.
Tahun ajaran untuk pendidikan tinggi di Perancis umumnya dimulai pada bulan September atau Oktober, tergantung dari masing – masing institusi dan jenis program.

No Comments

Post A Comment