TOEFL IBT: Pengertian dan Perbedaannya Dengan ITP dan PBT

toefl ibt

TOEFL IBT: Pengertian dan Perbedaannya Dengan ITP dan PBT

TOELF IBT adalah jenis tes bahasa inggris yang berbeda dengan Tes TOEFL pada umumnya seperti ITP dan PBT, lalu seperti apakah bentuk testnya?

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

 

Bagi anda yang belum pernah mencoba TOEFL IBT. Apakah anda pernah mencoba tes TOEFL ITP atau TOELF PBT?. ITP Merupakan singkatan dari Institutional Testing Program.

 

Sementara PBT adalah Paper Based Test. Keduanya sama menggunakan lembar kertas sebagai media ujian.

 

Ada lembar soal dan lembar jawaban. TOEFL ITP dan PBT awalnya diujikan hanya untuk negara-negara dengan tingkat teknologi rendah. Seperti negara-negara berkembang yang masih bermasalah dengan jumlah komputer dan akses internet.

 

Sementara TOEFL IBT adalah tes TOEFL menggunakan komputer dan internet kecepatan tinggi. Itulah mengapa IBT berasal dari kata internet based test.

 

Sehingga tes ini awalnya hanya diujikan ke negara-negara maju yang mempunyai akses internet kecepatan tinggi. Setelah perkembangan zaman.

 

Indonesia mengadopsi TOEFL IBT sebagai salah satu tes uji kemampuan bahasa Inggris. Di samping TOEL ITP dan TOELF PBT yang masih sering diujikan.

 

Apakah TOEFL IBT Itu? TOEFL IBT Adalah Jenis Test TOEFL yang Berbeda

 

TOEFL IBT Adalah

Image: ets.org/toefl

 

Tes TOEFL IBT, TOEFL ITP dan TOEFL PBT sama-sama berlisensi dari lembaga ETS. Jadi anda perlu perhatikan lembaga penyelenggara sebelum mendaftar.

 

Karena hanya sertifikat ETS yang diakui secara internasional. Untuk mengadakan tes di Indoensia, ETS bekerjasama dengan berbagai kampus, lembaga pendidikan hingga konsultan pendidikan.

 

Selain berhati-hati dengan lembaga penyelenggara. Anda perlu bedakan dengan TOEFL-like dan ujian berbahasa Inggris yang dimiliki beberapa kampus, seperti UGM, UNAIR, UI, ITB, UNY, UNBRAW dan UNPAD.

 

Baca Juga  Apa Itu IELTS TEST? Ketahui Perbedaan Dengan TOEFL

 

Selain mengadakan TOEFL secara resmi. Mereka juga mengeluarkan ujian berbahasa Inggris hanya untuk kalangan terbatas. Semisal untuk kelulusan mahasiswanya saja. Sehingga sertifikatnya tidak berlaku secara internasional

 

Selain itu, anda juga harus berhati-hati dengan lembaga les swasta yang kadang menjual embel-embel TOEFL-Like dengan sertifikat. Karena embel-embel ini sertfikatnya tidak berlaku internasional dan kedepannya akan menyusahkan anda. Selain itu juga membuang buang waktu dan uang anda.

 

anyakan kepada mereka apakah berlisensi ETS. Kata kunci berlisensi ETS biasanya tercantum di website ETS. Jadi anda bisa croschek apakah lembaga tempat anda tes TOEFL apakah teregister di website ETS.

 

Di atas telah disebutkan perbedaan antara TOEFL IBT dengan TOEFL ITP dan PBT. Selain terletak pada media ujian yang digunakan.

 

Terdapat Perbedaan Tipe Soal TOEFL IBT dengan TOEFL ITP dan PBT

 

Terdapat Perbedaan Tipe Soal TOEFL IBT dengan TOEFL ITP dan PBT

 

Jika TOELF ITP dan PBT yang berbasis kertas menggunakan tiga tipe soal. Pertama, mendengarkan (listening), Kedua, susunan kalimat dan tatabahasa (grammar), sementara Ketiga, membaca bahan bacaan (reading).

 

Sementara TOELF IBT sedikit berbeda. Tipe soal yang diujikan adalah mendengarkan (listening), menulis (writing), membaca (reading) dan tentunya berbicara (speaking).

 

Baca Juga  5 Perbedaan GRE VS GMAT dan Tips Memilihnya

 

Perbedaannya terletak pada adanya menulis dan berbicara. Itulah mengapa standar TOELF IBT lebih tinggi karena tingkat kesulitannya di bagian ini.

 

TOEFL IBT juga biasanya digunakan melamar beasiswa ke luar negeri, persyaratan memasuki kampus hingga melamar karir di perusahaan multinasional.

 

× How can I help you?