Mungkinkah Universitas di Jerman yang Gratis Ada? Ini Daftarnya

Mungkinkah Universitas di Jerman yang Gratis Ada? Ini Daftarnya

Universitas di Jerman yang Gratis – Bagi mahasiswa yang berencana kuliah di luar negeri, tentu mereka mengkhawatirkan besaran biaya kuliah yang harus mereka bayarkan di universitas dimana mereka melanjutkan studinya. Jika kamu ingin kuliah di luar negeri dengan biaya yang terjangkau, maka negara Jerman bisa menjadi pilihan.

Universitas negeri di Jerman tidak memungut biaya perkuliahan atau tuition free. Menariknya, universitas di Jerman yang gratis tidak hanya ditujukan untuk mahasiswa asli Jerman saja, melainkan untuk semua mahasiswa internasional termasuk mahasiswa di luar Eropa seperti mahasiswa yang berasal dari Asia, Afrika, dan lainnya.
Pemerintah Jerman meyakini bahwa pendidikan bukanlah produk komersial dan pendidikan tinggi yang gratis dapat mendukung pertumbuhan ekonomi serta kesejahteraan bagi populasi yang lebih besar.

Pemerintah Jerman juga menyadari manfaat ekonomi dan sosial dari imigrasi sehingga orang – orang yang cerdas yang belajar di Jerman, dapat tinggal di Jerman setelah mereka lulus. Itu sebabnya pendidikan tinggi yang gratis juga bisa dirasakan oleh mahasiswa asing.

Daftar Universitas di Jerman yang Gratis

Ada sekitar 300 universitas di Jerman yang gratis dengan total lebih dari 1000 program studi di perguruan tinggi negeri. Dikutip dari laman StudyAbroad365, beberapa universitas di Jerman yang gratis diantaranya:

1. Humboldt – University, Berlin
2. International University, Bremen
3. Frankfurt University
4. University of Bamberg
5. Otto – Fredrick University, Bamberg
6. Ludwig Maximilians University, Munich
7. Free University of Berlin
8. International University in Germany
9. University of Leipzig
10. University of Augsburg
11. University of Koln
12. University of Hannover
13. University of Erlangen – Nurnberg
14. University of Essen
15. University of Bayreuth
16. University of Dortmund
17. University of Bonn
18. Hamburg Media School
19. Johannes Gutenberg
20. Medical University of Luebeck
21. University Bielefeld
22. Philips – University, Marburg
23. International School of Management ISM, Dortmund
24. University of Flensburg
25. University of Oldenburg

Baca Juga  Menariknya Kuliah Kedokteran di Jerman dan Tahapan yang Dilalui

Bagaimana Kualitas Pendidikan Universitas di Jerman yang Gratis?

Jika kamu mengira universitas di Jerman yang gratis memiliki kualitas pendidikan yang tidak terlalu bagus, itu tidaklah benar. Universitas – universitas di Jerman termasuk ke dalam universitas yang terbaik di dunia dengan kualitas pendidikan yang bagus. Bahkan gelar dari universitas Jerman akan dihormati di dunia.

Selain itu jika kamu memiliki gelar dari universitas di Jerman, peluang karirmu akan lebih terbuka lebar di Jerman atau negara lainnya di dunia. Secara umum kamu bisa menikmati kuliah gratis di Jerman dengan beberapa pengecualian seperti:

• Hanya universitas negeri yang bebas biaya kuliah

Jika kamu kuliah di universitas swasta di Jerman, kamu tetap membayar biaya perkuliahan. Namun karena universitas swasta di Jerman bersaing dengan universitas negeri yang murah, universitas swasta biasanya menawarkan program khusus dan berbagai manfaat lain sehingga uang yang kamu keluarkan setara dengan hasil yang kamu dapatkan.

• Universitas Jerman membedakan antara program Master “berturut-turut” dan “non-berturut-turut”

Program master berturut – turut adalah program yang kamu daftarkan segera setelah menyelesaikan gelar Sarjana. Sementara program non berturut – turut seperti “MBA Eksekutif” biasanya membebankan biaya kuliah.

• Mulai 2017 universitas negeri di negara bagian Baden-Württemberg dapat membebankan biaya kuliah dari mahasiswa Non Uni Eropa

Universitas yang berada di negara bagian Baden-Württemberg termasuk Universitas di Karlsruhe, Mannheim, Freiburg, Heidelberg, dan Stuttgart membebankan biaya kuliah untuk mahasiswa Non Uni Eropa. Adapun besaran biaya kuliah yang ditetapkan sekitar 1.500 euro per semester dimana biaya tersebut masih jauh lebih terjangkau dibandingkan biaya kuliah di negara Eropa lainnya.

No Comments

Post A Comment