5 Ranking Tertinggi Universitas di Norwegia

5 Ranking Tertinggi Universitas di Norwegia

Universitas di Norwegia – Meskipun mengalami musim dingin yang ekstrem dan terkenal dengan biaya hidup yang sangat tinggi, Norwegia tetap menjadi negara favorit untuk kuliah. Karena negara kecil dengan jumlah penduduk sekitar 5 juta jiwa ini memiliki universitas berkelas dunia.

Norwegia juga tidak memiliki banyak universitas, tapi ada beberapa kampus yang secara rutin masuk dalam 100 besar universitas terbaik dunia. Selain itu, biaya kuliah gratis, fasilitas mahasiswa terbaik serta perpaduan kehiduan kota modern dan suasana alamnya menjadi daya tarik siswa asing.

Nah bagi kalian yang tertarik melanjutkan studi di Norwegia, berikut ini daftar universitas di Norwegia yang memiliki peringkat dunia tertinggi

1.University of Oslo

Oslo merupakan kota penuh pesona yang memadukan suasana metropolitan dengan alam yang sangat indah. Selain identik dengan ski, ice skating, museum, hiking, dan wisata alam lainnya, ternyata mereka juga memiliki universitas yang menjadi ikon Norwegia.

University of Oslo merupakan perguruan tinggi tertua yang mulai berdiri pada tahun 1811 atas ide Raja Frederick VI. Sampai tahun 1939, kampus ini masih bernama Royal Frederick University.

Saat ini universitas menjadi rumah bagi sekitar 27 ribu mahasiswa yang tergabung dalam 8 Fakultas yaitu: Sains, Kedokteran, Kedokteran Gigi, Ilmu Sosial, Hukum, Teologi, Hukum, dan Sastra.

University of Oslo juga sangat lama menjadi yang terbesar di Norwegia (dalam hal area kampus), sampai akhirnya disalip Norwegian University of Science and Technology pada tahun 2016.

Tapi dalam hal ranking universitas, University of Oslo masih yang tertinggi di Norwegia. Berdasarkan laporan QS World University Rankings 2020, mereka menempati peringkat 119 dunia serta 43 di seluruh Eropa.

2.University of Bergen (UiB)

UiB merupakan salah satu universitas dengan riset terbaik di Norwegia dan diakui secara internasional. Saat ini mereka memiliki sekitar 17 ribu mahasiswa dengan 1550 diantaranya berasal dari luar Norwegia. Universitas yang berdiri tahun 1946 ini memiliki 7 fakultas, yaitu Seni, Humaniora, MIPA, Kedokteran, Psikologi, dan Ilmu Sosial.

Baca Juga  8 Kota Wisata di Norwegia

Sebagai bukti eksistensi mereka sebagai universitas kelas dunia, University of Bergen saat ini masuk dalam 200 universitas top dunia versi QS maupun Times Higher Education World University Rankings 2020.

3.Norwegian University of Science and Technology (NTNU)

Jika Indonesia punya ITB, maka di Norwegia ada NTNU. Kampus yang satu ini menjadi universitas terbaik dalam Sains dan Teknologi. NTNU menjadi kampus idaman pelajar Norwegia, bahkan pelajar asing dari berbagai negara.

Walau fokus pada Sains dan Teknologi, NTNU juga menawarkan bidang ilmu lainnya seperti Kedokteran, Humaniora, Seni, maupun Ilmu Sosial. Kampus ini juga sangat agresif dalam penelitian, setiap tahunnya ada lebih dari 2000 proyek penelitian yang dilakukan dosen, peneliti, dan mahasiswa NTNU.

NTNU juga memiliki hubungan sangat baik dengan berbagai lembaga dan perusahaan kelas dunia, sehingga memudahkan alumninya dalam berkarir di dunia profesional.

4.University of Tromsø- The Arctic University of Norway

Universitas yang berlokasi di kota Tromsø ini merupakan perguruan tinggi terbesar ketiga di Norwegia sekaligus universitas paling utara di dunia. Karena berlokasi di sekitar lingkar arktika, mereka banyak melakukan penelitian di bidang perikanan, bioteknologi, cahaya auroral, serta studi sosial dan budaya masyarakat kawasan arktika.

Tapi tidak itu saja, universitas juga menawarkan bidang studi lain seperti Desain dan Arsitektur, Bisnis, Ilmu komputer, Kedokteran, dll. Bahkan saat ini mereka berada di 400 besar peringkat universitas dunia.

5.Norwegian University of Life Science (NMBU)

NMBU yang berdiri pada tahun 1859 ternyata baru menerima status sebagai universitas pada tahun 2005. Selama bertahun-tahun mereka dikenal sebagai Norwegian College of Agriculture. Lalu terjadi merger dengan Norwegian School of Veterinary Science (NVH) pada tahun 2014 dan berubah menjadi Norwegian University of Life Sciences.

Baca Juga  Ragam Makanan Khas Norwegia Dari Bahan Alami

Kampus yang berpusat di Oslo ini saat ini memiliki sekitar 5000 mahasiswa dan menfokuskan diri pada pembelajaran Biosains, Bioteknologi, Ilmu Lingkungan, Sains dan Teknologi, serta Kedokteran Hewan. Bahkan NMBU menjadi satu-satunya universitas di Norwegia yang menawarkan bidang studi Kedokteran Hewan.

Demikian tadi sekilas tentang beberapa Universitas terbaik yang ada di Norwegia. Semoga bermanfaat bagi kalian yang sedang membidik Universitas di Norwegia sebagai destinasi studi. Selamat berjuang ya!!

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.