5 Universitas Terbaik di Perancis 2019

5 Universitas Terbaik di Perancis 2019

Universitas Terbaik di Perancis – Perancis memiliki sekitar 250 lembaga elit yang disebut grandes écoles, 72 universitas negeri dan banyak lembaga penelitian lainnya serta sekolah khusus. Ada juga lembaga penelitian, sekolah seni dan arsitektur, sekolah mode, film, seni pertunjukan, jurnalisme, pekerjaan sosial dan spesialisasi lainnya.

Sekitar 80 persen mahasiswa di Perancis masuk ke universitas negeri dan sekitar 10 persen di antaranya adalah mahasiswa internasional. Simak universitas – universitas terbaik di Perancis dan jurusannya berikut ini.

Fakta tentang Universitas Terbaik di Perancis

Universitas terbaik di Perancis terdiri dari universitas Prancis dan lembaga pendidikan tinggi lainnya atau Grandes Ecoles (lembaga pendidikan tinggi yang bukan bagian dari sistem universitas negeri Perancis).

Grandes écoles adalah lembaga pendidikan tinggi paling bergengsi di Prancis yang menghasilkan banyak politisi, pegawai negeri sipil dan ilmuwan. Grandes écoles biasanya berspesialisasi dalam satu bidang, seringkali bisnis atau teknik, meskipun beberapa menawarkan mata pelajaran yang lebih luas.

Universitas di Perancis dan jurusannya yang terkemuka di dunia diantaranya yaitu École Normale Supérieure, École Polytechnique, Universitas Pierre dan Marie Curie, dan Universitas Paris-Sud.

Universitas Terbaik di Perancis dan Jurusannya Tahun 2019

1. PSL Research University Paris

Université PSL atau Universitas Riset PSL Paris dibentuk pada bulan April 2010 oleh lima lembaga Perancis terkemuka, yaitu École Normale Supérieure, College de France, Observatorium Paris, Chimie ParisTech dan ESPCI ParisTech. Universitas Riset PSL terdiri dari 25 institusi pendidikan tinggi dan pusat penelitian di wilayah Paris.
PSL menempati peringkat ke-41 di dunia menurut THE World University Rankings dan peringkat ke-50 menurut QS World University Rankings tahun 2019. Jurusan universitas di Perancis ini meliputi setiap bidang pengetahuan, dari sains dan teknik hingga seni, humaniora dan ilmu sosial.

Baca Juga  Fakta Menarik Tentang Kebudayaan Negara Perancis

2. Sorbonne University

Sorbonne University adalah universitas riset publik di Paris yang didirikan pada tahun 2018 melalui penggabungan Universitas Paris-Sorbonne, Universitas Pierre dan Marie Curie dan sejumlah lembaga yang lebih kecil.
Menurut THE World University Rankings Sorbonne University menempati peringkat ke-73 di dunia. Sementara menurut QS World University Rankings Sorbonne University menempati peringkat ke-75 dunia.
Sorbonne memiliki sejumlah kampus di Paris, serta kampus satelit di Abu Dhabi. Universitas di Perancis ini memiliki tiga fakultas yaitu humaniora, sains dan kedokteran.

3. École Polytechnique

École Polytechnique adalah institusi terkemuka di Perancis dalam sains dan teknologi yang didirikan pada tahun 1794. Sejak didirikan, universitas di Perancis ini telah melahirkan banyak para peneliti, profesor, dan alumni yang telah menerima penghargaan, termasuk Hadiah Nobel dan Medali Fields.

Menurut THE World University Rankings École Polytechnique menempati peringkat ke-108 di dunia, namun menurut QS World University Rankings universitas di Perancis ini menempati peringkat ke-65.

École Polytechnique memiliki beragam program akademik untuk menawarkan siswa dari studi sarjana hingga pendidikan eksekutif, diantaranya yaitu:

• Sarjana Sains
• Program Politeknik Ingénieur
• Magister Sains dan Teknologi
• Magister Penelitian
• Program PhD
• PhD
• Pendidikan Eksekutif
• Master Eksekutif
• Program Pertukaran Akademik Internasional
• Program Magang untuk Siswa Internasional
• Sekolah musim panas
• MOOCs

4. Paris Diderot University

Paris Diderot University yang juga dikenal dengan nama Paris 7 merupakan universitas multidisiplin di Paris yang menawarkan berbagai gelar dalam bidang humaniora, kedokteran, dan sains.

Universitas di Perancis ini terkenal karena sains, terutama dalam matematika. Hal ini tercermin dari prestasi alumni, termasuk dua peraih hadiah Nobel, dua pemenang Fields Medal, dan dua mantan menteri pendidikan Prancis.

Baca Juga  4 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Kuliah di Perancis

Paris Diderot University menempati peringkat ke-194 di dunia menurut THE World University Rankings. Program studi populer yang ditawarkan universitas di Perancis ini yaitu:

• Seni, Humaniora dan Bahasa
• Ilmu Manusia, Ekonomi dan Sosial
• Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
• Kedokteran dan Kedokteran Gigi

Keunggulan dari Paris Diderot University yaitu 87 Laboratorium dan 7 rumah sakit universitas, semuanya bekerja sama dengan lembaga penelitian Perancis (CNRS, INSERM, CEA, INRIA, Institut Pasteur dan IRD). Hal ini menempatkan Paris Diderot sebagai pemain kunci dalam penelitian internasional.

5. École Normale Supérieure de Lyon

École Normale Supérieure de Lyon (ENS de Lyon) adalah lembaga pendidikan tinggi publik Perancis terkemuka yang berpusat di kota Lyon. Universitas di Perancis ini melatih para profesor, peneliti dalam sistem akademik melalui penelitian mendasar.

ENS de Lyon menempati peringkat ke-153 menurut QS World University Rankings dan peringkat ke-201 menurut THE World University Ranking. Jurusan populer di ENS de Lyon yaitu kesehatan, kimia, ilmu sosial, dan humaniora.

No Comments

Post A Comment